Ini Lho, Manfaat Dari Penggunaan Genset Di Kampus

genset yang stabil untuk apartement

Selama ini pemakaian genset identik dengan acara-acara seperti pernikahan maupun konser musik, atau juga digunakan di tempat-tempat usaha seperti hotel dan restoran. Tapi yang tak banyak terpikirkan, genset ini juga sangat penting sekali dimiliki oleh kampus. Ada banyak alasan mengapa kampus merupakan salah satu tempat yang sangat membutuhkan genset, berikut informasinya:

Memastikan proses belajar mengajar tetap berjalan sesuai jadwal

Di kampus-kampus, proses belajar mengajar bisa berlangsung hingga malam hari sehingga jelas penerangan dalam ruangan sangat dibutuhkan. Tak jarang juga saat kuliah dibutuhkan LCD sebagai media untuk presentasi. Coba bayangkan kalau terjadi pemadaman listrik, maka proses belajar mengajar akan sangat terganggu. Mahasiswa pun jadi tidak bisa belajar dengan baik, dan dosen pun kehilangan waktu untuk menyampaikan materi yang harusnya bisa disampaikan. Kalau terjadi cukup sering, jelas kualitas belajar mengajar akan menurun.

Mencegah rusaknya hasil penelitian

Untuk beberapa jurusan, sering pula dilakukan percobaan di laboratorium. Kadang kala percobaan ini menggunakan bakteri atau mikroba lain yang harus diletakkan di suhu tertentu. Untuk menjamin kualitas dari material percobaan tersebut, maka objek penelitian harus disimpan di dalam alat tertentu yang bisa menyala dengan tenaga listrik. Lalu bagaimana jika terjadi pemadaman listrik dalam waktu yang cukup lama? Tentu saja keberhasilan penelitian jadi taruhannya. Maka dari itu, penting menggunakan genset untuk memastikan selalu ada aliran listrik di laboratorium kampus.

Memastikan ketersediaan jaringan internet

Yang namanya mahasiswa pasti tidak bisa terlepas dari internet. Hampir semua tugas kuliah bisa diselesaikan dengan bantuan internet. Di zaman paperless seperti saat ini, mengumpulkan tugas pun biasanya dilakukan melalui email yang tentu saja untuk mengaksesnya membutuhkan koneksi internet. Jika terjadi pemadaman, maka jelas koneksi internet di kampus juga akan hilang. Hal ini tentu sangat mengganggu para mahasiswa yang harus mengerjakan tugasnya. Tapi kalau ada genset, koneksi internet akan tetap tersedia meskipun sedang terjadi pemadaman listrik.

Menjamin kebutuhan listrik untuk komputer

Alat lain yang sangat tergantung dengan adanya listrik adalah komputer. Setiap kampus pasti memiliki fasilitas  komputer gratis yang bisa digunakan oleh para mahasiswanya. Biasanya, fasilitas ini terletak di laboratorium khusus komputer ataupun di perpusatakaan. Komputer ini pun jadi tidak bisa digunakan jika ada pemadaman listrik. Namun dengan bantuan genset, mahasiswa tetap bisa memakai komputer kampus tanpa terganggu.

Menjaga kesan profesional dari kampus

Apa kesan Anda saat mengetahui proses belajar mengajar di sebuah kampus terganggu gara-gara  mati listrik? Tentu saja Anda akan berpikiran bahwa kampus tersebut kurang profesional. Mahasiswa membayar mahal untuk belajar di sana, tentu harus disesuaikan dengan fasilitas yang diberikan. Jadi menyediakan genset di kampus dan memastikan ketersediaan listrik selama 24 jam juga merpakan fasilitas yang diberikan kampus kepada mahasiswanya.

Genset yang cocok dipakai di kampus adalah jenis silent type, yaitu genset yang dilengkapi dengan peredam suara sehingga tidak terlalu bising meski diletakkan berdekatan dengan ruang kelas. Untuk genset jenis ini sendiri sudah banyak beredar di Indonesia, kok. Kalau ingin mencari produk lokal, cari saja yang jual genset ABC. Atau Anda juga bisa mencari genset buatan luar, misalnya saja genset Foton dari China dan genset Perkins dari Inggris yang tentu saja juga terjamin kualitasnya.

Write a Reply or Comment