Genset Gedung Muhammadiyah Bandung Terbakar,Pasti Bukan ABC Power!

genset muhammadiyah bandung

Akhir-akhir ini banyak sekali beredar berita kebakaran yang bersumber dari generator set alias genset. Seperti misalnya yang terjadi di Gedung Dakwah Muhammadiyah Bandung yang terletak di Jalan Sukajadi nomor 1. Di pertengahan bublan Oktober lalu, ruangan genset yang berada di lantai paling dasar Gedung Dakwah Muhammadiyah ini mengalami kebakaran cukup besar. Letak Gedung Dakwah Muhammadiyah yang berdekatan dengan pemukiman warga sempat menimbulkan kepanikan.

Hal tersebut membuat para pekerja di Gedung Dakwah Muhammadiyah, warga sekitar, dan juga karyawan yang kantornya terletak berdekatan saling bahu membahu untuk memadamkan kobaran api dengan Apar dan juga air. Proses pemadaman tersebut memakan waktu yang cukup lama dengan dibantu oleh Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bandung yang menggerakna 3 unit pancar, dengan satu tim penyelamat dan satu tim komando yang dikoordinasi oleh Polsek Sukajadi. PMI juga turut membantu proses pemadaman tersebut.

Menjelang malam, api baru berhasil dipadamkan dan langsung dilakukan pendinginan di area tersebut oleh para petugas damkar. Untungnya, Gedung Dakwah Muhammadiyah masih bisa diselamatkan meski beberapa bagiannya terbakar cukup parah. Ada juga 15 mobil dan 20 motor yang berhasil lolos dari api. Bisa dibayangkan jika kendaraan-kendaraan tersebut ikut terbakar, maka pasti api akan meluas dan menyebabkan kebakaran makin sulit dipadamkan.

Kebakaran ini sempat membuat macet jalan di sekitaran Sukajadi, dikarenakan banyak pengendara yang berhenti untuk menyaksikan proses pemadaman api. Diduga, api tersebut pertama kali berasal dari selang solar yang bocor dan terpercik ke genset sehingga menimbulkan kebakaran besar. Hal ini makin membuat masyarakat khawatir dalam menggunakan genset karena dianggap bisa menyebabkan kebakaran.

Padahal genset sebenarnya merupakan alat yang sangat aman untuk dipakai. Sama halnya seperti kompor, yang meski mengeluarkan api sebenarnya sama sekali tidak berbahaya asal dipakai secara benar. Hal inilah yang sering disalahpahami masyarakat. Sebenarnya bukan gensetnya yang  berbahaya, namun bagaimana cara yang tepat untuk mengoperasikannya sehingga bisa digunakan dengan aman.

Ada beberapa tips khusus yang perlu dilakukan untuk memakai genset dengan aman. Pertama, tempatkan genset di lokasi yang aman dan sebisa mungkin berjauhan dari lokasi yang banyak orangnya. Di area perkantoran, genset sebaiknya diletakkan di area terbuka yang berjarak tidak terlalu dekat dengan gedung utama. Jika ditaruh di luar ruangan, ada baiknya genset diberika penutup di bagian atasnya supaya tidak terkena sinar matahari langsung yang bisa membuat mesin menjadi semakin panas.

Berikutnya, pemeriksaan bahan bakar harus dilakukan dengan seksama. Untuk mengisi genset, sebaiknya matikan terlebih dahulu mesin dan tunggu hingga benar-benar dingin. Pengisian perlu dilakukan dengan tabung yang memiliki moncong atau menggunakan corong sehingga tidak ada bahan bakar yang tercecer ke bagian mesin. Untuk jenis bahan bakarnya, bisa menggunakan solar maupun bensin sesuai dengan kebutuhan.

Saat ini banyak sekali harga genset murah dengan sparepart genset yang juga mudah ditemukan di Indonesia. Anda bisa menyesuaikan jenis genset apa yang ingin dimiliki, lengkap dengan fungsinya masing-masing. Kalau untuk di kantor yang memiliki banyak alat elektronik dan juga AC, tentu dibutuhkan genset dengan kapasitas watt cukup besar. Tapi untuk pemakaian skala rumahan, genset dengan kapasitas 600 watt saja sudah mencukupi. Semakin tinggi wattnya, biasanya harga genset juga akan menjadi lebih mahal.

Write a Reply or Comment