Ingin Bisnis Kantoran Tetap Lancar, Ini Kriteria Genset yang Harus Dipilih

generator set untuk bisnis

Mungkin dalam beberapa dekade lalu, banyak anggapan bahwa membeli genset bukanlah satu prioritas karena memang selain harganya yang mahal, penggunaannya pun sangat jarang. Namun seiring dengan perkembangan zaman, selain pabrik, banyak juga perkantoran atau tempat-tempat usaha lain seperti hotel, cafe sampai dengan kios-kios kecil yang sudah melengkapi diri dengan mesin genset agar ketika terjadi pemadaman listrik berdurasi lama.

Menjadi satu hal yang cukup masuk akal kenapa genset sekarang ini dianggap sebagai salah satu perangkat mesin yang sangat dibutuhkan, karena pada dasarnya semua orang apalagi institusi atau perkantoran dan bidang usaha lain sangat membutuhkan pasokan listrik untuk menjalankan aktivitas dan produktivitas mereka. Dan akan menjadi satu hal yang runyam ketika secara tiba-tiba terjadi pemadaman listrik oleh PLN.

Hanya saja, dibandingkan dengan genset yang dipergunakan untuk pabrik, mesin-mesin genset untuk perkantoran atau tempat usaha lainnya berbeda. Salah satu alasan yang membuat genset untuk pabrik dan untuk yang digunakan di tempat berskala kecil atau menengah adalah kebutuhan akan listriknya. Untuk itu, ada beberapa hal yang patut dipikirkan ketika ingin membeli genset yang dipergunakan untuk kantor atau bidang usaha lainnya.

Cara memilih mesin genset untuk perkantoran

Pada dasarnya, memilih mesin genset tersebut sama seperti ketika Anda ingin membeli mesin-mesin lain pada umumnya. Ada hal-hal khusus yang patut dipertimbangkan dan diperhatikan agar nantinya sesuai dengan yang diharapkan. Begitu pula dengan pemilihan genset untuk perkantoran. Berikut ini adalah tips-tips sederhana untuk memilih genset untuk kantor dan bidang usaha kecil sampai menengah lainnya.

Penentuan daya

Satu hal yang paling mendasar dan wajib diperhitungan dan diperhatikan sebelum membeli genset adalah masalah berapa besar daya yang dapat dihasilkan oleh mesin tersebut ketika dijalankan dan digunakan. Jadi, ketika ingin membeli sebuah mesin genset, maka sebelumnya Anda wajib menghitung atau setidaknya mengetahui terlebih dahulu berapa besar daya listrik yang Anda butuhkan untuk dapat digunakan di berbagai perangkat elektronik yang ada. Mungkin untuk skala rumahan, mesi genset yang tepat adalah yang mampu menghasilkan daya dari 1KVA sampai 4KVA, akan tetapi jika skalanya lebih besar dari rumah, maka secara logika adalah lebih tinggi dari itu atau sekitar 5 sampai 6 KVA atau di atasnya.

Ukuran dan berat

Tentu saja, dikarenakan bukan skala pabrikan yang memiliki tempat cukup luas, maka hendaklah untuk mempertimbangkan sisi ukuran dan berat dari mesin genset tersebut sebelum membelinya. Pertimbangan ukuran ini berfungsi agar tidak memakan banyak tempat di lokasi kerja, sedangkan untuk masalah beratnya adalah agar dapat lebih mudah dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain. Oleh karenanya, pertimbangkan pula genset-genset yang telah dilengkapi dengan roda-roda pada bagian bawahnya agar tidak menghambat produktivitas dan dapat dipindahkan dengan cepat.

Jenis mesinnya

Setelah 2 poin di atas terpikirkan, maka hal lain yang tak kalah penting untuk dijadikan pertimbangan adalah masalah jenis mesinnya. Ada 2 jenis mesin genset yang selama ini beredar di pasaran, yaitu 2 dan 4 stroke. Genset 4 stroke inimeggunakan bahan bakar yang bukan campuran namun harganya masih tergolong mahal, sedangkan genset 2 stroke, bahan bakar yang dipakai adalah campuran, namun dari segi harga lebih mudah dibanding yang 4 stroke. Jadi jika Anda ingin genset murah, maka pertimbangkan untuk membeli yang berjenis 2 stroke.

Write a Reply or Comment