Hati-Hati Pilih Genset Untuk Bank, Seperti Ini Yang Benar

ilustrasi

Selama ini Anda mungkin berpikir kalau genset hanya dibutuhkan ketika ada acara besar seperti pernikahan yang membutuhkan sound system. Tapi di luar itu, ada banyak sekali lho, fungsi dari genset yang tak disadari dalam kehidupan sehari-hari misalnya untuk area perkantoran seperti bank. Ya, bank merupakan salah satu kantor yang sangat banyak memanfaatkan perangkat elektronik yang tentunya hanya bisa menyala dengan aliran listrik. Misalnya saja komputer dan mesin penghitung uang, tentu tidak akan berjalan saat listrik padam.

Sayangnya, kadang kala terjadi penurunan arus listrik yang menyebabkan listri sering mati. Belum lagi kalau ada kerusakan di pusat, maka PLN mau tak mau jadi harus mematikan listrik untuk sementara. Padahal pemadaman seperti ini sering juga terjadi ketika jam kerja. Kalau sudah demikian, tentu saja aktivitas di bank tidak bisa dihentikan. Nah, di saat inilah genset sangat dibutuhkan. Genset ini sendiri bisa menghasilkan energi listrik yang berfungsi sebagai asupan utama untuk menghidupkan berbagai pernagkat elektronik.

Lalu bagaimana cara memilih genset yang tepat untuk bank? Berikut ini informasinya:

Sesuaikan Daya

Yang pertama tentu saja Anda harus memperhatikan dengan baik seberapa besar daya yang dibutuhkan untuk bisa menyalakan seluruh perangkat elektronik termasuk lampu yang ada pada bank. Kemudian dari seluruh perangkat ini, Anda bisa menghitung total daya yang dibutuhkan. Jumlah tersebutlah yang menjadi batas minimum ketika Anda membeli genset. Kalau bisa, Anda malah harus membeli genset dengan daya yang di atas kebutuhan supaya kalau ada lonjakan daya genset masih bisa menahannya. Untuk hal ini, Anda bisa berkonsultasi dengan penjual sehingga dapat menemukan jenis genset yang palin tepat.

Pertimbangkan Bahan Bakar Genset

Saat ini ada beberapa bahan bakar genset yang beredar di pasaran, misalnya saja bensin, solar, dan gas. Sejauh ini, genset solar banyak dijadikan pilihan karena harga genset yang cenderung lebih terjangkau, dan harga solar pun tidak terlalu mahal. Solar sendiri sangat efisien sebagai bahan bakar genset dan juga tidak mudah berbakar, tidak beracun, tidak gampang menguap saat diletakkan di udara terbuka, dan tidak memiliki bau yang menyengat. Genset berbahan bakar solar ini pun cenderung mudah didapatkan di pasaran dan juga mudah perawatannya. Sedangkan genset bahan bakar bensin juga bisa dijadikan pilihan namun umumnya tidak bisa digunakan untuk daya yang terlalu besar.

Cari Generator Tipe Silent

Untuk area bank, tentu saja dibutuhkan ketenangan dalam bekerja dan beraktivitas. Itulah mengapa, di bank lebih cocok digunakan tipe genset silent. Ciri utama dari tipe ini adalah adanya box atau canopy di bagian luar genset yang juga sekaligus terdapat peredam suara. Jadi keunggulan utama dari genset silent ini adalah tidak adanya suara berisik ketika genset bekerja. Berbeda dengan tipe genset terbuka yang  mengeluarkan suara cukup keras dan bising sehingga tidak cocok untuk diletakkan di area bank.

Selain itu, Anda juga perlu mencari genset yang mudah perawatannya. Sebab di bank tentu tak ada teknisi khusus untuk mengatasi genset seperti yang ada di pabrik. Jadi dengan memilih genset yang perawatannya mudah, tenaga kerja yang ada bisa tetap memantau genset dan memastikan performanya selalu maksimal. Untuk harga genset, tentu lebih mahal yang jenis silent dibandingkan yang tipe terbuka.

Tags: ,

Write a Reply or Comment