Muncul Percikan Api Pada Instalansi Listrik? Mungkin Ini Penyebabnya

percikan api

Penyebab munculnya percikan api

Listrik sudah menjadi sesuatu yang sangat penting dan dibutuhkan dalam kehidupan manusia sehari-hari. Dengan listrik, berbagai pekerjaan menjadi sangat mudah dan bisa diselesaikan dengan cepat. Namun selain kegunaannya, listrik juga memiliki risiko yang berbahaya bagi keselamatan manusia seperti tersetrum atau timbul percikan api yang dapat menyebabkan kebakaran.

Sebenarnya hal di atas dapat dihindari dengan instalansi listrik yang terpasang dengan baik dan dilakukan oleh teknisi listrik yang berkompeten. Lalu apa penyebab munculnya percikan api pada instalansi listrik? Berikut beberapa penyebabnya.

Stop Kontak yang Longgar

Pernahkah Anda melihat ada percikan api saat mencolokkan peralatan listrik ke stop kontak? Jika iya maka bukanlah hal yang normal, bisa jadi stop kontak yang Anda gunakan sudah longgar lalu timbul percikan api sehingga menyebabkan panas yang berlebih dan menyebabkan stop kontak atau pun kabel menjadi terbakar.

Terminal Kabel yang Longgar

Terminal kabel akan Anda temukan pada setiap peralatan listrik seperti stop kontak, steker (colokan), pompa air, MCB, ELCB, KWH meter dan lainnya yaitu berupa baut atau sekrup tempat mengikat kabel. Jika baut pengikat kabel tersebut longgar, maka bisa menimbulkan percikan api saat dialiri arus listrik.

Oleh karena itu, jika peralatan listrik yang ada lihat menimbulkan percikan api, maka segera matikan dan periksa baut terminal kabel dan pastikan jika setiap baut terminal kabel terpasang dengan kencang dan tidak longgar.

Sambungan Kabel yang Tidak Kuat

Sambungan kabel yang tidak kuat akan menyebabkan terjadinya percikan api pada kabel, maka pastikan setiap sambungan kabel sudah tersambung dengan kuat dengan menggunakan wire nut.

Ukuran Kabel yang Tidak Sesuai

Penggunaan kabel dengan ukuran yang terlalu kecil atau tidak sesuai dengan beban listrik yang ditanggung pada suatu instalansi listrik akan menyebabkan kabel menjadi panas berlebih dan menimbulkan api yang menyebabkan kebakaran. Instalansi listrik yang baik yaitu dengan memastikan ukuran kabel yang Anda gunakan sudah sesuai dengan kemampuan hantar arus (KHA) pada instalansi listrik di rumah.

Pemakaian Listrik yang Berlebih

Penggunaan beberapa peralatan listrik pada satu stop kontak dapat menyebabkan stop kontak dan timbulnya percikan api. Jadi pastikan jika beban atau daya listrik yang digunakan sesuai dengan kemampuan kabel atau daya listrik yang tersedia dan jangan memasang beberapa colokan listrik pada satu stop kontak.

Kabel Listrik yang Terkelupas

Kabel listrik bisa terkelupas akibat digigit tikus, tertimpa benda lain atau karena usia pemakaian kabel yang sudah lama dan menimbulkan percikan api, korsleting dan kebakaran.

Korsleting

Korsleting terjadi akibat terhubungnya kabel fase dan netral yang menghasilkan arus listrik yang sangat tinggi, panas dan percikan api. Instalansi listrik yang baik harusnya terpasang juga dengan baik dan dilengkapi dengan pengaman saat terjadi korsleting seperti MCB atau sekring.

Itulah beberapa hal yang dapat menyebabkan timbulnya percikan api yang membahayakan keselamatan Anda. Jangan menyepelekan masalah listrik karena risiko yang ditimbulkan sangatlah besar, maka penting untuk memastikan jika Anda sudah menerapkan instalansi listrik yang baik terutama jika Anda memiliki peralatan canggih untuk membantu menyediakan daya listrik tambahan seperti mesin genset. Anda harus memastikan jika genset sudah menerapkan instalansi listrik yang baik sehingga genset dapat beroperasi dengan benar dan optimal.

ABC Power kami menyediakan banyak pilihan merek genset yang sesuai dengan kebutuhan Anda, mulai dari merek genset PerkinsCummins, MTU, Foton, Lovol, Doosan, Yanmar, Mitsubishi, Primero, Stamford, Leroy Somer dan masih banyak lagi. Tentunya dengan spare part yang ready stock dengan tenaga ahli yang handal dan tersertifikasi resmi. Tidak hanya itu, Anda juga bisa membeli genset di ABC Power , Anda juga bisa sewa genset yang sesuai dengan kapasitas dan merek yang Anda butuhkan. Jangan ragu, cukup tanyakan kebutuhan anda dengan product specialist ABC Power yang akan berkonsultasi mengenai spesifikasi, instalansi, rekomendasi dan harga genset terbaik untuk Anda secara baik, gratis dan tanpa komitmen apapun. Dapatkan informasi selengkapnya mengenai genset mulai dari spesifikasi, instalansi, rekomendasi hingga harga genset murah ABC Power terbaik dengan menghubungi product specialist dari ABC Power yang telah memiliki pengalaman selama 40 tahun di dunia permesinan dan tersertifikasi ISO 9001:2015. Hubungi segera ke nomor 021-2255-2501 atau melalui email ke sales@abcpowergenset.com sekarang juga.

Write a Reply or Comment