Macam-Macam Pembangkit Listrik Saat Ini

Pembangkit listrik adalah alat yang mampu memproduksi energi listrik. Bagian utama dari pembangkit listrik ini adalah generator, yakni mesin berputar yang mengubah energi mekanis menjadi energi listrik dengan menggunakan prinsip medan magnet dan penghantar listrik. Mesin generator ini diaktifkan dengan menggunakan berbagai sumber energi yang sangat bemanfaat dalam suatu pembangkit listrik.

Saat ini ada banyak sekali jenis pembangkit listrik baik yang ada di Indonesia maupun luar negeri. Beberapa diantaranya adalah pembangkit listrik tenaga uap, tenaga air, tenaga surya atau matahari, tenaga diesel, tenaga nuklir, tenaga gas, dan masih banyak lagi yang lain. Berikut penjelasan yang lebih detail tentang macam-macam pembangkit listrik:

  1. Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA)

Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) merupakan pembangkit listrik yang menggunakan aliran air untuk menggerakkan turbin pada generatornya. Pembangkit listrik ini sangat erat kaitannya dengan bendungan, waduk dan sungai. Air di sungai kemudian dialirkan dan menggerakkan turbin generator sehingga menghasilkan energi listrik, biasanya yg menggunakan energy listrik ini berasal dari warga pedesaan.

  1. Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU)

Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) adalah pembangkit listrik yang memanfaatkan uap hasil pemanasan ketel uap alias boiler untuk menggerakkan turbin pada generator. Jadi energi utama yang digunakan pada PLTU adalah bahan bakar yang nantinya digunakan untuk memanaskan air sehingga menimbulkan uap penggerak turbin generator penghasil listrik.

  1. Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)

Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) adalah pembangkit listrik yang sering digunakan di skala rumahan meskipun sudah mulai banyak gedung-gedung besar menggunakannya. cara kerja dari pembangkit listrik tenaga surya adalah memanfaatkan panel surya untuk menyimpan energi listrik dari panas ke dalam baterai. Energi listrik tersebut dapat digunakan sewaktu-waktu saat dibutuhkan. PLTS sebenarnya sangat cocok dikembangkan di Indonesia mengingat iklim yang ada di Negara ini.

  1. Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG)

Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) adalah pembangkit listrik listrik yang memanfaatkan gas sebagai bahan utamanya untuk menggerakan turbin generator. Gas yang berada dalam ruang pembakaran akan memiliki tekanan tinggi yang mampu menggerakkan turbin. Pembangkit listrik jenis ini menggunakan bahan bakar baik cair (liquid) maupun gas.

  1. Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP)

Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) adalah pembangkit listrik yang memanfaatkan panas uap bumi untuk menggerakkan turbin. Untuk prinsip kerja dari PLTP sebenarnya sama seperti PLTU. Hanya saja, uap panas yang dihasilkan langsung dari panas bumi. Jadi PLTP banyak ditemukan di pegunungan.

  1. Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD)

Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) adalah pembangkit listrik yang menggunakan bahan bakar solar. Biasanya pembangkit listrik jenis ini hanya digunakan untuk skala rumahan saja. Putaran pada poros diesel dapat menggerakkan generator sehingga menghasilkan energi listrik. PLTD biasanya banyak dihasilkan oleh genset, banyak kapasitas genset untuk perumahan dengan harga genset yang tidak terlalu mahal dan juga semakin banyak perusahaan yang melakukan bisnis jual genset sehingga banyak pilihan harga, merek dan kualitas yang bersaing. perusahaan belomba-lomba untuk menjual genset murah dengan penawaran yang cukup menggiurkan pelanggan untuk membelinya.

  1. Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN)

Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) merupakan pembangkit listrik yang bahan bakarnya menggunakan reaksi pembelahan inti urianium dalam reaktor nuklir. Jadi lebih ramah lingkungan dibanding dengan menggunakan bahan bakar seperti batubara, minyak, gas, dan lainnya. Prinsip kerja dari PLTN ini tak berbeda dari pembangkit listrik konvensional.Di Indonesia PLTN masih di kembangkan dan masih perlunya penelitian yang lebih mendalam.

  1. Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB)

Pembangkit Listrik Tenaga Bayu/Angin (PLTB) adalah pembangkit listrik yang memanfaatkan tenaga angin. Turbin angin yang digunakan akan berputar sehingga generator akan berputar dan kemudian akan menghasilkan energi listrik, listrik ini biasanya dialirkan melalui transmisi. Dalam membangun PLTB ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi diantaranya adalah kecepatan dan kestabilan angin.

Demikian penjelasan tentang macam-macam pembangkit listrik. Seiring perkembangan zaman semakin banyak sebenarnya jenis-jenis pembangkit listrik yang ada. Pembangkit listrik diatas merupakan yang sering digunakan pada masyarakat dunia pada umumnya.

Write a Reply or Comment