Mulai Bisnis Kuliner, 5 Hal Ini Penting Anda Miliki

genset kuliner - ABC Power

Beberapa tahun terakhir, ada banyak sekali perkembangan dalam dunia kuliner. Seiring dengan makin pesatnya teknologi yang mempermudah interaksi dengan negara lain, di Indonesia pun banyak bermunculan kuliner dari luar negeri, sebut saja Korea, Jepang, atau Meksiko. Adanya makanan-makanan khas negara tersebut yang dijual di Indonesia tentu menarik animo tersendiri. Tak heran kalau restoran atau kafe yang menjual menu-menu mancanegara selalu laris dikunjungi pembeli.

Nah, Anda yang ingin mulai berbisnis, mungkin bisa menjadikan bidang kuliner sebagai lahan utama. Dengan modal yang cukup minim, Anda bisa mencoba memulai bisnis kuliner. Tapi yang perlu diperhatikan, ada 5 hal penting yang perlu Anda miliki sebelum memulai bisnis kuliner:

Skill Memasak

Hal penting pertama yang perlu Anda punya saat memulai bisnis kuliner adalah skill memasak. Memang bisa sih, kalau Anda mempekerjakan juru masak di dapur restoran. Tapi di satu sisi, Anda tentu harus mengeluarkan uang lebih untuk menggaji juru masak tersebut. Selain itu, Anda pun jadi kesulitan untuk mengontrol kualitas rasa dan juga kebersihan dari makanan yang disajikan jika bukan Anda sendiri yang memasaknya. Maka dari itu, akan jauh lebih baik kalau Anda memiliki skill memasak sehingga bisa melakukan semuanya dengan lebih mudah.

Tempat Usaha

Anda mungkin berpikir bisa menyewa lahan untuk mendirikan warung sederhana, atau menyewa bangunan untuk dijadikan kafe. Menyewa memang tampak mudah dilakukan, tapi Anda akan mengalami kerugian kalau dagangan sepi sedangkan biaya sewa harus terus dibayar. Untuk awalan, terutama jika Anda memiliki modal kecil, tak ada salahnya lho memulai dari rumah Anda sendiri. Jadikan rumah sebagai tempat usaha yang gratis untuk mendapatkan keuntungan lebih banyak. Anda bisa menyulap halaman depan atau garasi sebagai tempat usaha.

Peralatan Masak

Ini sih, merupakan hal yang wajib Anda punya saat terjun di dunia kuliner. Anda mungkin bisa memasak seadanya dengan satu panci dan wajan. Tapi saat pesanan mulai ramai, Anda jelas akan membutuhkan waktu sangat lama untuk menyelesaikan semuanya. Harga peralatan masak memang tak murah, tapi bisa jadi investasi yang bagus untuk usaha Anda.

Media Sosial

Benar, saat memulai usaha kuliner penting sekali untuk memiliki media sosial. Baik itu Instagram atau Facebook, media sosial bisa menjadi sarana promosi gratis yang sangat ampuh. Tanpa perlu mengeluarkan banyak uang untuk mencetak brosur, Anda bisa mempromosikan bisnis dengan membuat akun dan konten yang menarik. Tak hanya itu saja, lewat media sosial Anda juga bisa menjalin kedekatan dengan pelanggan. Banyak juga aktivitas lain yang bisa dilakukan lewat media sosial untuk meningkatkan pembeli.

Genset

Terakhir tapi tak kalah penting, saat membuka usaha kuliner Anda juga wajib memiliki genset. Coba bayangkan, saat pesanan roti sedang menggunung tapi tiba-tiba listrik mati. Anda tak bisa menggunakan blender, mikser, dan juga oven listrik, sangat merugikan bukan? Tapi dengan adanya genset, aliran listrik bisa tetap aman dan stabil meski ada pemadaman.

Atau misalnya di malam hari saat mati listrik, mungkinkah Anda membiarkan para tamu makan dalam gelap? Kalau Anda mencari tempat yang jual genset silent dan membelinya, dijamin paara tamu akan bisa bersantap dengan nyaman. Cahaya tercukup, dan mereka pun tak akan keberisikan karena Anda menggunakan jenis genset silent.

Write a Reply or Comment