Begini Cara Paling Tepat Dalam Membersihkan Filter Genset

membersihkan filter genset ABC Power

Jika Anda jual genset ataupun pengguna genset, Anda perlu mengetahui seluk beluk dan pengetahuan soal genset. Salah satunya adalah soal filter genset yang selama ini cukup vital dalam operasional genset di rumah, gedung, toko, maupun pabrik. Genset merupakan mesin yang terdiri dari motor penggerak dan motor listrik. Mesin tersebut juga dilengkapi dengan beberapa komponen, salah satunya adalah filter.

Filter digunakan untuk menyaring udara melalui bagian karburator genset. Ketika genset setiap hari digunakan, maka lama kelaamaan bagian filter akan penuh dengan kotoran. Kotoran ini nantinya akan mengganggu jalannya filter yang berpengaruh pada ketidaknormalan mesin genset.

Untuk itulah filter pada genset harus dibersihkan secara rutin supaya kinerja genset tidak terganggu. Namun yang perlu diperhatikan adalah pembersihan filter genset tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Ada teknik khusus yang diberlakukan berbeda untuk masing-masing bahan filter. Berikut penjelasannya.

Cara membersihkan filter genset dengan bahan stainless steel

Sekilas proses pembersihan filter dari bahan ini terkesan rumit, padahal kenayataannya tak serumit yang dibayangkan. Berikut langkah-langkah yang perlu Anda tempuh.

  • Bersihkan dengan menggunakan air mengalir, sabun, serta sikat gigi untuk menggosok bagian atas dan bawah filter genset.
  • Lepaskan bagian atas dan bawah filter lalu lepaskan penutup saringan.
  • Lepaskan filter dengan casingnya lalu bersihkan dengan air dan sabun.
  • Setelah bersih, keringkan lalu pasang kembali pada bagian casing filter.
  • Lalu periksa kembali bagian karburator dan psatikan semuanya aman terkendali.

Cara membersihkan filter genset dengan bahan spoon

Sebelum membersihkan filter jenis ini, lihatlah terlebih dahulu apakah spoons filter sangat kotor atau tidak. Jika sangat kotor, gunakan bensin untuk membersihkannya. Caranya mudah, cukup rendam spoons yang kotor pada bensin, lalu peras maksimal supaya bekas bensin tidak tersisa di spoons. Kemudian bilas dengan air bersih dan sabun. Namun jika spoons tidak terlalu kotor, cukup bersihkan dengan menggunakan air dan sabun saja seperti pada filter berbahan stainless steel.

Filter bahan spoons masih terus bisa digunakan jika permukaannya masih bagus dan tidak rusak. Tapi ketika permukaan filter rusak, sebaiknya gantilah dengan spoons yang baru.

Cara membersihkan filter genset dengan bahan serat katun

Untuk filter yang berbahan serat katun, prosesnya sedikit lebih rumit ketimbang dua bahan sebelumnya. Anda masih harus membersihkannya dengan menggunakan air bersih yang mengalir, serta ditambah dengan cairan khusus yang diperuntukkan bagi filter genset berbahan serat katun.

Anda juga perlu menambahkan oli pada filter genset agar filter tersebut benar-benar bersih. Berikut ini detail cara membersihkannya.

  • Lepas bagian penyangga filter genset berbahan serat katun, lalu ketuk-ketuk secara pelan bagian penyangganya sampai debu dan kotoran yang menempel pada serta katun bisa keluar semua.
  • Gunakan penyangga berupa bantalan empuk ketika mengetuk-ngetuk bagian filter.
  • Aliri filter genset dengan air bersih lalu semprotkan cairan khusus secara bersamaan.
  • Diamkan selama kurang lebih 5 menit lalu bilas dengan menggunakan air sisa pencucian yang sekiranya masih terlihat bening.
  • Keringkan dengan kompresor yang tekanannya rendah lalu lapisi filter dengan menggunakan oli.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda terapkan saat membersihkan filter genset. Cukup mudah jika Anda mempraktekkannya langsung dan merutinkan pembersihan tersebut. Jika bagian filter kerap dibersihkan, maka mesin genset Anda akan lebih awet dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama.

 

Write a Reply or Comment