Mobil TNI AL Gandeng Genset Raksasa, Muncul Percikan Api Saat Masuk Tol

kegunaan genset raksasa
ilustrasi

Genset atau generator set merupakan salah satu alat penghasil listrik yang sangat populer. Di Indonesia sendiri yang cukup sering terjadi pemadaman dan bencana alam di mana aliran listrik memang harus dihentikan, genset ini sangat dibutuhkan. Untuk jenisnya sendiri, ada banyak sekali mulai dari untuk penggunaan skala kecil sampai dengan genset berkekuatan 2 juta watt dan harga genset ini tentu juga tidak murah. Nah, salah satu genset yang banyak digunakan untuk industri adalah genset turbin yang ukurannya juga sangat besar.

Untuk memindahkan genset ini sendiri tidak mudah karena bobotnya juga cukup berat. Namun untungnya di bagian bawah genset ada roda sehingga genset bisa ditarik ke lokasi tujuan. Nah, hal ini juga yang dilakukan oleh mobil Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut pada awal Januari 2019 lalu. Terlihat sebuah mobil TNI AL menggandeng sebuah genset besar melintasi jalan Tol Sugiono yang terletak di Keluragan Cipinang Besar Utara, Jakarta Timur.

Menarik sebuah genset tentu sudah merupakan pemandangan biasa. Namun yang jadi perhatian warga sekitar adalah munculkan api pada badan genset. Api ini juga tidak sekedar percikan tapi cukup besar apalagi karena tertiup angin yang cukup kencang saat genset berjalan. Kondisi ini sempat membuat para pengguna tol panik. Maklum saja, kejadian tersebut berlangsung pada jam aktif yakni di pukul 10.45. Terlihat ada asap hitam cukup tebal yang mengepul dari kobaran api pada genset. Namun untungnya, kobaran api tersebut hanya ada di bagian belakang genset dan tidak sampai mengenai mobil TNI AL.

Menyadari ada percikan api pada genset, kaitan pada mobil pun segera dilepas dan genset yang penuh kobaran api didiamkan di atas jalan tol. Beberapa pengendara mobil yang melintas sempat mengabadikan genset yang terbakar tersebut dan mengunggahnya di akun media sosial. Dikarenakan proses pelaporan yang cepat, tak lama setelah itu datang 1 unit mobil pemadam kebakaran dengan 4 personel ke Tol Sugiono.

Proses pemadaman pun bisa dilakukan cukup cepat, hanya sekitar 15 menit saja. Untungnya api pada genset tidak merembet dan tidak menimbulkan ledakan. Setelah 15 menit, api pun bisa dipadamkan dan dilakukan pemeriksaan pada genset. Ternyata diketahui jika api berasal dari aki yang mengalami korsleting. Namun dipastikan bahwa pada saat itu genset berada dalam kondisi mati sehingga tidak sampai menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Kebakaran genset ini bukanlah hal yang pertama terjadi. Di Indonesia sendiri mungkin sudah tidak terhitung berapa kali ada kebakaran genset. Perlu diketahui, bahwa genset sebenarnya merupakan perangkat yang sangat aman dan sama sekali tidak membahayakan. Namun di sisi lain, pada genset memang terdapat banyak komponen panas yang mudah sekali terbakar. Maka dari itu, orang yang menggunakan genset sangat diharapkan untuk membekali diri terlebih dahulu dengan berbagai prosedur penggunaan genset.

Apalagi untuk genset berukuran besar atau raksasa yang tentu saja daya yang dihasilkan juga lebih besar, memang dibutuhkan perawatan khusus dan pemeliharaan yang  baik supaya performanya tetap maksimal dalam jangka waktu lama. Untungnya, kasus genset yang terbakar tersebut tidak sampai menelan korban jiwa. Api bisa cepat dipadamkan dan genset pun segera dipindahkan ke tempat yang aman sehingga tidak sampai menyebabkan kemacetan di Tol Sugiono menuju arah Cawang.

Write a Reply or Comment