Pasang Genset Di Kantor, Karyawan Lebih Produktif Meski Listrik Padam

karyawan lebih produktif dengan genset

Sebagai pemilik usaha, pasti pusing rasanya kalau pemadaman listrik sering sekali terjadi. Efeknya tentu sangat buruk, yakni karyawan jadi tidak bekerja sebagaimana mestinya. Sudah target selesainya pekerjaan gagal tercapai, Anda juga mau tak mau harus tetap menggaji karyawan meski mereka lebih banyak menganggur daripada bekerja. Para karyawan mungkin akan merasa senang karena bisa bersantai saat jam kantor, tapi bagaimana dengan Anda sebagai pemilik usaha?

Untuk menghindari hal tersebut, maka perlu sekali memasang genset di kantor. Genset ini berfungsi untuk menghasilkan pasokan listrik di saat terjadi pemadaman dari PLN. Dengan adanya genset di kantor, bukan hanya penerangan saja yang menyala, tetapi juga seluruh alat elektronik seperti komputer, PC, dan juga router untuk koneksi internet. Jadi terbayang kan, betapa praktisnya aktivitas di kantor dengan adanya genset? Karyawan pun bisa tetap bekerja dengan maksimal tanpa perlu mempedulikan pemadaman yang dilakukan oleh PLN.

Lalu bagaimana cara memilih genset yang cocok untuk di kantor? Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih genset, berikut informasinya:

Ketahui terlebih dahulu kebutuhan daya

Hal pertama yang perlu dilakukan sebelum membeli genset adalah mengetahui kebutuhan daya di kantor Anda. Pertama-tama, ketahui terlebih dahulu besarnya kapasitas listrik dengan perhitungan dari PLN. Untuk listrik dari PLN biasanya dihitung menggunakan KW atau kilo watt, sedangkan listrik dari genset dhitung dengan KVA. Nah, 1 KVA sendiri sama dengan 0,8 KW atau 800 Watt. Jadi kalau Anda membutuhkan listrik sebesar 2 KW, harus mencari genset berkapasitas 2,5 KVA minimal untuk bisa memenuhi kekurangan listrik saat terjadi pemadaman.

Ada baiknya mencari genset di atas kebutuhan

Nah, kalau sudah menghitung besarnya kebutuhan daya di kantor, ada baiknya Anda mencari genset yang kapasitasnya sedikit di atas kebutuhan tersebut. Sebab genset sendiri juga memiliki kecenderungan mudah rusak jika terus dipaksa bekerja dengan beban maksimal. Sedangkan jika Anda membeli genset yang kapasitasnya besar tapi yang digunakan tidak sampai kapasitas maksimalnya, maka genset akan menjadi lebih awet untuk digunakan lebih lama. Anda pun tidak perlu terlalu sering mengganti sparepart genset.

Kualitas adalah nomor satu

Anda mungkin menemukan banyak harga genset murah di pasaran. Meski demikian, harga harusnya bukan pertimbangan utama Anda saat membeli genset. Hal yang harus dipertimbangkan adalah kualitas dari genset tersebut. Anda bisa mencari genset yang mereknya memang sudah terkenal dan banyak dipakai terutama di dunia industri. Gensetnya yang mereknya sudah dikenal dan ada di mana-mana merupakan jaminan jika kualitasnya memang layak untuk diandalkan.

Pastikan ada garansi

Saat Anda membeli genset, pastikan untuk mengecek garansinya. Untuk mendapatkan garansi Anda harus membeli genset yang memang bermerek dan mencari toko yang resmi atau terpercaya. Garansi ini sangat penting, sebab kadang ada kerusakan di awal pembelian dikarenakan ketidaktahuan akan cara pengoperasiannya. Kalau ada garansi, Anda pun tak akan rugi karena bisa mendapat ganti atau perbaikan gratis.

Pastikan bertanya kepada ahlinya

Jangan segan untuk berkonsultasi kepada ahlinya mengenai genset apa yang layak dipilih sesuai kebutuhan Anda. Meminta rekomendasi dari ahli akan membantu Anda menemukan produk yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan tentu saja pas dengan budget. Banyak kok, toko yang dengan senang hati akan membantu Anda memilih jenis dan merek genset yang sesuai.

Write a Reply or Comment