Tegangan Genset Tidak Keluar? Inilah Penyebab dan Cara Memperbaikinya

cara memperbaiki genset

Genset merupakan suatu perangkat yang terdiri dari generator dan penggerak yaitu mesin diesel. Generator ini berfungsi mengubah tenaga gerak mekanis menjadi energi listrik. Sesuai dengan fungsi genset yaitu untuk menghasilkan listrik yang dialirkan ke suatu jaringan instalansi listrik dan digunakan untuk menyalakan berbagai peralatan listrik.

Dalam pengoperasiannya, genset bisa saja terjadi permasalahan atau kerusakan yang mungkin terjadi seperti tegangan genset tidak keluar. Berikut penyebab dan cara memperbaiki genset tidak keluar tegangan.

Tidak keluar tegangan pada genset dapat terjadi karena beberapa hal, di antara lain:

  • Mesin genset tidak beroperasi dengan normal

Mesin genset yang tidak beroperasi dengan normal dapat menjadi penyebab tegangan genset tidak keluar.

Cara memperbaiki:

Cara memperbaiki genset tidak keluar tegangan akibat mesin yang tidak beroperasi dengan normal yaitu hidupkan mesin penggerak genset dan pastikan putaran mesin sudah normal dengan kecepatan 1500 Rpm. Jika putaran masih kurang maka naikkan putaran mesin sampai didapat kecepatan yang normal.

  • Saklar utama pada genset belum terhubung

Saklar penghubung dari genset menuju instalansi listrik harus dinyalakan agar tegangan listrik dapat mengalir ke instalansi listrik. Setelah menyalakan mesin beroperasi dengan putaran normal, kemudian saklar utama dihubungkan. Saklar berfungsi untuk menghubungkan atau memutuskan aliran listrik dari genset menuju instalansi listrik dan sebagai pengaman saat terjadi arus lebih atau korsleting.

Saat genset sudah dinyalakan lalu tegangan yang keluar berasal dari genset dan saklar utama tidak memiliki tegangan berarti masalah ada pada saklar utama.

Cara memperbaiki:

Jika saklar utama rusak maka gantilah saklar utama agar listrik dari genset dapat terhubung dan mengalir ke instalansi listrik dan pastikan jika kondisi kabel-kabel dalam keadaan yang bagus dan terhubung dengan baik.

  • Dioda (Rotating Rectifier)

Dioda penyearah atau rotating rectifier adalah penyebab genset tidak keluar tegangan listrik lainnya.

Cara memperbaiki:

Cara memperbaiki genset tidak keluar tegangan akibat dioda adalah dengan melakukan pemeriksaan dalam keadaan genset tidak beroperasi dan periksa kabel-kabel pada dioda terhubung dengan baik. Ada kemungkinan jika diode mengalami kerusakan atau jebol, maka periksalah dioda yang terdapat pada rotating rectifier dengan membuka satu persatu dioda tersebut, kemudian ukur dioda dengan menggunakan Ohmmeter atau multitester untuk mengukur tahanan (Ohm).

Setelah dioda sudah dipastikan terpasang dengan benar, maka Anda bisa menghidupkan genset lalu ukurlah kembali tegangan dari genset tersebut.

  • AVR genset

Penyebab dari tidak keluarnya tegangan pada genset bisa jadi dikarenakan terjadinya kerusakan pada AVR genset.

Cara memperbaiki:

Lakukan penggantian jika pengaman pada AVR mengalami kerusakan, atau me-reset pengaman agar terhubung kembali (untuk tipe otomatis).

  • Gulungan excitor stator

Genset yang tidak keluar tegangan bisa disebabkan karena gulungan exciter mengalami kerusakan seperti bocor atau terbakar.

Cara memperbaiki:

Periksa gulungan exciter dengan melakukan pengukuran nilai tahanan dengan menggunakan ohmmeter atau multitester ohm. Lalu periksa kebocoran isolasi kabel gulungan, kemudian lepaskan masing-masing kebel dari terminalnya. Lakukan penggantian gulungan exciter atau rewinding.

Itulah beberapa penyebab dan cara memperbaiki genset tidak keluar tegangan yang perlu Anda ketahui. Ketahui secara lebih lengkap informasi mengenai genset pada ahlinya yang ada di ABC Power dengan 40 tahun pengalaman di dunia permesinan. Bukan hanya itu,  jual genset ABC Power dan sewa genset ABC Power untuk Anda yang membutuhkan cadangan daya listrik dengan berbagai merek terkenal seperti genset Perkins, Mitsubishi, Lovol, Yanmar, Cummins, foton, primero dan masih banyak lagi mulai dari kapasitas 8 hingga 3000KVA. Harga genset murah dengan kualitas nomor satu dan jaminan garansi yang panjang. Untuk melihat daftar harga genset anda dapat melihatnya disini.

Tunggu apalagi? Hubungi segera ke nomor 021-2255-2501 atau melalui email ke sales@abcpowergenset.com untuk mengetahui spesifikasi, instalansi, rekomendasi mengenai produk dan harga genset terbaik untuk Anda.

Gambar Harga genset terbaru

 

Write a Reply or Comment