Genset Di Rutan Tanjung Gusta Medan Terbakar, Perhatikan Tips Aman Ini

genset dari ABC Power

Lagi-lagi terjadi kebakaran genset, kali ini di Rumah Tahanan Kelas 1 Tanjung Gusta Medan pada tanggal 25 September lalu. Kebakaran ini terjadi di ruang mesin genset, namun masiih tidak jelas disebabkan oleh apa. Salah satu anggota dari Polsek medan, menuturkan kalau kebakaran yang terjadi pada jam 3 sore itu memang tidak terlalu besar dan tak sampai merembet ke area lain karena segera dipadamkan oleh petugas rutan dan juga para narapidana.

Untungnya lagi, ruangan genset ini terletak cukup jauh dari kamar para tahanan sehingga tak menimbulkan kepanikan. Para tahanan juga tidak dievakuasi karena kondisi segera berubah kondusif begitu api sudah berhasil dipadamkan. Kebakaran yang terjadi pada mesin genset ini kemungkinan besar dikarenakan adanya percikan api yang terkena bahan bakar, sehingga kemudian meluas dan menjadi kebakaran.

Genset sendiri sebenarnya merupakan alat yang sangat berguna untuk menyediakan cadangan energi, namun di sisi lain bisa jadi berbahaya kalau penggunaannya tidak dilakukan secara benar. Maka dari itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika Anda memakai genset, seperti berikut ini:

Letakkan genset di luar ruangan

Yang pertama, pastikan Anda meletakkan genset di luar ruangan. Sebab genset merupakan mesin yang mudah sekali panas dan gampang terbakar. Jadi dengan diletakkan di luar ruangan, akan meminimalisir terjadinya kebakaran akibat kontak dengan benda-benda yang ada di sekitarnya seperti kertas, plastik, ataupun kayu. Proses pemadaman api juga akan lebih mudah jika genset terletak di luar ruangan.

Selalu periksa bahan bakar

Hal ke dua yang perlu diperhatikan untuk memastikan keamanan genset adalah selalu memeriksa bahan bakarnya. Pada saat mengisi bahan bakar, pastikan tidak ada bensin atau solar yang tumpah di sekitar genset. Jika ada, segera bersihkan dengan lap kering. Saat melakukan pengisian bahan bakar usahakan juga agar tidak terlalu penuh dan jangan sampai meluber. Isi secukupnya sehingga bahan bakar tak sampai keluar dari wadahnya.

Cek pelumas pada mesin

Mesin genset membutuhkan pelumas untuk mencegah terjadinya gesekan yang terlalu keras. Jika daa gesekan antara mesin yang terus bergerak, maka panasnya akan semakin meningkat sehingga bisa memicu percikan api. Maka dari itu, Anda harus selalu memberikan pelumas pada bagian mesin secara teratur. Cek jika pelumasnya sudah menipis, maka harus segera ditambahkan lagi.

Panaskan dulu sebelum dipakai

Sebisa mungkin jangan langsung menyalakan genset dan menggunakannya dengan beban yang berat. Anda bisa melakukan pemanasan terlebih dahulu dengan cara menyalakan mesin selama 5 hingga 10 menit, setelah itu baru menambahkan beban dengan menyalakan panel yang ada secara urut. Cara ini akan membuat mesin tidak kaget dengan beban berat yang tiba-tiba ada dan memicu korsleting.

Isi bahan bakar dalam keadaan genset mati

Beberapa jenis genset memang bisa diisi dalam kondisi menyala. Meski demikian, pengisian harus dilakukan dengan sangat berhati-hati. Kalau Anda ingin meminimalisir resiko terjadinya kebakaran, maka lebih baik mengisi genset dalam kondisi mati. Setelah dimatikan pun sebaikknya genset tidak langsung diisi tapi dibiarkan dulu hingga mesinnya benar-benar dingin.

Saat ini sudah banyak harga genset murah yang ada di pasaran. Anda bisa mengecek jual genset di website ABC Power genset jika ingin mendapatkan produk berkualitas dengan harga yang sangat terjangkau.

 

Write a Reply or Comment