Mau Beli Genset Bekas? Baca Dulu 4 Tips Berikut

tips jual beli genset kondisi seken / bekas

Memiliki cadangan daya listrik seperti mesin genset diesel memang sangatlah penting dan bermanfaat saat terjadi pemadaman listrik secara tiba-tiba. Namun untuk menghemat biaya banyak orang atau bahkan Anda salah satunya yang ingin membeli genset bekas atau second. Memang tidak salahnya, namun alangkah baiknya jika sebelum Anda memutuskan untuk membeli ataupun menjual sebuah genset bekas, pastikan beberapa tips berikut agar tidak salah beli dan mengeluarkan uang secara sia-sia.

1. Perhatikan Usia dan Sejarah Pemakaian

Periksalah odometer pada genset bekas yang ingin Anda beli untuk mengetahui sudah berapa jam genset tersebut dipakai. Ketahui juga genset bekas yang Anda beli pernah dipakai untuk keperluan apa. Apakah genset dipakai dalam kegiatan sehari-hari secara terus-menerus atau hanya digunakan sebagai mesin cadangan saja. Genset yang digunakan sebagai cadangan saja biasanya memiliki perawatan yang lebih baik dibandingkan genset yang dipakai secara terus-menerus sebagai sumber tenaga utama.

2. Ketahui Tingkat Perawatan Pemakaian Terdahulu

Untuk mengetahui tingkat perawatan genset bekas yang ingin dibeli, Anda bisa mengukur tingkat keahlian dari penjual dengan menanyakan prosedur yang digunakan untuk mengoperasikan dan apakah mereka memiliki alat testing untuk kerja di tempat klien, lalu apakah staff mereka memiliki sertifikasi.

Hal ini penting karena genset yang dirawat dengan baik maupun genset yang dirakit ulang mempunyai hidup yang lebih lama dibandingkan dengan genset yang berpindah tangan dari penjual ke pengguna.

3. Kerusakan Fisik Pada Genset

Langkah selanjutnya saat ingin membeli genset bekas yaitu dengan melakukan pemeriksaan pada semua komponen mekanis yang terkena dampak kerusakan, apakah komponen mengalami keretakkan atau pun kerusakan. Jika Anda menemukannya maka gantilah komponan tersebut dengan sparepat yang sudah dianjurkan oleh produsen.

Lakukan juga tes beban kinerja untuk menentukan efisiensi dari keseluruhan kekuatan genset. Seberapa baik sebuah genset dalam merespon macam-macam penggunaan berat akan memberitahu Anda seberapa batas kekuatan dari genset tersebut.

Jenis dari output kekuatan elektrik sebuah genset akan memberikan indikasi mengenai kondisi dari genset tersebut. Pemeriksaan perlu dilakukan secara berkala untuk mendapatkan hasil yang terbaik dan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

4. Garansi

Membeli genset bekas memang tidak bisa mendapatkan garansi jangka panjang, tetapi umumnya, penjual yang profesional dan terpercaya akan memberikan garansi 1-3 bulan setelah pembelian.

Itulah 4 tips dalam membeli genset bekas yang perlu Anda perhatikan. Jika Anda masih belum yakin, Anda bisa berkonsultasi mengenai spesifikasi, instalansi, rekomendasi dan harga genset terbaik dengan product specialist ABC Power secara GRATIS, tanpa dipungut biaya atau komitmen apapun.

ABC Power jual genset berkualitas dan juga sewa genset baik untuk harian, mingguan atau pun bulanan dengan berbagai macam pilih merek genset dan kapasitas sesuai dengan kebutuhan. Hubungi segera untuk mendapatkan genset terbaik ke nomor 021-2255-2501 atau melalui email ke sales@abcpowergenset.com sekarang juga.

Write a Reply or Comment