Begini Cara yang Perlu Dilakukan Agar genset Tak Mudah Berkarat

genset rumah

Permasalahan paling mendasar yang kerap terjadi pada sebuah mesin atau benda yang berbahan dasar logam dan aluminium adalah karat atau korosi. Korosi ini kerap ditemui di kehidupan sehari-hari, termasuk dalam sebuah mesin genset. Harga genset semahal apapun yang Anda beli, maka kemungkinan besar untuk berkarat tetap ada jika Anda tidak melakukan perawatan dengan tepat.

Karat merupakan rekasi logam dengan berbagai zat yang ada di sekitar logam tersebut, contohnya seperti air atau udara yang dapat menimbulkan senyawa baru yang timbul pada benda tersebut. Senyawa tersebut merupakan zat yang tampak coklat kemerahan yang sifatnya padat dan mudah rapuh. Inilah yang disebut karat yang kerap terjadi di berbagai logam.

Jika karat atau korosi ini terjadi pada mesin genset, maka resikonya akan jauh lebih besar karena sifat karat yang rapuh mampu menuai masalah baru yang lebih besar. Untuk itulah Anda perlu melakukan berbagai cara untuk mencegah timbulnya karat pada genset dengan langkah-langkah berikut ini.

  1. Menyimpan dan meletakkan genset di tempat yang tepat

Hindari meletakkan genset di tempat yang basah dan lembap karena akan menimbulkan korosi dalam jangka waktu tertentu. Bahan genset yang terbuat dari bahan dasar logam akan mudah berkarat dan timbul korosi saat berbenturan dengan sesuatu yang lembap dan basah. Usia genset yang diletakkan di tempat yang salah juga akan jauh lebih pendek karena cepat rusak. Selain itu, meletakkan genset di tempat yang basah atau lembap akan berbahaya karena dapat menimbulkan tegangan yang tinggi.

  1. Jagalah kebersihan dari mesin

Selain menempatkan genset di tempat yang tepat, Anda juga perlu menjaga kebersihan dari genset tersebut agar terhindar dari karat. Kotoran yang kerap muncul seperti tumpahan oli, bahan bakar dan air bisa menjadi penyebab munculnya karat pada body mesin genset. Maka seringlah mengelap bagian badan mesin jika terjadi tumpahan untuk mencegah karat. Lakukan perawatan dan pembersihan mesin genset secara berkala untuk meninimalisir munculnya karat.

  1. Mengganti suku cadang mesin secara rutin

Spare part atau suku cadang mesin genset yang tidak diganti secara rutin juga berpotensi menimbulkan dalam kurun waktu tertentu. Selain itu suku cadang yang tak pernah diganti juga bisa menimbulkan berbagai kerusakan yang akhirnya membuat mesin genset tidak bisa berfungsi secara normal lagi. Untuk itulah penting bagi Anda untuk mengganti spare part mesin genset Anda secara berkala.

  1. Hindarkan mesin genset dari paparan sinar matahari

Sebisa mungkim hindarkan genset Anda dari paparan sinar matahari secara langsung yang dapat memancing terjadinya karat pada mesin. Paparan sinar matahari juga bisa memudarkan warna pada bagian mesin genset.

  1. Hindarkan mesin genset dari air hujan

Selain menghindarkan mesin genset dari panas matahari, sebaiknya Anda juga menghindarkan mesin dari air hujan. Air hujan bisa membuat mesin genset Anda lembap yang akhirnya menimbulkan karat di bagian bodynya. Lindungi dan simpan di tempat yang tepat dan terbebas dari air hujan.

  1. Perhatikan bahan bakar

Tanki bahan bakar juga kerap ditemukan berkarat di bagian dalamnya. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk menggunakan bahan bakar yang ada di genset sampai habis untuk menghindari karat.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah timbulnya karat. Cukup mudah dan sederhana bukan?

Write a Reply or Comment