Hindari Keracunan Gas Genset dengan Cara Ini

Generator set atau genset merupakan alat yang dapat berperan penting ketika listrik dari PLN mengalami pemadaman atau pun tempat yang belum memiliki aliran listrik. Untuk membuatnya menjadi listrik, genset membutuhkan bahan bakar dan menghasilkan gas buang karbon monoksida yang memiliki sifat beracun. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan genset telah ditempatkan di tempat yang benar sehingga saat dinyalakan tidak menimbulkan bahaya.

Gas karbon monoksida merupakan gas beracun yang dapat membuat orang yang menghirupnya dapat kehilangan nyawa. Gas karbon monoksida merupakan gas yang sulit untuk dideteksi karena tidak berwarna dan tidak berbau tetapi gas ini sangat mematikan karena kebanyakan korbannya tidak menyadari jika mereka sedang mengalami keracunan.

Genset memang seharusnya berada di tempat kering, tetapi bukan berarti Anda menaruhnya di dalam garasi atau di dalam ruangan tertutup, karena gas karbon monoksidan dapat masuk ke rumah Anda secara perlahan dan menjadi jenuh. Jika Anda menaruh genset di tempat yang memiliki ruangan dengan tidak cukup ventilasi atau ruang sirkulasi udara maka gas karbon monoksida tersebut dapat masuk ke dalam ruangan dan membunuh Anda secara perlahan.

Maka dari itu, sebaiknya Anda mencegahnya sebelum bahaya gas genset merenggut nyawa Anda atau pun keluarga dengan melakukan beberapa hal seperti berikut.

  • Jangan gunakan genset di dalam rumah, garasi, ruang bawah tanah, loteng atau wilayah tertutup. Taruhlah genset di luar rumah dengan jarak yang cukup aman.
  • Jaga genset di luar ruangan dan jauh dari pintu, jendela atau pun lubang sirkulasi udara yang dapat memungkinkan karbon monoksida masuk ke dalam ruangan.
  • Pasang alarm gas karbon monoksida di lokasi pusat pada rumah untuk memberikan peringatan dini jika gas karbon monoksida terkumpul. Lakukan uji baterai alarm secara rutin dan ganti jika dibutuhkan.

Meskipun gas karbon monoksida tidak dapat dilihat atau tercium baunya, namun gas tersebut dapat terkumpul penuh dan mematikan sehingga jika Anda mulai merasa sakit, pusing atau pun letih ketika genset digunakan, maka segera carilah udara segar di luar rumah dan jangan ditunda. Lakukan juga hal yang sama jika alarm karbon monoksida berbunyi.

Hal lain yang dapat Anda lakukan yaitu dengan memastikan Anda telah membeli genset berkualitas dari distributor genset terbesar dan terpercaya di Indonesia seperti ABC Power. Distributor ABC Power telah memiliki 40 tahun pengalaman di bidang permesinan dan telah tersertifikasi ISO 9001:2015 dengan ribuan produk yang telah dipercaya dan digunakan oleh klien dari berbagai macam industri.

Distributor genset ABC Power memiliki tenaga ahli yang handal dan tersertifikasi serta memiliki product specialist yang bisa Anda hubungi untuk berkonsultasi mengenai spesifikasi, instalansi, rekomendasi atau harga genset yang terbaik untuk Anda. Kini Anda bisa menggunakan genset dengan aman dan nyaman bersama distributor genset ABC Power, hubungi segera ke nomor 021-2255-7715 atau melalui email ke sales@abcpowergenset.com sekarang juga!

Write a Reply or Comment