Kapasitas Mesin Genset, Kunci Terpenuhinya Kebutuhan Anda

gambar genset untuk sekolah ABC Power

Mendapatkan genset yang dapat menangani semua kebutuhan listrik Anda adalah salah satu aspek paling penting dari keputusan pembelian. Membeli genset baru yang tidak dapat memenuhi kebutuhan hanya akan sia-sia saja dan bisa berujung pada bahaya. Sebab dengan tingginya beban yang diberikan dan kapasitas genset kurang besar, maka ada resiko korsleting atau ledakan yang mungkin terjadi. Sayangnya, tak semua orang bisa langsung menentukan ukuran genset yang tepat. Memilih genset seringkali sangat sulit dilakukan karena melibatkan sejumlah faktor dan pertimbangan.

Variasi Ukuran Genset

Dengan kemajuan terbaru di bidang teknik listrik, genset sekarang tersedia dalam berbagai ukuran. Genset dengan kapasitas catu daya 5kW hingga 50kW sudah tersedia di pasaran baik untuk penggunaan pribadi maupun bisnis skala kecil. Sementara genset industri berkisar antara 50kW hingga lebih dari 3 Megawatt. Genset praktis dan portabel tersedia untuk rumah dan kantor kecil, tetapi bisnis yang lebih besar, pusat data, bangunan, pabrik, dan aplikasi industri perlu menggunakan genset industri berukuran jauh lebih besar untuk memenuhi kebutuhan daya yang lebih tinggi.

Daya Genset

Banyak orang yang berpikir tak masalah menggunakan jenis genset dengan kapasitas kecil untuk digunakan menjadi cadangan energi saat terjadi pemadaman. Di awal, genset mungkin bisa bertahan dengan kelebihan beban seperti itu. Tapi hal ini tidak bisa terus dilakukan karena bisa berujung bahaya. Genset yang kapasitasnya kecil akan mudah panas jika dipaksakan untuk bekerja dengan beban besar. Jika terus terjadi, maka bukan tidak mungkin akan terjadi ledakan yang memicu kebakaran. Jadi jangan menyalahkan gensetnya, sebab Anda lah yang keliru menentukan dan mempertimbangkan kapasitas genset sesuai dengan banyaknya watt yang dibutuhkan oleh peralatan elektronik yang digunakan secara bersamaan.

Harga genset bukan pertimbangan utama saat membelinya

Anda mungkin langsung tergiur melihat harga genset murah dan tak lagi melihat spesifikasi ataupun kapasitasnya. Ya, bisa mendapatkan genset berkualitas dengan harga murah memang merupakan suatu keberutungan. Tapi secara umum, genset berkualitas dengan merek terkenal sudah pasti harganya akan lebih tinggi. Hal ini cukup wajar mengingat material dan mesin yang digunakan juga sudah pasti jauh lebih berkualitas.s ecara sekilas, membeli genset dengan harga mahal mungkin akan terkesan merugikan. Tapi kalau dipikir untuk jangka panjang, genset semacam ini jauh lebih tahan lama dan Anda pun tidak perlu terlalu sering membeli spare part genset.

Pastikan beli genset dengan kapasitas yang tepat

Anda mungkin membeli genset hanya berdasarkan perkiraan saja atau budget yang dimiliki. Tapi sebenarnya saat membeli genset ada hal yang lebih penting dari hal tersebut yaitu kapasitas yang dimiliki. Pastikan kapasitas genset yang Anda beli sesuai dengan kebutuhan. Misalnya saja, jika di kantor Anda harus menyalakan 5 buah komputer secara bersamaan dan juga lampu, maka hitung masing-masing daya yang dibutuhkan oleh komputer dan juga lampu. Setelah itu, kalikan jumlah daya dengan 1,5 untuk memastikan Anda membeli genset dengan power lebih besar sehingga beban yang dimilikinya tidak terlalu besar.

Untuk Anda yang ingin membeli genset Yanmar atau genset Lovol, bisa langsung cek situs ABC Power. Ada berbagai jenis genset terbaik yang bisa Anda dapatkan dengan harga terjangkau dan garansi paling lama di Indonesia yang mencapai 2 tahun atau 2000 jam penggunaan.

atau genset Lovol, bisa langsung cek situs ABC Power. Ada berbagai jenis genset terbaik yang bisa Anda dapatkan dengan harga terjangkau dan garansi paling lama di Indonesia yang mencapai 2 tahun atau 2000 jam penggunaan.

Write a Reply or Comment