Mesin Genset Masuk Angin? Lakukan Hal Ini Untuk Mengatasinya

genset masuk angin ABC Power Genset

Cara kerja mesin diesel berbeda dengan cara kerja mesin bensin, di mana bahan bakar dan usaha yang masuk ke dalam ruang bakar bersama-sama kemudian dikompres atau ditekan oleh piston lalu diledakkan menggunakan busi dan menghasilkan tenaga. Piston pada mesin diesel hanya menghisap udara saja tanpa bahan bakar yang dikabutkan, kemudian dikompres atau ditekan lalu kemudian disemprotkan bahan bakar berupa solar dengan tekanan tinggi sehingga terjadi ledakkan yang menghasilkan tenaga.

Genset masuk angin merupakan sebuah masalah yang menimpa sebuah mesin yang disebabkan adanya sejumlah udara di dalam sistem bahan bakar akibat kosongnya tangki atau dalam keadaan bbm tinggal sedikit. Saat terdapat udara baik dalam volume kecil atau pun besar yang terjebak di dalam saluran bahan bakar, maka tekanan bahan bakar menjadi tidak stabil akibat pompa menekan solar dan tidak mampu keluar dari injektor.

Genset masuk angin dapat menyebabkan mesin genset tidak dapat menyala atau susah untuk dihidupkan. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Simak langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Pastikan bahan bakar solar atau besin pada tangki penampungan mesin genset Anda dalam keadaan penuh.
  2. Cek tidak ada kebocoran di seluruh saluran pipa solar yang menuju ke nozzle.
  3. Kendorkan baut nepel pada pompa sedimen dengan menggunakan kunci pas.
  4. Hidupkan starter genset kurang lebih selama lima detika saat baut nepel masih dalam kondisi mengendor. Setelah itu ulangi beberapa kali hingga Anda yakin jika angin pada genset sudah keluar semua melalui baut nepel tadi dan beri jeda beberapa waktu agar dinamo starter tidak terlalu panas dan kencangkan kembali baut nepel nozzle.
  5. Bersihkan dan juga keringkan tumpahan atau pun cipratan bahan bakar solar yang tersembur melalui nozzle saat membuang angin tadi agar tidak mengotori lingkungan sekitar.
  6. Hidupkan mesin untuk mengecek hasil dari buang angin pada genset tadi. Mesin genset akan menyala dengan lembut atau langam dan tidak tersendat-sendat lagi.

Itulah beberapa langkah dalam mengatasi genset masuk angin. Jangan lupa untuk melakukannya dengan benar dan berhati-hati agar tidak menimbulkan masalah pada genset lebih parah. Jika Anda ragu-ragu, Anda bisa meminta bantuan pada teknisi yang memang ahli dalam mengoperasikan atau men-service genset. Hubungi juga product specialist ABC Power Genset untuk melakukan konsultasi mengenai spesifikasi, instalansi, rekomendasi serta harga genset terbaik untuk Anda.

ABC Power berkomitmen dalam memberikan layanan purna jual genset dengan memberikan 2×24 jam waktu tanggap. Salah satu distributor genset terbesar di Indonesia ini juga telah memiliki pengalaman di bidang permesinan selama 40 tahun dan tersertifikasi ISO 9001:2015 dengan ribuan produk yang telah dipercaya oleh klien dari berbagai macam industri.

Jika masalah genset masuk angin tidak dapat ditangani lagi dan mengalami kerusakan parah lainnya, ganti saja genset Anda dengan harga genset murah berkualitas dari ABC Power. Garansi 150% akan diberikan kepada Anda jika produk terbukti tidak orisinil dan baru. Tunggu apalagi? Hubungi segera ke nomor 021-2255-2501 atau melalui email ke sales@abcpowergenset.com untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Write a Reply or Comment