Lakukan 5 Hal Ini Untuk Membuat Barang Elektronik Anda Awet

cara menghitung PK AC

Saat ini barang-barang elektronik bukanlah dikategorikan sebagai produk mewah. Hampir di sebuah rumah terdapat barang yang difungsikan untuk memenuhi kebutuhan manusia bahkan ada yang bekerja dengan barang-barang tersebut. Ini yang membuat industry barang elektronik semakin maju karena semakin banyak pilihan dan produsen barang-barang elektronik tahu betul bagaimana memperlakukan konsumennya. Setiap tahun ada inovasi barang elektronik yang memudahkan manusia. Jadi mau tidak mau masyarakat pun akhirnya banyak yang tergantung dengan barang elektronik. Kehadiran listrik di setiap rumah telah membuat barang elektronik menjadi pilihan terbaik karena sumber daya yang mudah didapat dan tentunya murah.

Tapi tentu setiap barang elektronik memiliki kelemahan tersendiri. Meski setiap produsen memberikan garansi dari produk-produknya, tapi barang elektronik ini akan cepat rusak jika tidak dirawat dengan baik. Selain perawatan rutin, anda juga perlu mempertimbangkan cara menggunakannya dan cara penyimpanannya.Berikut ini beberapa hal yang perlu anda ketahui untuk merawat barang-eletronik anda agar awet dan selalu berfungsi dengan baik hingga bertahun-tahun.

Perhatikan penempatan yang benar

Setiap produsen barang elektronik memiliki cara perawatan yang berbeda-beda yang telah diinformasikan dalam kotak pembelian. Tentu saja hal ini sering diabaikan oleh para pengguna terutama pengguna awan. Hal yang perlu diperhatikan adalah tentang penempatan barang elektronik di dalam rumah yang butuh perhatian khusus. Biasanya barang elektronik akan mengeluarkan panas saat digunakan. Untuk itu penempatan yang benar akan mempengaruhi panas yang dihasilkan di sekitar barang elektronik dan udara di sekitarnya. Tempatkan barang elektronik dengan sirkulasi udara yag baik agar panas tidak mengumpul di sekitarnya. Jika panas ini tetap bertahan maka kemungkinan barang elektronik akan kepanasan sehingga memicu kerusakan yang tidak diinginkan. Anda juga perlu memperhatikan sinar matahari langsung yang mungkin mengenai bagian dari barang elektronik anda karena ada beberapa komponen yang akan cepat usang jika terkena sinar matahari langsung. Selain itu hindarkan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan untuk elektronik yang cukup sensitif dan berbahaya dalam penggunaannya.

Beri waktu istirahat

Layaknya manusia, elektronik juga butuh istirahat agar bisa berfungsi dengan baik dan juga awet. Usahakan untuk mematikan perangkat elektronik bila tak digunakan. Komponen listrik dalam produk akan menimbulkan panas dan ketika dimatikan maka panas akan hilang hingga nanti digunakan lagi. Jadi usahakan tidak menghidupkan barang elektronik terus menerus.

Lakukan servis di tempat yang benar

Barang elektronik yang digunakan setiap hari berpotensi rusak pada bagian tertentu dan bisa normal kembali saat diperbaiki atau diganti komponennya. Jika anda tidak menguasai hal ini, alangkah bainknya serahkan kepada jasa servis yang lebih professional untuk menghindari kerusakan yang lebih parah. Jika produk masih dalam masa garansi, maka mengembalikannya ke toko tempat anda membeli adalah solusi tepat ketimbang membuka dan mencoba-coba memperbaikinya sendiri.

Jangan sering memindah barang elektronik

Barang elektronik memang dibuat sedemikian rupa untuk pemakaian jangka panjang. Jadi sebaiknya anda memikirkan dengan baik dimana barang tersebut akan ditempatkan untuk waktu yang lama. Sering memindahkan  barang elektronik apalagi yang sudah aktif dipakai beresiko  komponennya akan ikut bergeser dan rusak. Padahal saat digunakan seperti biasa tidak ada kendala. Jika memang hendak memindahkan lebih baik tidak dipakai beberapa jam sebelum dipindahkan untuk membuat komponen di dalamnya tidak aktif. Ada beberapa komponen yang masih menyimpan arus listrik beberapa jam setelah dipakai.

Pastikan arus listrik stabil

Percuma anda membeli elektronik berkualitas dan mahal jika kondisi kelistrikan di rumah anda tidak baik. Arus listrik yang tidak stabil bisa membuat komponen listrik bermasalah dan cepat rusak. Jika ini yang terjadi berarti anda harus menyiapkan tenaga listrik dari sumber yang lain seperti genset. Banyak toko yang Jual Genset dengan Harga Genset yang murah dan anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan anda.

Baca Juga: Pekerjaanmu Tersita Karena Mati Listrik? ABC Power Genset Solusinya!

Write a Reply or Comment