Cara Menghitung Jumlah PK AC yang Anda Gunakan

cara menghitung PK AC

Agar AC menjadi energi hemat, bagaimana cara menentukan jumlah PK untuk ukuran AC yang dibutuhkan? AC bekerja seperti ruangan yang dapat mengubah suhu menjadi lebih dingin atau sejuk. Mungkin membutuhkan listrik yang diperlukan untuk menjadi besar karena PK dan ukuran yang salah. Prinsip kerja AC adalah dengan menyalanya kompresor yang ada pada AC untuk mengisi suhu dingin yang kemudian dihembuskan ke dalam ruangan hingga mencapai suhu yang diharapkan, kemudian Kompresor AC tersebut akan berhenti secara otomatis. Jika suhu dingin tidak mencapai ukuran yang terlalu jauh akan menyebabkan Kompresor AC akan terus menyala dengan jumlah beban listrik yang besar. Jika Anda sudah ada rencana untuk menginstal AC untuk keperluan rumah, baik untuk tamu ruang tamu, di luar kamar tidur, hingga ruang keluarga. Pastilah alangkah waktu untuk menentukan berapa atau jumlah PK yang sesuai untuk ruangan agar hemat energi atau tidak boros listrik. AC yang digunakan pada suatu ruang harus disesuaikan dengan luas dari ruangan tersebut. Diperkirakan akan tersedia daya AC yang juga termasuk daya yang cukup besar di antara berbagai peralatan listrik yang digunakan untuk keperluan rumah, oleh karena itu perlu untuk menentukan ukuran AC atau AC dengan jumlah yang PK yang tidak bisa menjadi pemborosan listrik atau energi hemat .

AC yang hendak dipasang pada sebuah ruangan harus lah disesuaikan dengan luas dari ruangan tersebut. Mengingat akan pemakaian daya listrik AC yang digunakan termasuk daya yang cukup besar diantara berbagai peralatan listrik lainnya yang biasa digunakan pada keperluan rumah, oleh karena itu perlu untuk menentukan ukuran AC atau AC dengan jumlah berapa PK yang hendak digunakan supaya tidak menjadi pemborosan listrik atau hemat energi.

Jika AC yang dipasang memiliki PK yang terlalu besar
Jika jumlah daya PK AC yang kita pasang terlalu besar namun luas ruangan tidak terlalu besar maka justru akan menyebabkan daya listrik menjadi boros. Kita tentu menginginkan AC yang lebih hemat energi dan tentunya harganya akan lebih mahal.

Jika AC yang dipasang memiliki PK yang terlalu kecil
Sebaliknya, jika AC yang digunakan memiliki jumlah PK yang kecil berbanding dengan luas ruangan yang terlalu besar dengan AC yang digunakan, maka akan sulit untuk mendinginkan ruangan tersebut dengan AC yang digunakan.

Apakah dengan PK kecil, AC yang dipasang pada ruangan yang luas dapat hemat energi?
Jika jumlah PK kecil untuk AC yang digunakan pada ukuran ruangan yang luas atau cukup besar, justru hal ini dapat menjadi salah satu pemborosan listrik juga. Sebab AC akan secara konsisten menyala dengan daya maksimal guna mendinginkan ruangan tersebut secara tidak energy sehingga boros listrik. Lalu bagaimana cara menentukan berapa PK pada AC yang bagus dan hemat energi? Cara yang paling sederhana adalah dengan menghitung jumlah PK AC berapa PK yang dibutuhkan AC sesuai dengan luas ruangan yang hendak dipasangi AC tersebut. Semakin luas suatu ruangan maka membutuhkan AC dengan PK yang lebih besar dibanding dengan ruangan yang memiliki luas lebih kecil.

Lalu bagaimana cara menghitung jumlah PK untuk kebutuhan AC yang sesuai dengan luas ruangan?
Cara sederhana dalam menentukan jumlah PK sesuai dengan ukuran AC yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:
Untuk menentukan jumlah PK ukuran AC yang dibutuhkan, pertama kita harus mengetahui berapa ukuran luas ruangan tersebut, kemudian hitung besar suhu panas yang dapat dihasilkan dari ruangan tersebut. Pada umumnya satuan yang dipakai untuk menyatakan satuan panas dalam ruangan permeter persegi adalah BTU/hour (British Thermal Unit).

