Kelebihan dan Kekurangan Mesin Genset dengan Bahan Bakar Solar dan Bensin

Generator set atau genset memang sudah dekat dengan kehidupan sehari-hari. Mesin genset ini sudah menjadi kebutuhan dalam kehidupan kita karena sangat berguna pada saat terjadi gangguan atau pemadaman listrik. Dengan adanya genset ini kita tetap dapat melakukan aktifitas seperti biasa dan tetap dapat menggunakan peralatan listrik kita. Mesin genset inipun mempunyai jenis dan harga genset yang beragam dan kebutuhan bahan bakar yang berbeda-beda.  Harga genset murah dengan kualitas yang bagus juga sudah banyak di pasaran. Mesin genset diesel salah satu yang banyak digunakan tetapi sekarang ini tidak hanya genset diesel saja, ada juga mesin genset dengan bahan bakar bensin yang banyak digunakan.

Mesin diesel menggunakan solar sebagai bahan bakarnya, terdapat pula mesin genset yang menggunakan bensin untuk bahan bakarnya. Bagaimana performa kedua mesin genset tersebut? Di sini kita akan membahas kelebihan dan kekurangan dari mesin genset dengan bahan bakar solar dan bensin. Kemudian Anda dapat menentukan pilihan pada saat akan membeli atau menyewa genset.

Genset dengan mesin diesel adalah mesin yang mengkonversi solar menjadi energi mekanik dengan proses pembakaran. Berikut beberapa kelebihan dari mesin diesel:

  1. Mempunyai torsi yang lebih besar dibandingkan mesin bensin
  2. Memiliki efisiensi bahan bakar yang tinggi
  3. Perawatan mesin diesel lebih mudah karena pada mesin diesel tidak ada busi
  4. Mesin diesel lebih tahan banting
  5. Dapat digunakan pada kapasitas yang tinggi
  6. Bahan bakar lebih murah

Selanjutnya beberapa kekurangan dari mesin diesel, yaitu:

  1. Memiliki tingkat kebisingan yang tinggi
  2. Harga biasanya lebih mahal
  3. Mesin genset diesel biasanya memiliki ukuran yang besar dan berat
  4. Gas pembuangan genset mesin diesel lebih banyak

Walaupun memiliki beberapa kekurangan, masih banyak yang menggunakan genset diesel sebagai pilihannya.

Cara kerja genset mesin bensin diawali dari pembakaran oleh listrik tegangan tinggi yang menimbulkan percikan bunga api pada celah busi untuk membakar bensin. Berikut kelebihan dari genset mesin bensin:

  1. Memiliki tingkat kebisingan yang rendah
  2. Mempunyai performa horse power yang besar
  3. Harga jual genset relatif lebih murah.

Selanjutnya beberapa kekurangan dari genset mesin bensin ini, antara lain:

  1. Lebih boros bahan bakar
  2. Daya tahan mesin bensin kurang dibandingkan mesin diesel, mesin bensin lebih cepat panas
  3. Tidak memadai untuk keperluan kapasitas besar (> 10.000Watt)
  4. Perawatan sedikit lebih susah dibandigkan mesin diesel.

Itulah tadi beberapa kelebihan dan kekurangan dari mesin diesel dan mesin bensin. Kelebihan dan kekurang di atas dapat Anda jadikan bahan pertimbangan untuk membeli atau sewa genset yang sesuai dengan kebutuhan dan daerah tempat tinggal Anda. Jika Anda membutuhkan genset untuk rumah tangga atau daerah yang terdapat aturan tentang tingkat kebisingan dan daya yang dibutuhkan tidak terlalu besar, genset mesin bensin pilihannya. Tetapi jika yang Anda butuhkan adalah genset yang dapat menghasilkan daya besar sebaiknya memilih genset mesin diesel.

            Anda membutuhkan genset murah berkualitas? Kunjungi website ABC Power Genset, di sini Anda dapat menemukan berbagai macam mesin genset terbaik. Selain jual genset, di sini juga melayani sewa genset harian, mingguan, dan bulanan. Untuk informasi lebih lanjut hubungi di nomor 021-2255-7715 atau email di sales@abcpowergenset.com.  ABC Power genset menyediakan genset berkualitas dengan harga genset yang bersahabat.

Write a Reply or Comment