Mengenal Berbagai Jenis Gangguan Listrik Yang Membuat Anda Membutuhkan Genset

pentingnya memiliki genset
ilustrasi

Kalau bicara tentang listrik, memang selama ini kita sangat membutuhkannya dalam setiap aspek kehidupan. Sayangnya, arus listrik kadang tidak sepenuhnya stabil dan menyebabkan berbagai hambatan ketika beraktivitas. Parahnya lagi, gangguan arus listrik ini bisa memicu kerusakan pada perangkat elektronik yang sering digunakan di dalam rumah maupun kantor. Jika terus dibiarkan, bukan tidak mungkin peralatan tersebut akan rusak.

Itulah mengapa Anda membutuhkan genset untuk memastikan setiap peralatan bisa berfungsi dengan baik dan tidak terganggu oleh arus listrik. Nah, berikut ini merupakan beberapa jenis gangguan listrik yang sering terjadi:

Noise

Gangguan listrik yang pertama sering disebut dengan noise. Gangguan ini merupakan naik turunnya tegangan listrik atau voltase dengan jumlah yang trak terlalu banyak. Jadi misalnya voltase pada hunian Anda ada di angka 450 volt, saat terjadi noise ini voltase bisa naik menjadi 470 volt atau turun menjadi 430 volt. Tapi kadang kala, saat noise ini terjadi terlalu sering, akan muncul perubahan tegangan yang cukup siginifikan dan bisa mengganggu kinerja beberapa perangkat elektronik. Maka dari itu, untuk menghindarinya Anda bisa memasang genset sehingga perangkat elektronik bisa tetap bekerja dengan stabil.

Black out

Gangguan listrik yang berikutnya ini jauh lebih mengganggu dibandingkan sekedar naik turunnya voltase. Dari namanya saja Anda mungkin sudah bisa menebak jika gangguan satu ini berupa pemadaman total. Jadi bisa dibilang, sumber tenaga pada sistem menghilang yang menjadikan listrik tak bisa menyala. Penyebab black out sendiri ada banyak, mulai dari kesengajaan dan kecelakaan. Yang dimaksud dengan kesengajaan adalah listri sengaja dimatikan dari pusat untuk perbaikan misalnya. Dan pemadaman semacam ini bisa diperkirakan akan berlangsung berapa lama. Sedangkan black out yang karena kecelakaan, bisa terjadi akibat korsleting di gardu induk, bencana alam, atau kerusakan di pembangkitnya. Gangguan yang semacam ini tidak akan bisa diperkirakan terjadi sampai berapa lama.

Brown out

Nah, ada jenis gangguan yang skalanya menengah, ada di antara noise dan black out. Yang disebut dengan brown out adalah penurunan tegangan listrik dengan jumlah cukup besar, bisa mencapai  50 persen. Jadi misalnya dari 200 volt menjadi 100 volt saja. Ketika hal ini terjadi, ada kemungkinan pernagkat elektronik yang membutuhkan daya besar akan mati, sementara yang membutuhkan daya kecil seperti lampu 5 watt akan tetap menyala. Brown out sendiri bisa terjadi karena banyak hal, misalnya saja ada perubahan tegangan secara tiba-tiba, misalnya ketika orang di sekitar rumah Anda menggunakan perangkat dengan daya yang sangat besar melebihi seharusnya. Brown out ini bisa kembali normal dalam beberapa detik saja.

Surge and spike

Ternyata ada juga jenis gangguan listrik yang merupakan kebalikan dari brown out, di mana tegangan naik berkali-kali lipat dari seharusnya. Hal ini seharusnsya tidak menimbulkan kerugian apapun dan bisa kembali normal dalam beberapa detik.

Berbagai gangguan listrik tersebut tentu tak akan sampai menggangu aktivitas Anda jika sudah menyiapkan genset sebelumnya. Genset silentbisa dipilih untuk penggunaan pribadi dan perkantoran karena jauh lebih praktis dan juga tidak mengeluarkan suara yang berisik. Meski demikian, harga genset satu ini memang cenderung lebih mahal dibanding genset tipe lain. Tapi tentu saja manfaat yang diberikannya juga sebanding.

Write a Reply or Comment