Gantikan 5 Gardu Yang Rusak Usai Gempa Palu, Pemerintah Siapkan Genset Raksasa

Gantikan 5 Gardu Yang Rusak Usai Gempa Palu, Pemerintah Siapkan Genset Raksasa

Gempa dan tsunami yang menggunacang Kabupaten Palu serta Donggala pada tanggal 28 September 2018 lalu menyisakan banyak sekali kerusakan. Tak hanya rumah-rumah yang roboh dan aspal yang retak, 5 dari 7 gardu listrik yang ada di Palu pun mengalami kerusakan sehingga tidak bisa beroperasi. Hal tersebut membuat aktivitas para korban dan juga relawan yang ada di Palu menjadi terganggu.

Untuk menanggulangi hal tersebut, pemerintah akan menggunakan genset raksasa yang diharapkan bisa memasok listrik untuk beberapa wilayah di Palu. Hal tersebut seperti disampaikan oleh Wiranto selaku Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan. Menurut Wiranto, saat ini hanya ada 2 gardu yang bisa beroperasi dengan normal di Palu da Donggala, sehingga sangat kurang jika harus digunakan untuk memenuhi seluruh kebutuhan listrik yang ada.

Kelima gardu lainnya masih belum bisa diperbaiki karena banyak hal. Salah satunya adalah kondisi pasca gempa yang masih belum memungkinkan untuk dilakukan perbaikan secara menyeluruh. Meskipun demikian, sudah banyak petugas dikirim ke lokasi untuk mencoba menghidupkan kembali gardu yang rusak.

Tambah Wiranto lagi, genset raksasa diharapkan bisa menjadi solusi sementara untuk memenuhi kebutuhan listrik yang ada di Palu dan sekitrany. Sebab tak mungkin juga kondisi ini terus dibiarkan mengingat suasana di malam hari yang sangat gelap dan menjadikan banyak orang tak bisa beraktivitas. Apalagi ada juga bangunan publik yang memang sangat membutuhkan genset seperti halnya rumah sakit.

Memasang genset memang  menjadii satu-satunya cara yang bisa dilakukan untuk kondisi saat ini di Palu dan Donggala. Hal tersebut dikarenakan genset bisa menghasilkan listrik melalui kinerja mesin generator yang bergerak dengan bahan bakar berupa solar maupun bensin. Generator ini bisa mengubah energi kinetik menjadi energi listrik melalui perputaran yang sangat cepat.

Genset sendiri memiliki sejarah yang sangat panjang. Awal mulanya adalah ketika ditemukannya generator cakram oleh Michael Faraday pada tahun 1831 lalu. Generator ini masih berbentuk sangat sederhana, hanya merupakan kawat besi dengan bentuk U yang di sekitarnya dililitkan kawat. Generator ini bekerja dengan cara memutar kawat hingga menghasilkan energi induksi. Sejak saat itu, generator cakram terus dikembangkan hingga menjadi generator yang biasa dijumpai saat ini.

Generator listrik sendiri memiliki 2 komponen utama yakni bagian yang diam disebut dengan stator dan bagian yang bergerak disebut dengan rotor. Bagian rotor ini akan terhbung dengan poros generator yang bergerak dikarenakan dorongan dari luar. Sedangkan kalau berdasarkan jenis arus listriknya, generator listrik dibedakan menjadi generator AC dan DC.

Di luar dari mesin generatornya sendiri, saat ini sudah banyak sekali jenis genset yang beredar di pasaran. Genset-genset ini dibuat sesuai dengan kebutuhan. Ada yang  lebih cocok diletakkan di area pabrik maupun proyek, ada lagi yang lebih sesuai dipakai untuk skala rumah tangga. Ada pula genset yang heavy duty alias bisa bekerja dengan beban yang berat, biasanya dipakai untuk menghasilkan listrik dengan skala besar.

Kalau Anda ingin mencari harga genset murah, saat ini sudah banyak sekali jenis yang bisa dibeli dengan harga Rp 1 jutaan saja. Biasanya genset seharga ini memiliki kapasitas 600 watt dan cocok untuk penggunaan skala rumahan. Beberapa merek yang bisa dijadikan pilihan antara lain adalahh genset Perkins, genset Yanmar, dan juga genset Foton.

promo terbaru klik di sini

 

Write a Reply or Comment