Ini Lho, Yang Akan Terjadi Kalau Genset Berdekatan Dengan Air

genset tidak boleh dekat air

Jual Genset ABC Power – Genset atau generator set merupakan alat yang bekerja menggunakan generator untuk menghasilkan tenaga listrik. Mesin ini sangat berguna, terutama dalam bidang industri. Bayangkan saja, saat terjadi mati listrik dan seluruh mesin tak bisa dijalankan, maka ada berapa banyak kerugian yang terjadi pada hari itu? Tentu hal tersebut akan mengganggu operasional dari pabrik tersebut. Belum lagi dengan bangunan publik seperti rumah sakit. Ada banyak sekali alat yang dibutuhkan untuk nyawa pasien dan harus selalu terhubung dengan listrik. Jadi bisa dibayangkan bukan, betapa pentingnya genset?

Nah, itulah mengapa genset sangat dibutuhkan. Kalau pun Anda sudah memilikinya, perawatannya harus diperhatikan dengan baik. Genset yang sering bersentuhan dengan air misalnya, usianya tidak akan sepanjang genset yang disimpan di tempat kering. Mengapa demikian? Sebab genset beresiko terkena karat. Karat atau korosi sendiri biasanya terjadi pada benda yang terbuat dari logam, disebabkan karena reaksi dengan udara ataupun air.

Pada genset sendiri, korosi atau karat ini bisa terjadi di bagian luar ataupun bagian mesinnya. Jika genset diletakkan di daerah yang lembap atau berdekatan dengan sumber air, percikan dari air yang mengenai permukaan genset tersebut lama kelamaan akan bereaksi dan timbul karat. Karat ini bisa dikenali dengan mudah, karena akan terjadi perubahan warna yang sangat mencolok. Umumnya, karat berwarna cokelat kemerahan atau cokelat kekuningan dan akan meluas jika dibiarkan terlalu lama.

Logam yang terkena karat juga akan kehilangan kekuatannya dan menjadi semakin rapuh. Jika tak segera di atasi, bukan tak mungkin kalau logam tersebut akan hancur. Nah, saat genset berkarat, maka sudah pasti kinerjanya akan terganggu. Jangan heran kalau Anda harus sering mengganti sparepart genset atau membeli lagi genset baru dalam waktu singkat dikarenakan masalah karat ini.

Cara terbaik untuk menghindari karat adalah dengan memindahkan genset ke tempat yang benar kering. Sebisa mungkin juga hindari meletakkan genset langsung di atas tanah. Anda bisa mengalasinya dengan triplek maupun benda lain yang mencegah kelembapan terkena langsung ke bagian genset. Yang ke dua, pastikan Anda selalu memperhatikan kebersihan mesin genset. Kalau ada banyak tetesan oli yang menempel, maka lama kelamaan bisa bereaksi menjadi karat. Jadi pastikan selalu mengelap genset setelah mengisi bahan bakarnya.

Kemudian Anda juga wajib menghindarkan genset dari sinar matahari langsung. Sinar matahari ini bisa membuat genset berkarat meski tidak separah saat genset terkena air. Selain itu, sinar matahari langsung juga menjadikan genset lebih panas dan meningkatkan resiko terjadi korsleting maupun timbulnya percikan api.

Anda juga harus menghindarikan genset dari air hujan. Menutupi genset dengan plastik atau terpal saja tidak akan cukup, sebab pasti ada tetesan air yang akan mengenai bagian dari genset. Kalau pun genset secara tak sengaja terkena percikan air, maka segera seka dengan lap bersih hingga benar-benar kering. Perhatikan juga celah-celah kecil yang ada pada genset dan pastikan tidak ada air di dalamnya.

Kalau memang genset sudah terlanjur sering terkena air dan kondisinya sudah tak mungkin diperbaiki lagi, maka tak ada salahnya  mencari alternatif pengganti. Banyak lho, harga genset murah yang ada di pasaran dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Kalau sudah punya yang baru, pastikan selalu hindarkan genset dari air, ya!

Write a Reply or Comment