Pihak Hotel Hermes Palace Bantah Ada Genset Milik Mereka yang Meledak dan Terbakar

cara cegah sengatan listrik genset
ilustrasi

Seperti halnya mayoritas hotel-hotel di Tanah Air, Hotel Hermes Palace di Jalan T Nyak Makam, Kecamatan Ulee Kareng, Banda Aceh juga memiliki mesin genset sendiri yang dapat berpindah ke posisi aktif secara otomatis ketika terjadi pemadaman listrik mendadak. Sayangnya, pada pukul 03.15 WIB di hari Kamis (1/11) lalu, mesin genset yang dimiliki Hotel Hermes Palace tersebut meledak dan akhirnya terbakar.

Menurut penuturan pihak hotel, kejadian bermula saat terjadi pemadaman listrik pada hari dan jam tersebut. Dengan putusnya aliran listrik, maka genset secara otomatis menyala. Namun sesaat setelah pada posisi aktif, mesin genset tersebut meledak dan membuat tempat di sekitarnya menjadi terbakar.

Sesaat setelah api membesar, pihak sekuriti langsung bahu membahu berusaha memadamkan api dengan menggunakan racun api atau Alat Pemadam Api Ringan (APAR). Takut api semakin membesar, maka pihak hotel langsung menghubungi Dinas Pemadam Kebakaran Kota Banda Aceh.

Dan akhirnya ada 3 unit armada pemadam kebakaran dari Pos Pango, Pos Simpang Mesra dan Posko Induk langsung dikerahkan ke lokasi untuk melakukan penanganan dengan segera.

Setelah api berhasil dijinakkan, pihak hotel yang diwakili langsung oleh General Manager (GM) nya, Syafrial Munas mengatakan bahwa sebenarnya berita yang beredar kurang tepat menurutnya. Hal itu dikarenakan tidak ada genset hotel yang mengalami kebakaran. Ada pun yang akhirnya menimbulkan api tersebut adalah berasal dari terbakarnya panel listrik. Oleh karena itu, Syafrial menganggap bahwa klarifikasi darinya itu sangat perlu dilakukan untuk meluruskan kesimpangsiuran yang terjadi.

Syafrial juga mengatakan bahwa menjadi satu hal yang aneh jika dikatakan ada genset yang terbakar karena mesin tersebut diletakkan dan disimpan di ground hotel, sedangkan pada bagian atas merupakan tempat untuk panel listrik.

Apa yang diungkapkan Syafrial tersebut juga dibenarkan oleh epala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Banda Aceh, M Nurdin. Dalam pernyataannya, M Nurdin mengatakan bahwa untung saja pihak hotel langsung menghubungi mereka dengan cepat karena jika terlambat maka tidak diketahui berapa jumlah kerugian yang harus ditanggung jika api merambat dan membesar.

Syafrial juga mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya yang telah terlibat langsung untuk ikut memadamkan api terutama ke para anggota Dinas Pemadam Kebakaran Kota Banda Aceh yang sangat cepat dan tanggap untuk datang dan menangani hal tersebut.

Terlepas dari masalah terbakarnya panel listrik di Hotel Hermes Palace tersebut, ada banyak faktor yang dapat menyebabkan sebuah genset mengalami kendala atau bahkan sampai meledak dan terbakar. Dan faktor paling utama serta mayoritas adalah dikarenakan manusia sendiri.

Dikatakan begitu karena seperti halnya mesin-mesin lainnya, genset juga membutuhkan perawatan secara berkala. Di dalam mesin genset sendiri terdapat banyak komponen serta kabel-kabel yang saling tersambung. Dikarenakan hal itu, jika satu komponen mengalami kerusakan atau konsleting, maka dapat merembet ke komponen lainnya. Kemudian akan muncul percikan bunga api yang menjadi penyebab utama terjadinya kebakaran.

Ditambah lagi, mayoritas genset yang ada, dijual dan digunakan di Indonesia adalah yang menggunakan bahan bakar minyak. Saat terjadi masalah, maka bunga api yang terpercik tersebut dapat mematik munculnya api yang langsung dapat meluluhlantakkan daerah yang bersangkutan.

Dan agar dapat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti di atas, maka ada salah satu solusi tepatnya, yaitu memilih dan membeli genset Foton di ABC Power. Pasalnya harga genset Foton di ABC Power sangat bersaing dengan di tempat lainnya.

Tags:

Write a Reply or Comment