Mesin-Mesin yang Harus Dimiliki untuk Kegiatan Industri

Kegiatan industri tentunya tidak terlepas dari kegiatan memproduksi barang baru yang membutuhkan banyak peralatan. Misalnya, industri manufaktur yang menggunakan bantuan mesin untuk mengolah bahan mentah menjadi barang jadi untuk segera dipasarkan.Hampir semua pabrik menyediakan mesin berteknologi canggih untuk menunjang kegiatan produksi mereka. Baik itu pabrik kosmetik, makanan, sabun, dan lain-lain. Sebagai gambaran umum, berikut adalah jenis peralatan yang wajib ada di dalam sebuah pabrik atau industri.

  1. Mesin Frais atau Milling.

Mesin ini mempunyai pahat frais atau pisau yang berputar pada poros utama sebuah mesin. Cara kerjanya yaitu mengantarkan benda kepada pisau tersebut, secara vertikal, diagonal, atau horizontal tergantung dari kebutuhan yang ingin dihasilkan pabrik tersebut.

  1. Mesin Bubut

Mesin pembentuk besi atau yang dikenal dengan mesin bubut memiliki fungsi sebagai pemotong benda keras sejenis besi untuk dibentuk dengan cara diputar. Gerakan berputar yang tercipta dari mesin bubut mirip seperti proses memahat.

  1. Mesin Sekrap

Selanjutnya, yang tak kalah penting adalah mesin ketam atau mesin sekrap. Mesin ini juga sering disebut dengan mesin serut. Fungsinya adalah membentuk bidang yang memiliki tekstur cekung, cembung, dan rata. Baik itu dalam posisi mendatar, miring, maupun tegak.

Cara kerjanya yaitu dengan memotong atau menyayat benda dalam keadaan diam. Benda tersebut telah dijepit menggunakan ragum terlebih dahulu. Kemudian, pahatan akan bergerak secara bolak-balik dengan lurus saat melakukan proses penyayatan.

  1. Forklift

Forklift merupakan alat angkut yang wajib ada untuk menunjang kegiatan industri. Fungsinya sebagai kendaraan seperti alat angkut pemindahan barang berkapasitas besar baik indoor maupun outdoor, termasuk dalam kegiatan bongkar muat barang di pabrik. Alat ini dioperasikan secara elektrik untuk mempermudah proses menaik turunkan beban bahkan dengan jarak jauh.

Selain yang telah disebutkan di atas, sebenarnya masih banyak alat lainnya. Namun, itu dia beberapa alat-alat yang wajib ada dalam kegiatan industri. Semua mesin tersebut sangat berkaitan erat dengan tercukupinya kebutuhan sumber daya listrik. Jadi, jangan lupa untuk menyediakan genset agar bisa memberikan suplai cadangan daya listrik bila dibutuhkan.

Write a Reply or Comment