Mengenal Beberapa Kerusakan Genset dan Cara Memperbaikinya

open type genset high quality abc power

Sumber energi yang paling banyak digunakan sekarang ini adalah energi listrik. Hampir semua peralatan yang digunakan menggunakan listrik sebagai sumber dayanya. Energi listrik dihasilkan dari pembangkit tenaga listrik. Ada beberapa macam tenaga untuk pembangkit listrik, yaitu pembangkit tenaga listrik nuklir, pembangkit tenaga listrik air, dan pembangkit tenaga listrik angin. Dalam pembangkit ini terdapat mesin yang dapat menghasilkan daya listrik, cara kerja pembangkit tersebut yang diadaptasi menjadi genset.

Genset menjadi alat untuk menghasilkan daya listrik cadangan disaat terjadi gangguan atau pemadaman dari PLN. Genset sekarang ini banyak digunakan karena kebutuhan sumber daya listrik semakin besar. Perusahaan industri, perusahaan non industri, dan rumah tangga membutuhkan genset agar segala aktifitas dapat berjalan dengan baik tidak terganggu karena terjadi gangguan atau pemadaman. Genset pun lebih mudah didapatkan, banyak toko online maupun offline yang jual genset baru dan bekas, ada pula yang menawarkan jasa sewa genset apabila Anda tidak menggunakan dalam waktu lama. Jangan khawatir soal harganya, harga genset yang ditawarkan beragam sesuai kapasitasnya dan bila teliti dan mencari banyak referensi Anda bisa mendapatkan genset murah berkualitas.

Genset memerlukan perawatan yang rutin agar dapat bekerja dengan benar dan baik. Dalam penggunaannya pun harus mengerti tata cara pemakaian sesuai petunjuk yang ada. Jika terjadi kerusakan, sebelum memperbaiki genset tersebut harus mengerti dahulu penyebab kerusakan dan cara memprbaikinya. Berikut beberapa kerusakan yang mungkin terjadi dan cara memperbaikinya.

Genset Tidak Dapat Dinyalakan (Di Start)

Kemungkinan genset tidak dapat dinyalakan ada beberapa macam yaitu:

a. Baterai lemah atau habis

Cara memperbaikinya isi atau ganti baterai dengan yang baru

b. Kawat listrik terlepas atau putus

Jika kawat listrik terlepas atau putus yang dilakukan adalah perbaiki dan perkuat sambungan-sambungan kawatnya

c. Tekanan udara di tangki terlalu rendah

Apabila pada saat cek terlihat tekanan udara di tangki terlalu rendah isi kembali tangki udara sampai menunjukkan level normal.

Genset Dapat Dinyalakan Tetapi Tiba-Tiba Mati

Kerusakan yang mugkin terjadi adalah:

a. Lubang vertilisasi tangki bahan bakar tersumbat

Jika lubang tersebut tersumbat Anda harus segera membersihkannya

b. Saringan bahan bakar tersumbat

Jika yang tersumbat adalah saringan bahan bakarnya, saringan tersebut harus dibersihkan atau diganti saringan yang baru.

c. Katup pompa pengisi bahan bakar tersumbat

Segera bersihkan jika mengetahui katup pompa pengisi bahan bakar tersumbat.

d. Terdapat air di dalam tangki bahan bakar

Bila ini terjadi buang air dari dalam tangki kemudian keringkan tangki dan pipa bahan bakar lalu isi dengan bahan bakar lagi.

Daya Mesin Hilang

Kerusakan daya mesin hilang akan mengakibatkan genset tidak bekerja dengan baik hasilnya Anda tidak dapat menggunakannya pada saat terjadi gangguan atau pemadaman listrik. Kemungkinan penyebab kerusakan tersebut adalah sebagai berikut:

a. Kebocoran pada rumah katub

Solusinya adalah dengan memperbaiki katub atau ganti katub dengan yang baru

b. Katup nozel kotor atau rusak

Bersihkan katup nozel atau jika sudah tidak berfungsi ganti dengan yang baru

c. Pegas katup patah

Jika Anda menemukan pgas katup pada genset patah, ganti pegas katup dengan yang baru.

Demikian sedikit informasi mengeenai bebrapa kerusakan yang biasa terjadi pada genset dan cara memperbaikinya. Sebaiknya dilakukan prawatan rutin agar meminimalisir terjadinya kerusakan. Jika Anda membutuhkan genset murah berkualitas dan membutuhkan suku cadang genset lengkap hubungi di nomor 021-2255-7715 atau email di sales@abcpowergenset.com.  ABC Power genset jual genset berkualitas dengan harga genset yang bersahabat.

 

 

 

 

Write a Reply or Comment