Genset Di Palu, Pulihkan Penerangan Hingga Komunikasi Pasca Bencana

Genset Di Palu, Pulihkan Penerangan Hingga Komunikasi Pasca Bencana

Listrik memang menjadi  bagian yang sangat vital dalam kehidupan manusia. Tidak heran jika aktivitas serasa lumpuh tanpa adanya aliran listrik. Terlebih lagi, saat ini banyak sekali alat yang mempermudah kehidupan sehari-hari dan baru bisa beroperasi dengan adanya listrik seperti laptop atau smartphone yang butuh diisi dayanya. Mesin-mesin yang ada di pabrik pun membutuhkan energi listrik untuk bisa menyala.

Nah, gempa dan tsunami yang terjadi di Palu serta Donggala dan beberapa daerah di sekitarnya turut berdampak pada aliran listrik yang ada. Musibah tersebut menyebabkan gardu listrik miiki PLN rusak parah sehingga tidak bisa mengalirkan listrik di daerah bencana. Untuk memperbaikinya pun dibutuhkan waktu lama. Pertama, karena kerusakan yang teramat berat dan membutuhkan perjuangan tersendiri untuk mencapai lokasi gardu. Ke dua, para teknisi juga masih sulit untuk kembali bekerja karena banyak di antara mereka yang juga menjadi korban dari musibah gempa dan tsunami tersebut.

PLN pusat sebenarnya tidak tinggal diam dengan mendatangkan beberapa teknisi untuk membantu memperbaiki gardu di Palu, namun tetap saja masih membutuhkan waktu untuk membuat semuanya kembali seperti sedia kala. Itulah mengapa genset menjadi solusi terbaik untuk menyediakan cadangan listrik pasca gempa.

Ada ratusan genset yang kini dioperasikan di Palu, kiriman dari berbagai lembaga dan daerah lain di Indonesia termasuk juga beberapa negara seperti Filipina. Genset ini banyak dipergunakan di titik-titik yang paling banyak pengungsi untuk mempermudah aktivitas sehari-hari, misalnya saja pengobatan para pasien dan juga korban gempa. Selain itu, penerangan juga dibutuhkan di malam hari untuk melakukan evakuasi dan juga perbaikan sarana dan prasarana yang harus dilakukan dengan cepat.

Di Palu, Donggala, dan daerah-daerah lain di sekitarnya, genset memang memiliki peranan yang sangat penting. Peranan lain juga adalah untuk memulihkan komunikasi yang terputus. Dengan adanya genset, maka jaringan komunikasi bisa kembali aktif dan mempermudah para pengungsi untuk memberikan kabar kepada keluarganya yang berada di luar kota.

Memilih genset yang tepat untuk sehari-hari

Dalam kehidupan sehari-hari pun, seringkali genset sangat dibutuhkan. Untuk memilih genset yang tepat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti berikut ini:

Perhitungkan daya yang dibutuhkan

Besarnya daya di setiap genset berbeda-beda. Semakin besar daya, maka semakin banyak juga peralatan yang bisa dinyalakan olehnya. Tapi di sisi lain, tentu saja harga dari genset juga akan menjadi lebih mahal. Maka dari itu, perhatikan dengan baik kebutuhan Anda untuk bisa menentukan daya yang dibutuhkan dari sebuah genset.

Pilih jenis yang sesuai

Selanjutnya, Anda bisa memilih jenis genset berdasarkan bahan bakarnya. Bahan bakar genset dibagi menjadi dua, yakni solar dan juga bensin. Genset yang berbahan dasar solar bisanya lebih disukai karena bahan bakar ini mudah dicari dan juga cenderung aman. Genset dengan solar tidak memiliki asap yang berbau dan juga tidak beracun.

Sedangkan genset yang berbahan bakar bensin biasanya hanya ada untuk skala pemakaian rendah. kelemahan dari bahan bakar jenis ini adalah mudah menguap dan asapnya berbau menyengat. Selain itu, bahan bakar bensin juga sangat mudah terbakar jika dibandingkan dengan solar.

Pilih merek terpercaya

Hal penting yang juga tak boleh dilupakan adalah memilih merek genset yang terpercaya. Anda bisa memilih genset ABC Power yang sangat berkualitas dan memiliki harga terjangkau. Harga genset ini disesuaikan dengan jenisnya. Banyak sekali tempat yang jual genset dengan harga bervariasi sehingga bisa Anda bandingkan.

genset murah silent

Write a Reply or Comment