Kerusakan Pada Genset yang Paling Fatal dan Cara Memperbaikinya

Penyebab masalah-masalah pada genset dan cara memperbaikinya

Berbagai macam peralatan teknlogi canggih di zaman modern seperti ini pada umumnya membutuhkan daya listrik. Oleh karena itu, listrik sudah menjadi hal yang membuat manusia di bumi ini memiliki ketergantungan. Listrik di suatu tempat atau di sebuah Negara haruslah stabil, agar segala pekerjaan sehari-hari dapat berjalan dengan lancar dan juga pastinya juga memiliki dampak pada kemajuan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Namun apa jadinya jika listrik tidak stabil dan mengalami pemadaman secara tiba-tiba? Pemadaman ini bukanlah hal yang disengaja, seringkali pemadaman terjadi akibat cuaca ekstrim atau pun sedang adanya perbaikan pada mesin PLN. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda tidak perlu khawatir karena ada mesin genset yang mudah untuk ditemukan dan digunakan sebagai cadangan daya listrik yang sangat bermanfaat.

Mesin genset memang bisa sangat membantu Anda dalam menghadapi keadaan genting dikala mati listrik, namun genset yang tidak dioperasikan atau dirawat dengan benar bisa mengalami berbagai masalah. Apa saja kerusakan pada genset yang fatal terjadi? Berikut 3 masalah dan juga cara mengatasinya.

Mesin Genset Tidak Dapat Menyala

Salah satu kerusakan pada genset yang paling fatal terjadi adalah ketika mesin genset tidak dapat menyala. Kerusakan ini ditandai oleh mesin yang tidak kunjung mengeluarkan bunyi meskipun mesin genset telah dinyalakan berulang kali.

Penyebab kerusakan pada genset ini umumnya terjadi karena baterai yang sudah lemah atau bahkan sudah mati. Cara mengatasinya sangatlah mudah yaitu dengan menggantinya dengan baterai yang baru. Penyebab lainnya yaitu karena kawat pada mesin genset sudah kendor atau bahkan putus. Cara mengatasinya yaitu dengan mengganti kawat atau memasang kawat tersebut menjadi lebih erat dari yang sebelumnya.

Mesin Genset Mendadak Mati

Kerusakan pada genset yang fatal selanjutnya yaitu mesin genset yang mengalami mati secara mendadak. Genset rusak ini terjadi ketika mesin genset tengah menyala dan berfungsi seperti biasanya, namun saat beroperasi mesin genset mati tanpa alasan yang jelas. Hal ini tentunya akan membuat Anda bertanya-tanya apa yang menyebabkan hal tersebut terjadi.

Ada banyak penyebab yang dapat membuat genset mati secara mendadak, namun yang paling sering terjadi yaitu akibat mesin genset terisi air terlalu banyak. Hal ini terjadi ketika mesin menyala dan air yang berada di dalam tangki bahan bakar berpindah tempat. Cara untuk mengatasinya sangatlah mudah, yaitu dengan membuang air dan juga udara dalam pipa.

Penyebab lainnya yang membuat genset rusak dan mati secara mendadak adalah karena lubang ventilasi pada bahan bakar atau pada katup tersumbat. Cara mengatasinya yaitu dengan membersihkan sumbatan yang ada pada lubang ventilasi atau pada katup tersebut dengan menggunakan kain lap agar mesin genset dapat menyala kembali dengan normal.

Mesin Genset Tidak Memiliki Daya

Setiap mesin untuk befungsi harus memiliki daya untuk bekerja secara maksimal. Namun kadangkali mesin tidak memiliki daya saat mesin menyala dan hal tersebut membuat kerja mesin genset menjadi sia-sia. Hal ini sering disebabkan plunyer pompa mengalami aus dan cara mengatasinya yaitu mengganti dengan yang baru.

Penyebab lainnya yang bisa menyebabkan genset rusak tidak memiliki daya yaitu terjadi kebocoran pada rumah katub dan harus segera Anda perbaiki atau mengganti dengan katub yang baru.

Itulah beberapa macam kerusakan pada genset yang fatal dan juga cara mengatasinya yang mudah untuk Anda lakukan. Selalu pastikan jika Anda telah menggunakan genset murah yang orisinil dan berkualitas agar tidak sering mengalami kerusakan. Anda bisa memilih Genset ABC Power yang ditawarkan oleh distributor diesel genset terbesar di Indonesia dengan ribuan produk yang telah dipercaya dan digunakan oleh berbagai macam industri.

Bukan hanya jual genset, ABC Power juga sewa genset untuk Anda yang ingin menggunakan genset baik secara harian, mingguan atau pun bulanan. Hubungi segera ke nomor 021-2255-2501 atau melalui email ke sales@abcpowergenset.com untuk mendapatkan informasi selengkapnya.

Write a Reply or Comment