Manfaat dan Cara Memilih Genset yang Bagus untuk di Rumah Anda

generator set untuk perumahan

Peran genset sangatlah penting untuk digunakan ketika mengalami pemadaman listrik secara mendadak. Bukan hanya di instansi seperti perkantoran, pabrik, supermarket dan lainnya saja yang memerlukan genset, tetapi untuk di rumah saja memerlukan adanya genset. Hal tersebut dikarenakan segala pekerjaan dan aktivitas sehari-hari yang biasa dilakukan di rumah menjadi tidak terhambat dan tetap dapat dilakukan dengan baik.

Berikut beberapa manfaat genset:

  • Genset akan membantu perangkat elektronik di rumah Anda tetap berfungsi seperti lemari es, televisi, komputer, mesin cuci, kipas angin, dan lainnya.
  • Genset dapat digunakan selama berjam-jam.
  • Bahan bakarnya bisa menggunakan solar.
  • Tidak memiliki busi pada mesinnya, sehingga sangat aman untuk digunakan.
  • Manfaat genset lainnya yaitu genset tidak terhubung langsung dari sistem aliran listrik rumah, sehingga tidak akan merusak genset Anda.

Lalu bagaimana cara memilih genset yang benar? Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

Menentukan daya atau watt yang sesuai

Tentukan jumlah daya output yang Anda perlukan dari mesin genset. Setelah Anda mengetahui kebutuhan listrik di rumah Anda, carilah genset dengan ukuran lebih besar dari kebutuhan.

Melihat kebutuhan genset

Mesin genset sebaiknya diletakkan di luar rumah dengan jarak yang cukup jauh dari rumah. Hal itu menyebabkan genset memerlukan kabel yang panjang, perhatikan perlindungan kabel di luar sehingga tidak berbahay ketika musim hujan datang.

Pertimbangkan berat genset

Cara memilih genset untuk di rumah yaitu dengan memperhatikan berat dari genset. Genset dengan bobot yang ringan biasanya menghasilkan daya yang lebih tinggi, sehingga jika Anda hanya membutuhkan genset untuk kebutuhan rumah, maka diesel Anda akan memiliki bobot yang berat dan memiliki harga yang lebih murah.

Jenis Mesin

Jenis genset ada bermacam-macam berdasarkan bahan bakarnya. Terdapat mesin diesel yang memiliki 4 stroke dengan bahan bakar yang murni atau tidak dicampur dan juga terdapat jenis genset dengan 2 stroke dan membutuhkan bahan bakar yang lebih rumit dibandingkan dengan mesin dengan 4 stroke.

Sebaiknya pilihlah mesin diesel yang memiliki suhu yang tidak terlalu tinggi ketika digunakan. Hal tersebut untuk menjaga mesin diesel agar tetap terjaga pada musim panas. Karena jika mesin diesel terlalu panas ketika digunakan, maka bisa menyebabkan kondisi mesin akan menjadi semakin panas dan genset akan mudah rusak.

Pilih genset sesuai dengan bahan bakar yang diinginkan

Genset yang direkomendasikan untuk Anda adalah genset dengan berbahan bakar bensin. Namun Anda juga bisa memilih genset dengan bahan bakar lain yang dapat membantu Anda dalam menghemat biaya penggunaan mesin genset. Perhatikan saat menggunakan genset dan pastikan Anda mengetahui kebutuhan dari genset, misalnya seberapa banyak bahan bakar untuk menjalankan mesin genset selama beberapa jam, hal tersebut penting untuk menghindari terjadinya kehabisan bahan bakar ketika mesin genset digunakan.

Itulah manfaat genset dan cara memilih genset untuk di rumah Anda. Ketahui juga cara menggunakan genset dan hal-hal penting lainnya seperti spesifikasi, instalansi, rekomendasi mengenai harga genset terbaik untuk Anda di ABC Power. ABC Power juga memenuhi kebutuhan Anda yang membutuhkan genset dengan berbagai pilihan kapasitas genset mulai dari 8 hingga 3000KVA dengan kualitas terbaik. Jika anda ingin membeli genset  atau sewa genset Hubungi segera melalui nomor telepon 021-2255-2501 atau melalui email ke sales@abcpowergenset.com sekarang juga untuk memenuhi kebutuhan listrik Anda.

 

Write a Reply or Comment