Genset Untuk Keperluan Sehari-Hari

genset harian ABC Power

Saat mati lampu mendadak, salah satu hal yang dibutuhkan agar listrik tetap menyala adalah genset. Genset atau generator set merupakan sebuah perangkat yang berguna untuk menghasilkan daya listrik. Jadi ketika listrik di rumah Anda mati, maka Anda bisa menyalakan genset supaya listrik di rumah Anda tetap menyala untuk menjalankan berbagai keperluan rumah tangga.

Untuk mendapatkan hal tersebut, Anda bisa beli genset silent atau genset murah diesel. Dengan menggunakan mesin genset yang tepat, mati listrik di rumah bukan lagi persoalan yang buruk.

Genset terbuat dari gabungan dua buah perangkat yang berbeda, yaitu engine dan generator. Engine bisa berupa mesin diesel dengan bahan bakar solar maupun bensin. Sedangkan generator merupakan kumpulan dari banyak tembaga yang masing-masing terdiri dari stator dan rotor.

Untuk Anda yang ingin menggunakan ganset di rumah, Anda sebaiknya memilih dengan teliti sebelum membelinya. Ada banyak pertimbangan yang perlu Anda pikirkan yang kesemuanya disesuaikan dengan kebutuhan. Lalu bagimana tips memilih genset yang tepat untuk dipakai di rumah? Berikut ini ulasannya.

 Tentukan terlebih dahulu kebutuhan listrik yang ada di rumah

Sebelum Anda mmeutuskan untuk memakai genset, Anda perlu merinci ulang kebutuhan listrik apa saja yang diperlukan di rumah. Apabila peralatan listrik di rumah Anda cukup minim, misalnya hanya AC, televisi, kipas angin, kulkas dan mesin cuci saja, maka pilihlah genset yang memiliki watt atau daya yang rendah. Hal ini bertujuan agar keborosan listrik tidak terjadi di rumah Anda.

Namun jika peralatan listrik di rumah Anda cukup banyak, Anda perlu menggunakan genset dengan daya atau kapasitas yang lebih tinggi.

Pilihlah genset yang sesuai dengan kebutuhan rumah Anda

Terdapat 2 jenis genset yang perlu Anda ketahui. Yang pertama adalah genset standby yang pemasangannya permanen sehingga ketika listrik di rumah mati, genset akan langsung otomatis menyala. Genset jenis ini menggunakan bahan bakar gas dan tentu saja bisa digunakan jika Anda sudah memiliki saluran gas sendiri. Genset standby merupakan genset yang paling cocok dipakai untuk rumah hunian.

Jenis genset yang kedua adalah genset portable yang tidak secara otomatis menyala saat mati listrik. Harga genset portable jauh lebih murah ketimbang genset stand by. Genset jenis ini bisa dipindah dan diletakkan dimana saja sesuai dengan kebutuhan. Genset portable menggunakan bahan bakar solar atau bensin, namun ketika dipakai genset ini mengeluarkan suara yang agak bising. Dibandingkan genset stand by, genset portable lebih sulit penggunaannya karena harus menggunakan engkol.

Pilih genset dengan daya yang sesuai dengan kebutuhan di rumah

Masing-masing genset memiliki daya yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan. Sesuaikan daya genset dengan hitungan keperluan listrik dalam keadaan darurat rumah Anda sehingga semuanya tetap stabil.

Pilih genset dengan tipe dan merek yang rekomended

Untuk kebutuhan rumah tangga, usahakan untuk memilih genset dengan tipe dan merek yang terpercaya. Baca terlebih dahulu review merek genset yang Anda pilih supaya Anda yakin untuk membeli genset tersebut. Cari testimonial sebanyak-banyaknya di internet agar Anda tak salah dalam membeli genset untuk kebutuhan rumah.

Perhatikan keamanan genset

Jangan lupa untuk memperhatikan segi keamanan genset. Hindari menyalakan genset di dalam rumah karena sisa dari pembakaran genset akan sangat berbahaya jika terhirup bayi, anak-anak, dan ibu hamil. Selain itu, pastikan genset tidak langsung terkena hujan maupun panas matahari agar tak cepat rusak..

Write a Reply or Comment