Kelebihan Genset Yang Wajib Anda Ketahui

kelebihan genset abc power

Generator adalah mesin yang dapat mengubah tenaga mekanis untuk menjadi tenaga listrik dengan melalui proses induksi elektromagnetik. Generator ini telah memperoleh energi mekanis dari prime mover. Generator arus bolak-balik (AC) telah dikenal dengan sebutan alternator. Generator ini diharapkan dapat mensuplai tenaga listrik pada saat terjadi gangguan, dimana suplai tersebut akan digunakan untuk beban prioritas. Sedangkan genset (generator set) merupakan bagian dari generator. Genset juga merupakan suatu alat yang dapat mengubah energi mekanik menjadi energi listrik. Genset atau sistem generator penyaluran adalah suatu generator listrik yang telah terdiri dari panel, berenergi solar dan terdapat kincir angin yang telah ditempatkan pada suatu tempat.Genset juga dapat digunakan sebagai sistem cadangan listrik atau “off-grid” (sumber daya yang tergantung atas kebutuhan pemakai). Genset juga sering digunakan oleh rumah sakit dan industri yang mempercayakan sumber daya yang mantap, seperti halnya area pedesaan yang tidak ada akses untuk secara komersial menghasilkan listrik.

Mesin Diesel memiliki efisiensi bahan bakar yang tinggi. Dibandingkan dengan mesin bensin, mesin Diesel memiliki efisiensi bahan bakar yang jauh lebih tinggi. Secara teori, efisiensi mesin Diesel bisa mencapai 75%. Mesin Diesel memerlukan ukuran yang lebih kecil untuk memproduksi energi dan torsi yang sama dibandingkan dengan Mesin Bensin. Hal ini bisa dilihat dari mesin kapasitas besar untuk aplikasi Mesin Genset yang kebanyakan merupakan Mesin Diesel. Mesin Diesel lebih bandel dan tahan lama dibandingkan dengan Mesin Bensin. Hal ini disebabkan oleh tidak adanya sistem electrical ignition starter di Mesin Diesel dan bahan bakar Solar memiliki karakteristik lubrikan yang lebih bagus dibandingkan dengan Bensin. Mesin Diesel cenderung lebih toleran akan kualitas bahan bakar yang bervariasi, dibandingkan dengan Mesin Bensin. Hal ini cukup penting untuk aplikasi di lapangan, terutama untuk daerah di mana belum tentu tersedia bahan bakar dengan kualitas prima.

Carilah informasi di internet atau media sosial mengenai merk atau type genset tertentu, carilah informasi, bandingkan dengan yang lain. Periksa juga garansi yang diberikan dan ketersediaan distribotur atau service senter genset tersebut,termasuk harga genset. Sebelum mengoperasikan genset sebaiknya perhatikan faktor keamananya, Jangan pernah memasang genset di dalam rumah, karena hasil pembakaran genset berupa gas CO atau karbon monoksida beracun dan bisa membahayakan nyawa manusia. Letakkan genset di luar rumah dan jauhkan dari jangkauan anak-anak. Lindingilah genset anda dari terkena sinar matahari langsung dan hujan.

Prime mover atau penggerak mula merupakan peralatan yang berfungsi menghasilkan energi mekanis yang diperlukan untuk memutar rotor generator. Pada mesin diesel terjadi penyalaan sendiri, karena proses kerjanya berdasarkan udara murni yang dimampatkan di dalam silinder pada tekanan yang tinggi (± 30 atm), sehingga temperatur di dalam silinder naik. Dan pada saat itu bahan bakar disemprotkan dalam silinder yang bersuhu dan bertekanan tinggi melebihi titik nyala bahan bakar sehingga bahan bakar yang diinjeksikan akan terbakar secara otomatis. Penambahan panas atau energi senantiasa dilakukan pada tekanan yang konstan.

Tekanan gas hasil pembakaran bahan bakar dan udara akan mendorong torak yang dihubungkan dengan poros engkol menggunakan batang torak, sehingga torak dapat bergerak bolak-balik. Gerak bolak-balik torak akan diubah menjadi gerak rotasi oleh poros engkol. Dan sebaliknya gerak rotasi poros engkol juga diubah menjadi gerak bolak-balik torak pada langkah kompresi. Berdasarkan cara menganalisa sistim kerjanya, motor diesel dibedakan menjadi dua, yaitu motor diesel yang menggunakan sistim airless injection yang dianalisa dengan siklus dual dan motor diesel yang menggunakan sistim air injection yang dianalisa dengan siklus diesel.

Perbedaan antara motor diesel dan motor bensin yang nyata adalah terletak pada proses pembakaran bahan bakar, pada motor bensin pembakaran bahan bakar terjadi karena adanya loncatan api listrik yang dihasilkan oleh dua elektroda busi, sedangkan pada motor diesel pembakaran terjadi karena kenaikan temperatur campuran udara dan bahan bakar akibat kompresi torak hingga mencapai temperatur nyala. Karena prinsip penyalaan bahan bakarnya akibat tekanan maka motor diesel juga disebut compression ignition engine sedangkan motor bensin disebut spark ignition engine.

 

Write a Reply or Comment