Genset Terbakar Saat Tes CPNS Di Sragen! Service secara Berkala

illustrasi

Untuk dapat menampung banyak orang yang akan mengikuti tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), maka tentunya dibutuhkan tempat yang besar dan luas. Hal itupun dilakukan oleh panitia penyelenggara tes CPNS di wilayah Solo dan sekitarnya. Untuk dapat menampung banyak peserta, maka tempat yang dipilih adalah GOR Diponegoro Sragen.

Dikarenakan GOR Diponegoro Sragen cukup besar dan harus diisi dengan banyak orang, maka sudah menjadi barang pasti akan menimbulkan suasana yang panas dan gerah. Oleh karenanya, pihak panitia berinisiatif untuk memilih CV Triarga Kencana sebagai rekanan dalam menyediakan pasokan listrik yang diambilkan dari genset yang mereka miliki untuk dapat menghidupkan Air Conditioner (AC) di dalam GOR.

Memang listrik di daerah tersebut masih cukup normal dan bahkan GOR Diponegoro Sragen pun masih mendapatkan pasokan listrik, namun dikarenakan kebutuhan akan listrik cukup besar, maka dibutuhkan sumber energi listrik alternatif lainnya dan hal itu adalah mesin genset yang dipunyai oleh CV Triarga Kencana.

Di tengah-tengah khusyuknya para peserta mengikuti tes, tiba-tiba terdengar suada ledakan keras beberapa kali yang berasal dari arah genset. Sontak saja, semua orang berhamburan keluar. Ada yang memilih menyelamatkan diri, ada pula yang justru mendekati lokasi ledakan untuk mengetahui apa yang terjadi.

Dan ternyata, genset CV Triarga Kencana yang sedang diaktifkan tersebut meledak dan terbakar hebat. Dikarenakan hal itu maka banyak orang dan petugas di sekitar langsung berupaya menyingkirkan semua hal yang berdekatan dengan genset yang sedang terbakar itu, seperti motor, mobil atau apapun yang berisiko ikut dilalap si Jago Merah.

Cukup melelahkan bagi orang-orang yang berusaha membatasi jangkauan api agar tidak merembet karena di sekitar tempat tersebut ada 4 mobil dan deretan motor milik para peserta. Untung saja, semua kendaraan tersebut berhasil dipindahkan sehingga tidak sampai ikut terbakar.

Dan dalam waktu singkat petugas pemadam kebakaran daerah Solo tiba dan kemudian berhasil menjinakkan api yang berkobar. Tidak ada korban jiwa ataupun harta lain yang terkena imbas dari kebakaran mesin genset tersebut. Hanya saja, menurut pihak CV Triarga Kencana, kerugian yang mereka alami adalah sekitar Rp450 jutaan. Hal itu dikarenakan harga genset berkapasitas 250 KVA itu memang cukup mahal.

Terkait dengan hal itu, ternyata tidak banyak dari peserta menyadari bahwa baru saja ada kejadian menghebohkan di sekitar tempat mereka mengikuti ujian. Bahkan ketika AC mati pun, para peserta tidak merasa ada yang aneh. Diperkirakan pada saat itu memang udara sedang sejuk dan cenderung dingin karena di luar sedang mendung dan baru saja diguyur hujan yang menyebabkan tanpa AC pun ruangan di dalam GOR tetap tidak terlalu panas.

Kepala BKPPD Grobogan, Padma Saputra mengatakan bahwa pada saat kejadian berlangsung, ada sekitar 400 sampai 450 orang di dalam gedung yang sedang mengikuti ujian. Dan sampai ujian selesai, semuanya berjalan normal dan lancar. Bahkan sampai dengan ujian sesi kelima pun, semuanya tetap berjalan seperti yang direncanakan dan diharapkan.

Walaupun AC tidak berfungsi karena mesin penggeraknya, yaitu genset dari CV Triarga Kencana itu meledak dan terbakar, namun secara keseluruhan, mulai dari peralatan elektronik dan komputer yang digunakan untuk test tersebut masih menyala normal. Hal itu dikarenakan listrik yang digunakan adalah langsung berasal dari PLN.

Itulah mengapa penting sekali memperhatikan cara penggunaan dan perawatan genset supaya tidak sampai terjadi musibah sedemikian rupa. Nah, Anda juga perlu memilih genset berkualitas seperti Genset Yanmar dari ABC Power. Dengan kualitas yang sangat baik. Harga Genset Yanmar ini cukup bersahabat di kantong, lho.

Write a Reply or Comment