Inilah Penyebab Overheat Pada Genset yang Wajib Anda Ketahui

Penyebab Over Heat Pada Genset

Setiap mesin khususnya mesin diesel pada mesin genset akan mengalami panas saat beroperasi. Hal tersebut merupakan hal yang wajar, tetapi berbeda jika mesin genset mengalami panas yang berlebih atau biasa disebut dengan overheat. Overheat pada genset sangatlah tidak baik karena dapat membuat mesin penggerak menjadi macet dan rusak.

Untuk Anda yang melakukan pembelian atau sewa genset untuk memenuhi kebutuhan energi listrik dikala sumber listri dari PLN mengalami hambatan atau pun dikala jangkauan listrik tidak memadai, ada baiknya jika mengetahui beberapa faktor yang dapat menyebabkan mesin genset mengalami overheat yaitu:

Air Radiator Kering atau Habis

Jika genset sering dipakai, pastikan Anda melakukan pemeriksaan secara rutin terhadap air radiator, jangan biarkan air radiator kering atau habis dan segera tambahkan dengan air bersih kembali jika volume airnya berkurang.

Minyak Pelumas Kering atau Habis

Bukan hanya air radiator saja yang perlu dicek secara rutin, tetapi juga minyak pelumas yang ada pada mesin genset. Mesin pelumas pada mesin genset berfungsi untuk mencegah mesin atau pun mengurangi keausan mesin yang disebabkan oleh gesekan secara langsung antara permukaan logam yang bergerak terus-menerus.

Tali Kipas Putus

Di dalam genset terdapat tali kipas yang terpasang untuk menghubungkan antara putaran mesin dengan kipas radiator itu sendiri. Jika tali kipas terputus, maka kipas radiator tidak akan berputar dan tidak ada angin yang mampu mendorong panas untuk keluar dari radiator mesin.

Tutup Radiator Rusak

Bagian tutup radiator pada genset memiliki peran yang penting. Jika tutup radiator mengalami masalah, maka tekanan udara yang berada di dalam radiator akan berkurang sedikit demi sedikit karena udara yang bocor. Dengan begitu, titik didih air radiator akan menurun dan cepat menguap sehingga tidak dapat mendinginkan mesin dengan baik.

Radiator Tersumbat atau Kotor

Overheat bisa terjadi dikarenakan sumbatan yang terjadi pada bagian pipa kapiler radiator yang mengakibatkan air dari radiator menjadi tidak mengalir secara lancar. Radiator yang kotor atau berkerak juga akan secara langsung menghalangi kontak air dengan bagian permukaan dan kisi-kisi dari radiator sehingga panas yang ada tidak dibuang secara baik.

Itulah beberapa hal yang bisa menyebabkan terjadinya overheat pada mesin genset Anda. Jadi sangat penting untuk selalu memperhatikan kelancaran dari sistem pendingin atau pun beberapa komponen lainnya yang berpengaruh pada kelancaran mesin genset yang Anda gunakan. Lakukan pengecekan pada setiap komponan dengan benar dan rutin lalu lakukan service genset apabila terdapat indikasi kerusakan.

Ada banyak distributor atau produsen yang jual genset, tetapi hanya di ABC Power yang menawarkan produk genset murah berkualitas dan bergaransi produk selama 2 tahun dengan perlindungan yang terbaik di Indonesia. Anda bisa mendapatkan harga genset murah sesuai dengan kapasitas yang Anda butuhkan. ABC Power jual genset dengan berbagai pilihan merek dan kapasitas mulai dari merek Genset Perkins, Genset Primero, Genset Foton, Genset Cummins, Genset Lovol dan masih banyak lagi dari daya 8 hingga 3000KVA.

Bukan hanya jual genset, tetapi di ABC Power juga Anda bisa sewa genset baik untuk harian, mingguan atau bulanan. Anda bisa melakukan konsultasi mengenai spesifikasi, instalansi, rekomendasi dan harga genset secara gratis tanpa dipungut biaya dan komitmen apa pun. Tunggu apalagi? Cek informasi lainnya dan beragam produknya di https://www.abcpowergenset.com/ sekarang juga.

 

Write a Reply or Comment