Jenis-Jenis Panel Genset dan Fungsinya

teknisi abc power

Ada beberapa jenis panel genset yang digunakan untuk menunjang system kerja genset, hal ini biasnya untuk memudahkan dalam mengoprasikannya, biasanya dalam panel terdapat beberapa indicator yang menunjukan secara detail apa-apa saja yang bekerja dalam genset tersebut. Ada beberapa panel yang di biasa di gunakan pada genset di antaranya adalah ATS ( Automatic Transfer Switch), AMF (Automatic Main Failure), Panel Sinkronisasi dan Panel PKG. Untuk lebih jelasnya berikut penjelasan panel-panel yang di gunakan pada genset:

 ATS ( AUTOMATIC TRANSFER SWITCH)

ATS sendiri adalah kepanjangan dari Automatic Transfer Switch yaitu sebuah rangkaian elektrikal listrik yang memiliki fungsi sebagai saklar yang berfungsi secara  otomatis ketika terjadi pemadaman arus listrik yang sifatnya terencana atau mendadak, maka secara otomatis panel ini akan bekerja sendiri memindahkan pengambilan sumber listrik dari sumber lain yang pada umumnya menggunakan mesin genset. Sebagai sumber listrik baru. Kerja panel ATS ini juga sebaliknya ketika daya listrik dari PLN sudah menyala maka secara otomatis pula genset akan mati sendiri dan kembali sumber listrik PLN yang di gunakan.

AMF ( AUTOMATIC MAIN FAILURE)

AMF atau automatic Main Falure adalah sebuah rangkaian elektrikal pada panel yang bekerja secara otomatis untuk mematikan atau menghidupan genset secara otomatis tanpa dihidupkan oleh manusia. Prinsip utamanya adalah ketika listrik PLN padam maka panel AMF akan langsung menyalakan genset secara otomatis dan mengalirkan aliran listrik dan sebaliknya apabila listrik PLN menyala makan secara otomatis juga panel AMF akan mematikan genset tersebut.

PANEL SINKRONISASI

Panel Sinkronisasi biasanya berfungsi untuk mensinkronisasikan kinerja dari 2 genset atau lebih unit Genset yang ada. Panel Sinkronisasi biasa digunakan apabila beban bervariasi dan cukup besar serta pemakaian genset non-stop. Apabila beban bervariasi cukup besar dari waktu ke waktu, akan sangat boros untuk memakai 1 genset. Sebagai contoh, misalkan beban bervariasi dari 300 kVA s/d 1.000 kVA, akan lebih efisien untuk menggunakan 2 x 500 kVA, dibanding menggunakan 1 x 1.000 kVA. Apabila menggunakan 2 x 500 kVA yang disinkronisasi, apabila beban masih berada di bawah 500 kVA, maka hanya 1 genset yang akan menyala. Apabila beban berada di 750 kVA, maka beban akan dibagi seimbang 375 kVA / unit dengan kedua Genset menyala.

Panel PKG

Panel PKG sebenarnya hampir sama fungsinya dengan panel generator AC dan DC, bedanya jika panel PKG dipisahkan dengan unit generator sedangkan jika panel DC dan AC terpasang dengan unit gensetnya.adapun dan fungsinya hampir sama fungsinya untuk mengoperasikan generator yang meliputi mulai, berjalan, berhenti, berhenti darurat dan dilengkapi dengan perlindungan dan monitor yang baik, proteksi dan pemantauan mesin diesel maupun alternator (generator), untuk saat ini panel pkg sudah banyak menggunakan modul yng juga berfungsi sebagai AMF(Automatic Main Failure)

Demikian sedikit penjelasan dan informasi tentang panel-panel yang biasa digunakan untuk mengoperasikan genset. Setiap panel memiliki fungsi-fungsi yang berbeda. Dengan adanya panel diharapkan kinerja genset semakin baik dan stabil serta mudah untuk digunakan. Di ABC power Genset kami menyediakan genset dengan harga genset terjangkau. Genset Perkins dan Genset Lovol dengan berbagai kapasitas. Jika Anda membutuhkan genset murah berkualitas di nomor 021-2255-7715 atau email di sales@abcpowergenset.com. Genset ABC Power memberikan genset berkualitas dengan harga genset yang bersahabat. ingat Jual genset, ingat ABC Power!!!

Write a Reply or Comment