Kenali Komponen Penting Pada Mesin Genset

injection pump Genset ABC Power

Mesin genset mulai menjadi kebutuhan rakyat Indonesia sebagai alternatif sumber daya listrik yang cukup bisa diandalkan. Untuk kebutuhan industri ataupun kebutuhan rumah tangga, mesin genset memang sangat diperlukan mengingat asupan listrik di Indonesia belum sepenuhnya menjangkau daerah-daerah terpencil. Bahkan di kota-kota besar di Indonesia masih sering dilakukan pemadaman listrik karena memang asupan listrik belum sepenuhnya bisa terpenuhi.

Pemilihan genset sebagai sumber listrik alternatif juga didukung dengan bahan bakar solar dan bensin yang masih bisa didapatkan dengan mudah. Jadi biaya yang dikeluarkan untuk bahan bakar genset dengan keuntungan pemakaiannya bisa dibilang cukup baik dan tanpa kendala. Ini yang membuat masyarakat Indonesia memilih genset. Ditambah lagi dengan banyaknya toko yang menjual genset mulai dari toko yang Jual Genset Silent hingga yang mahal sekalipun. Toko-toko tersebut berjuang untuk memberikan Harga Genset termurah. Ini tentu membuat masyarakat memiliki banyak pilihan yang disesuaikan dengan keuangan dan kebutuhan masing-masing. Tapi sebelum anda memiliki genset untuk kebutuhan sehari-hari, ada baiknya mengetahui beberapa komponen utama pada genset ini.

Mesin

Sama seperti mobil, genset memiliki mesin penggerak agar bisa beroperasi menghasilkan listrik. Ini adalah komponen paling vital pada sebuah genset yang anda beli. Semakin besar mesin gensetnya maka semakin pula kapasitas listrik yang dihasilkan. Tentu anda bisa menentukan mana kapasitas yang sesuai dengan kebutuhan anda. Kemudian hal yang perlu diketahui adalah bahan bakar dari mesin genset tersebut. Saat ini ada dua bahan bakar yang kerap digunakan dalam mesin genset yaitu bensi dan solar. Biasanya mesin genset dengan kapasitas besar menggunakan bahan bakar solar karena berbagai keuntungan seperti lebih tahan panas dan bisa dioperasikan lebih lama. Sedangkan mesin genset berbahan bakar bensin digunakan dalam kapasitas yang lebih kecil dan pemakaian yang lebih singkat.

Alternator

Bagian penting dalam genset lainnya yang perlu anda ketahui adalah alternator. Bagian alternator ini berfungsi untuk menghasikan output listrik yang disalurkan oleh mesin utama. Alternator memiliki komponen lain untuk membuat gerakan medan magnet dan listrik yaitu stator dan rotor.

Stator dan Rotor

Di dalam sebuah alternator terdapat stator dan rotor yang bisa menghasikan listrik. Stator memiliki kumparan kawat yang bisa memotong medan magnet saat generator berputar. Stator tidak berputar atau disebut bagian yang statis. Sedangkan rotor adalah komponen yang melakukan gerakan untuk menghasilkan medan magnet. Bagian rotor ini akan bergerak dengan 3 cara yaitu dengan metode induksi, magnet permanen, atau menggunakan exciter. Rotor yang bergerak akan menghasilkan medan magnet dan menginduksi tegangan yang akan menghasilkan arus bolak-balik dari generator.

Beberapa komponen di atas merupakan komponen terpenting dalam sebuah genset meski sebenarnya ada banyak komponen yang membuat mesin genset bekerja menghasilkan energi listrik. Tapi yang terpenting adalah kapasitas yang disesuaikan dengan kebutuhan anda. Jika anda membutuhkan sumber daya listrik untuk rumah saat pemadaman dari PLN, alangkah baiknya memilih genset yang memiliki voltase kecil. Namun jika anda adalah pelaku industri dan wirausaha yang membutuhkan listrik yang stabil, maka genset dengan kapastias voltase besar dan berbahan bakar solar bisa jadi pilihan. Penggunaan solar juga dirasa lebih murah dibandingkan dengan genset yang menggunakan bahan bakar bensin.

Itu dia beberapa komponen yang sebaiknya anda ketahui sebelum membeli genset di toko listrik terdekat. Pertimbangkan kualitas yang bagus meski mereknya tidak terlalu terkenal karena saat ini sudah banyak produsen genset yang memiliki kualitas bagus namun harganya bisa lebih terjangkau.

Baca Juga: 4 Gangguan Listrik yang Sering Dialami Oleh Pengguna Alat Elektronik

Write a Reply or Comment