Rumus: Setiap 1 meter persegi luas ruangan menghasilkan 500 btu/hr.

Contoh:
Suatu ruangan dengan ukuran panjang 5 meter dan lebar 4 meter, berapa PK ukuran AC yang dibutuhkan untuk ruangan tersebut?

Jawab:
Luas ruangan: 5 meter x 4 meter = 20 meter persegi.
BTU ruangan tersebut adalah:
20 meter persegi x 500 BTU/hr = 10000 BTU.

Lalu berapa jumlah PK ukuran AC yang dibutuhkan?

AC yang sesuai untuk ruangan dengan nilai 10000 BTU adalah AC ukuran 1 PK.
Dalam menentukan berapa jumlah PK ukuran AC yang dibutuhkan dengan luas ruangan 1000 BTU. Dapat dilihat dari tabel berikut:
Cara sederhana menentukan AC berapa PK yang sesuai

Tabel:

  • AC dengan ukuran ½ PKuntuk ruangan: 5.000 BTU – 6.000 BTU.
  • AC dengan ukuran ¾ PKuntuk ruangan: 7000 BTU – 8000 BTU.
  • AC dengan ukuran 1 PKuntuk ruangan: 9.000 BTU – 11.000 BTU.
  • AC dengan ukuran 1½ PKuntuk ruangan: 12.000 BTU – 17.000 BTU.
  • AC dengan ukuran 2 PKuntuk ruangan: 18.000 BTU – 23.000 BTU.
  • AC dengan ukuran 2½ PKuntuk ruangan: 24.000 BTU – 26.000 BTU.
  • AC dengan ukuran 3 PKuntuk ruangan: 27.000 BTU – 44.000 BTU.
  • AC dengan ukuran 5 PKuntuk ruangan: 45.000 BTU

Anda dapat menghitung sendiri berapa jumlah PK ukuran AC yang dibutuhkan sesuai dengan luas ruangan yang hendak dipasang AC. Seperti yang telah dijelaskan cara sederhana dalam menghitung berapa jumlah PK AC yang dibutuhkan hanya berlaku untuk ruangan yang memiliki ketinggian maksimal 3 meter.

Jadi anda dapat menghemat daya konsumsi listrik dari AC yang anda gunakan melalui cara tersebut, namun alangkah baiknya jika upaya penghematan listrik tersebut diimbangi dengan penyediaan energy cadangan agar terhindar dari pemadaman listrik yang mungkin terjadi sehingga AC yang anda gunakan tidak dapat berfungsi dan tidak awet.

Untuk mendapatkan energi listrik cadangan kita dapat menggunakan genset. Jangan sembarangan dalam memilih genset, untuk produk genset hanya di ABC Power kami menyediakan banyak pilihan merek genset yang sesuai dengan kebutuhan Anda, mulai dari merek genset PerkinsCummins, MTU, Foton, Lovol, Doosan, Yanmar, Mitsubishi, Primero, Stamford, Leroy Somer dan masih banyak lagi. Tentunya dengan spare part yang ready stock dengan tenaga ahli yang handal dan tersertifikasi resmi. Tidak hanya itu, Anda juga bisa beli genset di kami , Anda juga bisa sewa genset atau rental genset yang sesuai dengan kapasitas dan merek yang Anda butuhkan. Jangan ragu, cukup tanyakan kebutuhan anda dengan product specialist ABC Power yang akan berkonsultasi mengenai spesifikasi, instalansi, rekomendasi dan harga genset terbaik untuk Anda secara baik, gratis dan tanpa komitmen apapun. Dapatkan informasi selengkapnya mengenai genset mulai dari spesifikasi, instalansi, rekomendasi hingga harga genset disini terbaik dengan menghubungi product specialist dari ABC Power yang telah memiliki pengalaman selama 40 tahun di dunia permesinan dan tersertifikasi ISO 9001:2015. Hubungi segera ke nomor 021-2255-2501 atau melalui email ke sales@abcpowergenset.com sekarang juga.

Write a Reply or Comment