Pemadaman Listrik Lama, Masyarakat Gunakan Genset untuk Charge HP

pemadaman listrik lama charge HP menggunakan Genset
ilustrasi

Jual Genset – Ternyata tidak hanya di Sulawesi Barat dan Sulawesi Utara saja, di beberapa daerah di Sulawesi Selatan, seperti di wilayah Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara juga mengalami pemadaman listrik secara serempak sejak sore hari. Hal itu disebabkan ada gangguan di sistem transmisi 150KV.

Dengan adanya gangguan sistem tersebut, maka daya listrik sebesar 700 Megawatt (MW) tidak dapat disalurkan ke masyarakat dan hal itulah yang dinamakan black out atau pemadaman listrik secara menyeluruh dengan jangkauan luas.

Oleh karenanya, ketika harus memperbaikinya, maka pihak PLN memutuskan untuk menghentikan pengaliran arus listrik di banyak daerah agar para petugasnya dapat menyelesaikan tugasnya dengan cepat dan selamat, karena voltase yang dihadapi juga tinggi.

Terkait dengan pemadaman di Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara tersebut, mau tidak mau banyak masyarakat yang akhinya haru menyalakan lilin sebagai sumber penerangan di rumahnya. Namun bagi yang memiliki mesin generator set atau genset, maka akan sedikit terbantu. Pasalnya dengan menggunakan genset tersebut, maka pasokan listrik yang dibutuhkan dapat teratasi.

Dan satu hal yang unik ketika pemadaman tersebut berlangsung cukup lama, banyak orang pemilik perangkat mobile memutuskan untuk menumpang mengisi baterai smartphone mereka ke rumah-rumah tetangga atau rekan yang memiliki genset.

Namun terlepas dari masalah pemadaman di beberapa daerah di Sulawesi Selatan itu, apakah melakukan pengisian baterai smartphone menggunakan genset adalah langkah yang tepat atau tidak? Untuk mengetahui jawabannya, maka informasi di bawah ini mungkin dapat membantu.

Secara umum, tidak ada penelitian spesifik yang dilakukan untuk mengetahui apakah ada efek lain ketika seseorang melakukan pengisian baterai perangkat mobilenya menggunakan genset. Hanya saja, memang tidak terlalu disarankan untuk melakukannya karena sekarang ini ada sangat banyak mesin-mesin genset yang ternyata abal-abal atau buatan dari perusahaan yang kurang kredibel.

Dengan menggunakan mesin genset abal-abal tersebut, maka ada kemungkinan arus listrik yang dihasilkan naik-turun yang mana dapat membuat komponen di dalam perangkat mobile yang bersangkutan menjadi terkendala atau bahkan mengalami kerusakan serius.

Selain itu, terdapat perbedaan antara genset untuk rumahan yang berukuran kecil dan dapat menghasilkan energi listrik terbatas dengan genset besar yang rata-rata dipakai di dalam sebuah unit usaha atau pabrik.

Untuk kedua jenis ini, jika memang keadaan mendesak dan baterai smartphone sudah mulai habis, maka disarankan untuk memilih melakukan pengisian menggunakan genset rumahan. Hal itu dikarenakan genset rumahan memiliki daya listrik yang setara dengan apa yang harus diterima oleh smartphone, sedangkan jika terlalu besar daya yang dihasilkan, maka akan membuat komponen di dalam smartphone menjadi terbakar.

Akan tetapi satu hal yang perlu diingat bahwa setiap charger smartphone atau ponsel sudah dilengkapi dengan apa yang dikenal dengan istilah surge protector atau pembatas lonjakan daya. Hanya saja, bukan berarti semuanya dapat aman terkendali ketika harus menancapkannya ke genset bertenaga besar, karena memang arus listrik besar itu akan pertama kali menabrak pembatas lonjakan daya di dalam charger itu terlebih dahulu, namun setelah charger rusak atau tidak berfungsi, maka tidak menutup kemungkinan daya listrik besar itu akan langsung ‘menyerang’ smartphone atau ponsel yang tertancap.

Oleh karenanya, selain disarankan untuk menggunakan genset yang bukan abal-abal dan juga yang termasuk jenis untuk rumahan, dianjurkan pula untuk memantau terus proses pengisiannya. Dan bagi yang ingin membeli genset murah, maka ABC Power merupakan tempat yang tepat untuk mendapatkannya.

Write a Reply or Comment