Mengenal Cara Kerja Genset denga Baik

perkins 15 kva abc power the best genset

Genset hadir dalam kehidupan sehari-hari untuk mengatasi permasalahn sumber daya listrik pada saat terjadi gangguan atau pemadaman listrik oleh PLN. Dengan adanya genset semua aktifitas tetap berjalan dengan baik pada saat terjadi gangguan sumber daya listrik. Alat ini mempunyai 2 tipe, yaitu open dan silent. Genset tipe open biasanya digunakan di daerah outdoor, di perusahaan industri, dan di daerah yang tidak mempunyai aturan tingkat kebisingan. Sedangkan genset tipe silent biasanya digunakan di rumah tangga, rumah sakit, dan daerah yang mempunyai kebijakan tentang kebisingan. Genset memiliki berbagai macam jenis yaitu genset diesel, genset solar, genset portabel, dan lain-lain. Selain itu terdapat berbagai macam ukuran dan kapasitas yang disesuaikan dengan kebutuhan dan keadaan tempat Anda.

Untuk mendapatkan genset sekarang mudah, banyak yang menawarkan jasa jual genset bahkan Anda bisa juga menyewanya. Sewa genset pun bisa disesuaikan lamanya kebutuhan, Anda bisa sewa genset harian, sewa genset mingguan, dan sewa genset bulanan. Harga sewa genset disesuaikan lamanya masa sewa yang Anda pilih. Harga genset pun beragam sesuai kapasitasnya. Kapasotas genset biasanya tersedia dari 1kVA-3000kVA. Kapasitas 1kVA biasanya digunakan dalam rumah tangga yang tidak terlalu membutuhkan daya besar, berbeda dengan di perusahaan industry atau pabrik yang harus menggunakan kapasitas besar karena peralatan yang digunakan leebih besar dayanya.

Sebenernya bagaimana cara kerja genset sehingga dapat menghasilkan daya listrik? Di sini akan dibahas cara kerja genset yang paling banyak digunakan yaitu genset mesin diesel. Generator adalah mesin yang dapat mengubah energi mekanis menjadi energi listrik memalui induksi elektromagnetik. Arus yang dihasilkan ada 2 macam yaitu arus searah (DC) dan arus bolak-balik (AC), keduanya dapat digunakan untuk penerangan. Generator mendapatkan energi mekanis dari prime mover dan menghasilkan arus bolak-balik (AC), generator ini disebut altenator. Altenator mempunyai 2 bagian yaitu system medan magnet dan jangkar, medan magnet berputar karena terletak pada rotor.

Biasanya genset membutuhkan waktu kurang lebih 20 detik untuk dapat menyalakan kembali listrik yang padam. Cara kerja genset ini karena dalam genset terdapat AVR (Automatic Voltage Regulator). Terdapat MT (Mutual Reactor) di dalam AVR, MT adalah sejenis trafo CT (Current Transformer), trafo CT ini menghasilkan arus listrik berdasarkan besar arus beban yang melaluinya. Arus  listrik yang dihasilkan oleh CT digunakan untuk memperkuat medan magnet pada rotor. Untuk beban besar arus yang dihasilkan juga besar, seperti pada rumus V=IxR dimana P=IxV dan Vp/Vs=Ip/Vp . Genset juga dilengkapi dengan System Govrnor untuk menjaga kestabilan AVR dan RPM (Rotation power Momentum) sehingga genset dapat menghasilkan frekuensi putaran stabil disaat ada atau tidak ada beban, hal ini bisa juga dilakukan dengan mengatur BBM-nya pada generator.  Pada saat gangguan atau pemadaman berakhir, switch otomatis pada genset yaitu ATS (Automatic Transfer Switch) memindahkan power supply ke PLN, hal ini dilakukan tanpa ada pemdaman terlebih dahulu sehingga tidak mengganggu pengguna dan dalam waktu 5 detik genset otomatis akan mati.

Demikian sedikit penjelasan tentang cara kerja genset mesin diesel yang banyak digunakan. Dengan mengetahui cara kerjanya Anda bisa lebih yakin untuk membeli atau menyewa genset untuk perusahaan atau rumah Anda. Jika Anda membutuhkan genset murah berkualitas hubungi di nomor 021-2255-7715 atau email di sales@abcpowergenset.com.  Abc Power genset menyediakan genset berkualitas dengan harga genset yang bersahabat.

Write a Reply or Comment