Beli Genset Untuk Pabrik? Ini Tips Yang Perlu Anda Tahu

beli genset untuk pabrik
ilustrasi

Anda yang punya usaha sendiri dan membutuhkan sebuah pabrik untuk memproduksi barang, maka wajib sekali memiliki genset. Seperti yang Anda tahu, kebanyakan mesin di pabrik beroperasi dengan energi listrik yang cukup besar. Jika mesin mati di luar jadwal, maka sudah pasti produksi akan terganggu. Bahkan bisa jadi Anda tak bisa memenuhi pesanan produk tepat waktu. Di sisi lain, pemadaman listik yang dilakukan dari PLN tak bisa diduga-duga.

Kadangkala saat terjadi kerusakan atau bencana alam, listrik memang terpaksa harus dipadamkan untuk keamanan. Sedangkan Anda tak tahu juga berapa lama sampai listrik bisa menyala kembali. Kalau sudah seperti ini, tentu semuanya jadi terganggu dan Anda pun bisa mengalami kerugian yang tak sedikit. Maka dari itu, mulai saat ini cobalah mencari tempat yang jual genset dengan harga terjangkau. Kalau pun Anda harus membayar harga yang cukup mahal, itu akan sepadan dengan manfaat yang diberikannya.

Saat memilih genset untuk pabrik, ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan seperti berikut ini:

Sesuaikan Daya Genset

Hal pertama yang harus Anda perhatikan saat akan membeli genset untuk pabrik adalah menyesuaikan dayanya. Seperti Anda tahu, mesin yang digunakan untuk aktivitas produksi di dalam pabrik tentu membutuhkan daya yangs angat besar. Maka dari itu, perhitungkan seluruh total daya mesin yang Anda butuhkan dan carilah genset dengan daya yang sesuai. Jangan lupa juga lho, memperhitungkan lampu-lampu yang menyala di dalam pabrik atau juga peralatan elektronik lain seperti komputer. Setelah mengetahui total daya yang dibutuhkan, ada baiknya Anda mencari genset yang dayanya sedikit lebih besar sehingga beban kerjanya pun tidak akan terlalu berat.

Pastikan Sparepart Mudah Dicari

Anda mungkin tergiur dengan genset murah yang ada di pasaran, tak masalah memang untuk membelinya. Tapi sebelum itu, pastikan dulu Anda mengetahui apakah sparepart genset tersebut mudah didapatkan atau tidak. Jika sewaktu-waktu ada kerusakan pada genset dan ternyata sparepartnya susau untuk diperoleh, maka Anda akan rugi karena genset jadi tak bisa digunakan. Kalau sparepart genset bisa dicari dengan mudah, maka proses perbaikan genset bisa dilakukan dengan cepat. Pastikan juga Anda mengetahui store resmi yang bisa membantu memperbaiki genset dengan cepat dan terpercaya.

Pilih Tipe Genset yang Sesuai

Untuk penggunaan pabrik, ada dua jenis genset yang bisa dijadikan pilihan yakni open type dan silent type. Open type sendiri merupakan jenis genset tanpa penutup sehingga suara generator akan terdengar sangat keras dan cenderung bising. Genset semacam ini biasanya tidak masalah jika digunakan di area pabrik, karena di sana pun banyak mesin yang bekerja dengan suara keras. Sedangkan silent type adalah genset dengan penutup yang bisa meredam suara generator sehingga tidak bising. Genset jenis ini lebih cocok digunakan di area perkantoran atau kampus yang membutuhkan suasana tenang.

Cari Harga Termurah

Anda tentu harus mencari genset berkualitas dengan harga terbaik. Hal ini akan berpengaruh terhadap dana yang Anda keluarkan. Jangan segan membandingkan harga genset dari satu toko ke toko lainnya. Pastikan juga ada garansi yang diberikan sehingga jika terjadi kerusakan Anda tak perlu mengeluarkan dana lebih untuk memperbaikinya. Dengan genset berkualitas, tentu usaha Anda bisa memiliki investasi yang berharga.

Write a Reply or Comment