Generator listrik DC dan AC, Apa Perbedaannya?

Generator Listrik ABC Power

Kita tentu pernah mendengar istilah AC dan DC, bagi Anda yang mendalami dunia kelistrikan tentu sudah tidak asing lagi. Sistem AC dan DC digunakan di banyak teknologi di sekitar kita seperti generator listrik, kendaraan bermotor, mesin, dll. Namun masih banyak diantara kita semua yang belum memahami bagaimana sistem dan cara kerja generator listrik serta perbedaan antara DC dan AC. Sebelum kita membahas perbedaan DC dan AC mari kita pahami dulu fungsi Generator. Generator merupakan sebuah alat yang berkerja menggunakan konsep serta prisip percobaanya faraday. Faraday adalah konsep dan prinsip kerja memutar magnet dalam kumnparan atau sebaliknya, ketika magnet tersebut digerakan dalam kumparan maka akan terjadi perubahan fluks gaya magnet atau perubahaan arah penyebaran magnet di dalam kumparan dan menembus tegak lurus terhadap kumparan tersebut sehingga nantinya akan menyebabkan beda potensial antara ujung ujunug kumparan. Hal tersebut yang nantinya akan menimbulkan listrik.
Prinsip utama agar dapat menghasilkan listrik yaitu wajib terdapatnya perubahan fluks magnetik, jika tidak ada maka timbulnya listrik tidak akan terjadi. Cara agar dapat mengubah fluks magnetik yaitu dengan melalui menggerakkan magnet dalam kumparan atau sebaliknya dengan energi dari sumber lain , seperti angin dan air yang dapat menggerakan dan memutar baling-baling turbin yang bertujuan untuk menggerakkan magnet tersebut.
Jika konduktor digerakkan memotong medan magnet maka beda tagangan di ujung-ujung konduktor tersebut akan terjadi, tergangannya akan naik saat mendekati medan dan turun saat menjauhi , sehingga listrik yang timbulk dalam siklus tersebut menjadi positif-no-negatif-nol (AC) . generator DC membalik arah arus saat tegangan negatif,menggunakan mekanisme cincin belah, sehinga nantinya akan menghasilkan siklus positif – no – positif – no (DC)

  • Generator DC : generator arus searah
  • Generator AC : generator arus bolak balik
  • Generator DC menggunakan “Comutator”.
  • Generator AC menggunakan “Slip ring”.

Itulah perbedaan generator listrik AC dan DC. Dapatkan generator pembangkit listrik untuk keperluan anda hanya di ABC Power. ABC Power menyediakan genset (generator set) terbaik yang dan baru dengan kualitas terbaik dengan garansi 150% money back jika produk terbukti tidak baru. Harga genset murah diesel yang kami tawarkan sangat kompetitif, kami menyediakan genset murah dengan kualitas top. ABC Power menjual berbagai pilihan genset berdasarkan daya atau kapasitas yang Anda butuhkan dan juga berbagai pilihan merek seperti genset PerkinsCummins Doosan, Foton, Lovol, PrimeroYanmar dan masih banyak lagi. Tunggu apalagi? Temukan genset kebutuhan Anda dengan menghubungi ke nomor telepon 021-2255-2501 atau melalui email ke sales@abcpowergenset.com sekarang juga

Bukan hanya itu, ABC Power juga menyediakan sewa genset murah secara harian, mingguan, dan bulanan sesuai dengan kebutuhan Anda. Hubungi segera product specialist dari ABC Power untuk berkonsultasi mengenai spesifikasi, instalansi, rekomendasi dan juga harga genset terbaik untuk Anda.

Gambar Harga genset terbaru

Write a Reply or Comment