Jika Tersengat Listrik Genset, Ini Tindakan Pencegahannya

antisipasi tersengat listrik genset
illustrasi

Sangat menyenangkan jika menjadi satu bagian dari acara besar yang diselenggarakan oleh komunitas atau untuk lingkup yang lebih besar lagi. Namun akan menjadi hal yang sebaliknya jika ternyata acara tersebut harus meninggalkan duka yang mendalam.

Ya, setidaknya itulah yang dirasakan oleh keluarga Muridan (49) pada pertengahan bulan November 2018 kemarin. Tepatnya pada tanggal 19 November 2018 lalu, Muridan dan anaknya M Amiq Thoharo (18) warga Desa Tunggulrejo, Kecamatan Gabus, Kabupaten Grobogan mengalami luka bakar serius karena tersengat listrik yang dihasilkan genset.

Cerita bermula saat di daerah tersebut sedang mengalami pemadaman listrik sejak sore hari dari PLN dan di hari yang sama, hujan turun dengan derasnya. Padahal pada waktu itu, warga kampung Desa Tunggulerjo akan menggelar sholawatan untuk acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang akan dihelat di masjid di desa tersebut, yaitu Masjid Baitul Huda.

Dikarenakan ketiadaan pasokan listrik dari PLN, maka Muridan dibantu dengan Amiq selepas salat Isya atau sekitar pukul 19.00 WIB bergegas untuk menggunakan genset agar acara dapat digelar sesuai dengan rencana.

Sayangnya, ketika Amiq sedang berusaha memeriksa kondisi bahan bakar yang digunakan untuk menyalakan genset dan ingin mengisinya jika ternyata habis, mendadak pria muda tersebut langsung lemas terkulai di lantai, karena tersengat listrik.

Mengetahui hal tersebut, Muridan selaku orang tua langsung dengan spontan bergegas mendekati anaknya dan berusaha memberikan pertolongan pertama. Namun apa dikata, ketika memegang tubuh Amiq, Muridan kemudian juga langsung roboh karena ternyata masih ada aliran listrik di tubuh anaknya itu.

Sebagai informasi, tubuh manusia merupakan konduktor listrik yang dapat membuat orang lain ikut terkena sengatan jika orang pertama sudah terlebih dahulu tersengat dan dialiri listrik. Dan pada kejadian yang menimpa kedua orang tersebut, pada waktu itu dikarenakan hujan turun, maka lantai di mana terdapat genset yang akan digunakan juga sedang basah. Jadi aliran listrik dari genset menuju tubuh Amiq dan kemudian menjalar ke tubuh Muridan dapat dengan cepat mengalir karena air juga termasuk salah satu media penghantar listrik yang baik.

Kembali ke insiden yang menimpa Amiq dan Muridan tersebut, ketika keduanya roboh di dekat genset, orang-orang sekitar mulai panik dan berusaha menolong. Namun karena takut ikut menjadi korban sengatan listrik selanjutnya, maka orang-orang sekitar mencoba mematikan genset tersebut terlebih dahulu dengna menggunakan kayu.

Setelah genset berhasil dimatikan, warga langsung menolong kedua korban yang menderita luka bakar serius. Amiq sendiri mengalami luka bakar di lengan dan betis kanannya, sedangkan Muridan mengalami luka bakar di betis dan jari-jari kaki kanannya.

Dan akhirnya, warga berinisiatif untuk langsung melarikan kedua korban ke puskesmas terdekat, Puskesmas Gabus I, agar dapat langsung ditangani pihak medis. Sayangnya ketika sudah ditangani oleh pihak medis di puskesmas tersebut, dokter yang memeriksanya mengatakan bahwa keduanya sudah meninggal dunia. Akhirnya, insiden sengatan listrik tersebut diteruskan ke pihak kepolisian atau Polres Grobogan.

Untuk menghindari tersengat listrik genset, ada baiknya Anda memasang detektor yang bisa  mendeteksi terjadinya kebocoran listrik. Jika ingin menyelamatkan korban tersetrum, pastikan menggunakan alat isolator supaya listrik tidak mengalir ke tubuh Anda. Jangan lupa juga selalu gunakan genset berkualitas seperti Genset Cummins dari ABC Power. Harga genset Cummins sendiri bervariasi tergantung pada dayanya.

Write a Reply or Comment