Ini Dia Alternatif Penghasil Cahaya Saat PLN Lakukan Pemadaman

sumber energi penghasil cahaya alternatif
ilustrasi

Kesal memang kalau listrik tiba-tiba padam di tengah aktivitas yang Anda lakukan, entah itu mengerjakan sesuatu di laptop atau mencuci baju menggunakan mesin cuci. Sayangnya, pemadaman listrik kadang tak bisa diduga. Kalau hanya aktivitas skala rumah tangga sih masih tak masalah, tapi bagaimana jika usaha ikut terganggu gara-gara listrik mati. Bahkan kalau ini terjadi di malam hari, aktivitas tanpa listrik pun tak bisa dilakukan karena kondisi yang super gelap.

Nah, untungnya ada beberapa alternatif yang bisa Anda gunakan untuk menghasilkan cahaya pada saat terjadi pemadaman. Berikut informasinya:

Lilin

Ini tentu benda pertama yang terlintas di benak Anda untuk menerangi ruangan ketika terjadi pemadaman. Lilin memang menjadi sumber cahaya paling murah dan mudah didapat di kalangan masyarakat. Namun lilin ini memiliki beberapa kelemahan, misalnya saja apinya mudah mengenai benda-benda di sekitar. Sudah banyak sekali kasus kebakaran yang diawali dari lilin. Maka dari itu, sebaiknya nyalakan lilin di tempat yang tepat dan tidak berdekatan dengan kayu, kertas, serta kain. Atau Anda bisa memakai lilin yang diletakkan di dalam gelas untuk meminimalisir api menyambar ke mana-mana.

Minyak Goreng

Kelemahan lain dari lilin adalah ia cepat sekali meleleh dan habis. Sedangkan kalau pemadaman berlangsung cukup lama, persediaan lilin mungkin tak mencukupi untuk digunakan. Nah, Anda bisa menggunakan alternatif cahaya lain yakni minyak goreng. Benda satu ini juga mudah didapat karena setiap rumah pasti memilikinya. Untuk menghasilkan cahaya dari minyak goreng, carilah wadah yang tidak mudah terbakar dan isi dengan minyak. Setelah itu, masukkan kapas ke dalamnya dan biarkan terendam minyak. Setelah itu, nyalakan kapas menggunakan korek. Akan muncul api dan dihasilkan cahaya yang cukup besar dari media ini.

UPS

Kalau Anda merasa terlalu beresiko menjadikan api sebagai sumber cahaya utama saat mati lampu, maka cobalah menggunakan UPS. UPS sendiri merupakan kependekan dari uniterruptible power supplt, sebuah perangkat penghasil listrik yang biasanya ditenagai oleh baterai. Daya yang dihasilkan UPS ini memang tidak terlalu besar, namun setidaknya masih cukup untuk menyalakan daya lampu dengan watt kecil atau satu-dua perangkat elektronik seperti televisi maupun radio. Penggunaan UPS juga cenderung aman karena minim resiko kebakaran. Anda pun bisa tidur dengan tenang di malam hari tanpa perlu terjaga untuk menjaga lilin yang mudah terbakar.

Genset

Yang terakhir namun sangat berguna, adalah genset. Genset ini merupakan salah satu pilihan terbaik untuk menyediakan cahaya pada saat mati lampu. Dengan daya genset yang cukup besar, tak hanya satu atau dua lampu saja yang bisa menyala, namun seluruh lampu yang ada di rumah. Tak hanya lampu saja, seluruh perangkat elektronik juga bisa menyala dengan baik. Namun untuk penggunaan daya yang besar, tentu saja Anda harus memilih jenis genset yang tepat.

Ada banyak sekali yang jual genset untuk kebutuhan usaha. Genset jenis ini lebih pas digunakan oleh Anda yang butuh daya untuk pengoperasian mesin atau komputer dalam jumlah banyak. Kalau khawatir dengan suara genset yang mengganggu, Anda bisa memilih jenis silent genset yang bisa beroperasi tanpa berisik. Harga genset jenis ini memang sedikit lebih mahal, tapi sangat cocok diletakkan di area perkantoran yang membutuhkan suasana tenang.

Baca Juga: Lebih Untung Mana Beli Genset Baru Atau Second?

Write a Reply or Comment