Mengganti Oli Genset Ada Caranya, Ini Dia

mengganti oli genset
ilustrasi

Di antara sekian banyak komponen yang ada pada genset, oli merupakan salah satu hal yang perlu diganti secara rutin. Hampir sama seperti pada kendaraan, oli ini bisa habis dan kotor jika terus dipakai dalam waktu lama. Itulah mengapa, untuk menjaga kinerja genset supaya tetap prima, Anda perlu mengganti oli secara berkala. Ada oli genset yang harus diganti setiap 20 jam, dan ada pula yang bisa bertahan sampai penggunaan 500 jam

Apa dampak yang terjadi kalau oli pada genset tidak diganti? Yang pertama, mesin akan menjadi cepat aus dan rusak. Hal ini karena reaksi pembakaran terjadi secara tidak sempurna sehingga ada sisa panas yang melekat pada komponen genset. Yang ke dua, tanpa adanya oli yang bersih dan berkualitas, komponen di dalam genset tidak diminyaki dengan baik sehingga mudah berkarat atau bahkan lepas. Saat terjadi masalah pada komponen genset seperti ini, tentu saja akan sangat berpengaruh terhadap mesinnya.

Kemudian jika Anda memiliki genset silent, biasanya suara akan teredam dengan baik. Tapi jika oli jarang diganti, maka getaran akan semakin keras dan akibatnya muncul suara yang lebih berisik dibanding seharusnya. Maka dari itu, penggantian harus dilakukan dengan seksama supaya genset bisa bekerja dengan baik. Nah, untuk mengganti oli pada genset ada caranya. Berikut informasinya:

4 Hal yang Harus Diperhatikan dalam Penggantian Oli

Matikan mesin

Yang pertama, matikan dulu mesin genset. Hal ini merupakan keharusan karena mesin yang terus menyala akan lebih panas dan bisa meningkatkan resiko terjadinya korsleting. Selain itu, getaran pada genset yang menyala bisa jadi mempersulit Anda untuk memasukkan oli.

Cek apa ada korosi

Kemudian sebelum memasukkan oli ke mesin genset, Anda harus memastikan dengan baik kalau tidak ada komponen atau benda berkarat di sekitarnya. Sebab jika ada komponen karat yang tercampur ke dalam oli, maka akan sangat berpengaruh terhadap kinerja mesin. Mesin pun jadi lebih cepat panas dibanding sebelumnya.

Perhatikan kesterilan

Saat mengisi oli pada genset, pastikan Anda mengenakan sarung tangan untuk mencegah kontaminasi berbahaya. Anda sebaiknya juga memakai masker karena ada beberapa orang yang tidak tahan dengan bau oli yang menyengat. Pastikan juga kondisi lantai di sekitar genset tidak lici. Sebab lantai licin bisa membuat Anda terpeleset dan menjadikan oli tumpah berantakan. Anda juga perlu memastikan genset ada dalam kondisi bersih sehingga tidak ada debu atau benda lain yang ikut masuk bersamaan dengan oli.

Gunakan hanya satu jenis oli

Anda sebaiknya hanya menggunakan satu jenis oli saja. Dan pastikan oli yang dipakai sama dengan yang sebelumnya digunaakan. Mencampur beberapa merek oli sekaligus bukanlah hal yang baik untuk dilakukan karena beresiko merusakan tekanan pada cairan oli yang melapisi mesin. Selain itu, kalau Anda ingi mengganti oli dengan yang baru, pastikan oli yang lama sudah dibersihkan atau dikeluarkan terlebih dahulu dan isi sesuai dengan kapasitas oli genset yang disarankan. Sebab jika oli lama bercampur dengan yang baru, maka akan mengurangi efektivitas kerjanya.

Dengan penggantian oli secara rutin dan menjaga volume oli genset yang disarankan, genset murah sekalipun akan bisa bekerja dengan lebih baik. Dan jangan lupa juga untuk memastikan suku cadang oli diganti secara berkala dari waktu ke waktu supaya tidak ada kerusakan yang parah. Anda juga jangan lupa memperhatikan prosedur penggunaan genset untuk keamanan yang lebih baik.

Write a Reply or Comment