Gunakan Genset Di Atas 200 KVA, Pelaku Usaha Wajib Punya Izin

Genset > 200 KVA

Saat ini, genset memang sudah menjadi salah satu sumber energi listrik cadangan yang paling banyak digunakan, termasuk dalam hal usaha. Ada sebuah peraturan baru yang dibuat oleh pemerintah mengenai penggunaan genset oleh pelaku usaha, yakni jika menggunakan genset dengan kapasitas di atas 200 KVA, maka harus ada izin operasi terlebih dahulu. Hal ini seperti yang disampaikan oleh AKBP Seber R Kombong selaku Kasubdit Indagsi Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Kaltim.

Menurutnya, hal tersebut sudah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 30 tahun 2009 mengenai ketenagalistrikan. Jadi setiap pemilik usaha yang memakai genset di atas 200 KVA harus mengurus perizinan terlebih dahulu. Genset sebesar ini biasanya banyak dipakai oleh pemilih htel, restoran, dan juga perusahaan yang bergerak di bidang produksi serta perdagangan. Sayangnya, hal ini masih belum banyak diketahui terutama oleh pengusaha yang berada di wilayah Kalimantan Timur.

Biasanya, para pengusaha tersebut menganggap jika Standar Layak Operasi atau SLO tersebut sudah mewakili juga izin untuk penggunaan genset. Namun ternyata izinnya berbeda, sehingga untuk pemakain genset di atas 200 KVA masih harus menggunakan izin operasi khusus. Izin ini nantinya akan diberikan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu yang masih harus mendapat tembusan dari Dinas ESDM. Sedangkan jika terjadi pelanggaran dalam hal tersebut, maka pihak kepolisianlah yang berhak untuk memperkarakannya.

Tips pilih genset terbaik

Melihat pentingnya fungsi genset untuk kehidupan sehari-hari, termasuk untuk pemilik usaha, maka memilih genset menjadi suatu hal yang sangat penting. Jika salah memilih, bisa jadi genset tidak akan bisa berfungsi dengan maksimal. Untuk mencari genset yang tepat, Anda harus mengetahui kebutuhan sendiri. Ada beberapa jenis genset yang bisa dipilih, misalnya saja model terbuka yang tidak memiliki penutup di bagian luarnya dan juga tidak ada peredam suara.

Genset ini cocok diletakkan di luar ruangan atau di wilayah proyek yang cukup luas sehingga suaranya tidak akan mengganggu. Sedangkan jenis genset tertutup, memiliki penutup pelat di bagian luarnya dan juga dilengkapi peredam suara sehingga tidak terlalu berisik. Jenis ini lebih aman jika ingin diletakkan di dalam ruangan.

Hal berikutnya yang perlu dipastikan adalah kualitas dari genset. Memilih genset berkualitas jelas sangat penting, karena menjamin performa dari genset tersebut dalam waktu lama. Jika Anda mencari genset, pastikan juga sparepart genset mudah ditemukan. Sehingga jika sewaktu-waktu ada kerusakan, genset bisa diperbaiki dan tidak perlu menggantinya dengan yang baru.

Ada baiknya juga memilih genset yang mereknya sudah terkenal, karena jelas sudah terpercaya dan bisa dibuktikan kualitasnya. Di Indonesia sendiri ada merek genset buatan dalam negeri, yakni ABC Power. Genset ini menawarkan kualitas terbaik dengan harga yang sangat terjangkau, sehingga pas untuk memenuhi kebutuhan Anda akan listrik. Banyak sekali tempat yang jual genset di berbagai wilayah di Indonesia.

Tapi kalau ingin mencari merek lain pun, ada beberapa pilihan yang berasal dari luar negeri. Harganya memang relatif lebih mahal, namun tak masalah jika memang Anda menginginkan produk dengan kualitas terbaik yang bisa memenuhi kebutuhan Anda. Tak perlu harus mengimpor, sebab di Indonesia sendiri sudah banyak distributor genset buatan luar negeri sehingga Anda pun bisa lebih  mudah membelinya.

Write a Reply or Comment