Ini yang Perlu Kamu Lakukan Jika Terjadi Pemadaman Listrik di Rumah

Untuk Anda yang tinggal di rumah, pemadaman listrik atau yang sering disebut dengan mati lampu adalah hal yang wajar terjadi. Pemadaman listrik pada umumnya terjadi akibat kerusakan yang terjadi pada gardu induk, kerusakan pada travo atau sedang melakukan pemeliharaan dan perbaikan pada sistem pembangkitnya. Tetapi bagaimana jika pemadaman listrik terjadi secara bergilir dan sering terjadi? Pastinya membuat aktivitas sehari-hari Anda menjadi sangat terganggu.

Akibat pemadaman listrik bergilir atau pemadaman listrik secara tiba-tiba bukan hanya dapat menghambat pekerjaan saja, tetapi juga bisa menyebabkan bencana seperti kebakaran. Kebakaran sering terjadi saat pemadaman listrik, hal ini biasanya disebabkan penggunaan lilin yang digunakan sebagai pengganti cahaya dari lampu.

Seperti kebakaran yang terjadi baru-baru saja di Purworejo, Jawa Tengah pada bulan Januari 2018 kemarin. Kebakaran ini disebabkan oleh lilin yang dinyalakan dan ditempatkan di atas lemari plastik lalu si pemilik rumah pergi keluar untuk membeli sayur. Setelah pemilik kembali, rumahnya ditemukan sudah habis terlalap api.

Kesalahan-kesalahan yang tidak disengaja ini sebenarnya bisa diantisipasi dengan melakukan berbagai langkah yang benar saat terjadinya pemadaman listrik di rumah seperti berikut.

Melihat Rumah Tetangga

Hal pertama yang sebaiknya Anda lakukan ketika terjadinya pemadaman listrik di rumah yaitu dengan melihat kondisi rumah tetangga, apakah mereka juga mengalami hal yang sama ataukah hanya rumah saja yang bisa saja diakibatkan oleh korsleting.

Lihat KWH Meter

Langkah yang kedua yaitu dengan melihat apakah KWH meter di rumah Anda masih menyala atau tidak. Jika lampu indikator terlihat merah, berarti arus listrik di rumah Anda masih menyala dan jika lampu indikatornya mati maka besar kemungkinan arus listrik dari pusat juga mati.

Periksa Sekring atau Box MCB

Jika lampu indikator KWH meter di rumah Anda menyala, besar kemungkinan jika kabel pada sekring (patrun) terputus. Cek pada bagian sekring listrik dengan melihat seutas kabel serabut kecil dan pastikan kabel tersebut tidak putus, karena jika kabel yang ada pada sekring terputus maka sebaiknya ganti dengan kabel serabut yang baru. Kalau menyala berarti bisa jadi pemadaman listrik terjadi karena terputusnya kabel.

Periksakan juga apakah keadaan MCB (Miniature Circuit Breaker) pada angka 0 atau 1, karena jika menunjukkan angka 0 berarti ada instalansi yang korsleting, dan jika menunjukkan angka 1 kemungkinan ada masalah yang terjadi pada instalansi, maka periksalah semua sambungan instalasi yang ada.

Jika Anda tidak terlalu mengerti dalam mengecek apa yang KWH meter atau pun memerika sekring, Anda bisa meminta bantuan pada teknisi listrik resmi dari PLN atau Anda bisa melakukan panggilan telepon ke PLN ke nomor 123 untuk menanyakan masalah yang terjadi.

Lalu jika pemadaman listrik terjadi di rumah Anda, sebaiknya nyalakan aplikasi senter yang ada pada handphone daripada lilin yang lebih berisiko menyebabkan terjadinya kebakaran. Ada lebih baiknya lagi jika Anda memiliki genset yang dapat menyala secara otomatis ketika pemadaman listrik di rumah Anda terjadi.

Jika Anda mencari perusahaan distributor jual genset murah orisinil dan berkualitas maka ABC Power jawabannya! ABC Power memberikan garansi 150% money back jika produk tidak terbukti orisinil dan baru. Harga genset yang ditawarkan juga beragam sesuai dengan jenis dan kapasitas yang Anda butuhkan. Bukan hanya itu, ABC Power juga menyediakan sewa genset untuk Anda yang membutuhkan genset secara harian, mingguan atau bulanan. Cek harga genset murah ABC Power melalui via telepon ke nomor 087780080086 atau melalui email ke sales@abcpowergenset.com sekarang juga.

Write a Reply or Comment