Ini yang Perlu Anda Lakukan Sebelum Membeli Mesin Genset Untuk Bisnis

Membeli Mesin Genset Untuk Bangun Bisnis

Saat ini banyak sekali perusahaan atau toko maupun perorangan yang jual genset dengan harga yang variatif dengan berbagai tipe. Hal ini dikarenakan kebutuhan masyarakat akan genset terus meningkat dari masa ke masa. Genset sangat dibutuhkan ketika terjadi pemadaman listrik dari PLN sehingga aktivitas tidak terganggu meskipun listrik sedang padam sekalipun.

Jika Anda memiliki sebuah toko atau pabrik, namun belum dilengkapi dengan genset maka sangat disarankan bagi Anda agar segera mencari mesin genset sesuai kebutuhan. Genset murah pun tersebar dimana-mana, baik yang baru maupun yang second. Namun sebelum membeli sebuah genset, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal berikut ini agar tidak salah dalam melakukan pembelian. Karena tentu saja genset yang berkualitas dengan harga ramah akan membuat bisnis Anda lancar.

Cek kebutuhan daya

Anda perlu mengecek terlebih dahulu mengenai berapa kebutuhan daya yang Anda butuhkan untuk mesin genset Anda. Satuan daya dalam genset biasanya berupa satuan KVA atau KW. Sebelum membeli, lebih baik ukurlah terlebih dahulu berapa ampere yang bekerja pada panel utama, atau jika kebingungan Anda bisa meminta tolong supplier genset untuk mengukur daya atau energi yang ada pada perusahaan atau kantor Anda. Pastikan soal kebutuhan daya ini sudah Anda konsultaskan dengan pihak yang terpercaya agar Anda tak melakukan kesalahan dalam pembelian.

Pilih mesin dengan bahan bakar yang cocok

Anda juga perlu memilih mesin genset dengan bahan bakar yang cocok untuk kebutuhan Anda. Umumnya terdapat 3 jenis bahan bakar dalam mesin genset, yaitu genset dengan bahan bakar bensin, solar, dan juga gas atau LPG. Untuk mesin yang berbahan bakar bensin, keuntungannya adalah lebih ringan dan murah. Namun penyimpanannya kurang aman karena mudah terbakar, menguap, serta berbau. Untuk mesin genset dengan bahan bakar solar sangat mudah didapatkan dan hemat dalam segi penggunaan. Jenis genset ini juga cukup aman, tidak mudah terbakar, dan tidak mudah bau. Sedangkan untuk genset dengan bahan bakar gas atau LPG, sangat jarang digunakan karena perolehan bahan bakarnya yang sulit dan tingkat keamanannya rendah.

Oleh karena itu pilihlah mesin genset dengan bahan bakar yang sesuai dengan kebutuhan dan jangan lupa untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan penjual untuk mengetahui genset apa yang tepat untuk kebutuhan bisnis Anda.

Memilih supplier atau penjual yang tepat

Selain memperhatikan kedua hal diatas, Anda juga perlu melihat dan mempertimbangkan mengenai supplier atau penjual yang tepat untuk genset yang akan Anda beli. Pastikan Anda memilih genset dengan merek yang tepat di supplier yang kredibel agar Anda tak melakukan kesalahan dalam pembelian. Lakukan survey kecil-kecilan soal ini agar Anda semakin mantap memilih supplier yang profesional untuk hal ini.

Pastikan genset bergaransi

Jangan sampai bisnis Anda merugi hanya karena salah dalam pembelian genset. Untuk itulah Anda perlu memastikan bahwa genset yang Anda pilih memiliki garansi. Jika terjadi kerusakan kecil atau besar, garansi tersebut bisa dijadikan jaminan penukaran atau ganti rugi sehingga anggaran perusahaan tak mubazir begitu saja untuk pembelian genset yang kurang tepat. Pilihlah genset yang sudah mempunyai nama seperti genset pekins, genset cummins dan genset yanmar.

Itulah beberapa langkah yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli genset untuk keperluan bisnis Anda. Jika Anda memilih genset dengan tepat, niscaya genset tersebut akan memberikan kelancaran usaha untuk bisnis yang Anda jalankan. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: Alasan Genset Yanmar Menjadi Pilihan Utama

Write a Reply or Comment