Ketum Partai Kunjungi Palu Dan Donggala Bawa Tenda Dan Genset

bantuan berupa genset

Bencana alam yang menerjang Kabupaten Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah beberapa waktu lalu memang memantik reaksi dari banyak pihak tak terkecuali partai politik. Banyak petinggi partai politik yang terlihat mengunjungi lokasi bencana seperti Ketua Umum Partai Golka, Airlangga Hartanto. Airlangga sendiri datang sambil membawa bantuan berupa tenda dan juga genset yang diharapkan bisa membantu memenuhi ketersediaan listrik di saat sebagian besar gardu di Palu lumpuh total.

Airlangga menuturkan, genset tersebut bisa digunakan untuk menerangi lokasi pengungsian dan juga dapat dipakai untuk mengisi daya berbagai alat elektronik, termasuk telepon genggam. Hal ini juga sangat penting karena telepon genggam bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan keluarga para pengungsi. Di waktu yang bersamaan, Airlangga juga menuturkan keprihatinannya akan gempa yang terjadi di Palu dan Donggala.

Ia berharap para korban diberikan kesabaran dalam menghadapi proses pemulihan pasca bencana, termasuk mereka yang kehilangan keluarga dan orang-orang terdekatnya. Airlangga menuturkan, partai Golkar akan berupaya sekuat mungkin untuk membantu meringankan beban para korban. Airlangga juga menuturkan  bahwa dirinya selaku ketua umum partai sudah memberikan instruksi kepada anggotanya untuk ikut turun tangan membantu para korban gempa dan tsunami yang ada di Palu.

Tak hanya itu saja, Airlangga juga menuturkan kalau Partai Golkar memiliki kebijakan tersendiri mengenai anggaran di dalam APBN tahun 2019 untuk membantu memulihkan kondisi di Sulawesi Tengah dan juga NTB usai terjadinya gempa serta tsunami tersebut. Menurut Airlangga, nantinya dana yang sudah dianggarkan akan digunakan untuk proses rehabilitasi sepenuhnya. Rehabilitasi tersebut tentunya membutuhkan dana yang tidak sedikit, apalagi dengan banyaknya bangunan yang ikut hancur dalam musibah tersebut, termasuk banyak di antaranya fasilitas publik.

Airlangga juga turut mengimbau pemerintah pusat untuk memberikan anggaran dana yang besar agar mempercepat pemulihan di daerah gempa. Tak hanya Airlangga saja yang pada saat itu datang langsung ke Palu dan sekitarnya untuk memberikan bantuan tenda dan genset, namun ada juga Lodewijk Paulus sebagai Sekjen Parati Golkar, Kesra Roem Kono dan juga Azis Syamsudin sebagai Ketua Korbid Jesra dan Ekonomi, serta tak ketinggalan Rizal Malarangeng yang merupakan Ketua DPP Partai Golkar Jakarta.

Tenda dan genset sendiri memang menjadi salah satu kebutuhan pokok di Palu, Donggala, dan beberapa daerah lain yang mengalami bencana. Tenda dibutuhkan untuk memberikan tempat istirahat yang layak bagi para korban bencana, terutama mereka yang mengalami luka dan butuh perawatan khusus. Seperti diketahui, sebagian besar rumah sakit yang ada di Palu juga terkena dampak bencana sehingga pasien terpaksa dipindahkan ke tenda-tenda darurat.

Sedangkan genset sendiri berperan penting untuk menyediakan aliran listrik di kota Palu dan juga Donggala. Akibat benca gempa dan tsunami tersebut, 5 dari 7 gardu listrik milik PLN tidak dapat dioperasikan sehingga sebagian besar wilayah gelap gulita di malam hari. Hal tersebut tentu membuat aktivitas korban dan relawan untuk memulihkan kondisi pasca bencana menjadi semakin sulit.

Genset sendiri tak cuma penting di daerah bencana, namun juga perlu dimiliki oleh pelaku bisnis. Terutama yang memiliki pabrik dengan mesin-mesin yang bekerja melalui listrik, genset akan jadi investasi yang bagus di saat terjadi pemadaman dalam waktu lama. Banyak kok, harga genset murah di Indonesia seperti genset Perkins buatan Inggris yang kualitasnya tak perlu diragukan lagi.

Write a Reply or Comment