Panitia Gunakan Genset Karena Terjadi Pemadaman Saat Tes CPNS Madiun

kegunaan genset
ilustrasi

Memang pemadaman listrik adalah salah satu hal yang kerap terjadi dan dialami banyak orang di seluruh dunia. Namun khususnya di Indonesia, hal ini sangatlah sering terjadi dikarenakan banyak faktor, baik yang secara teknis maupun yang non-teknis.

Ketika pemadaman listrik terjadi, maka ada banyak pihak yang akan dirugikan atau terkendala jadinya karenanya. Salah satu contohnya adalah ketika diadakannya tes Calon Pegawai Negeri Sipil 2018 kemarin yang digelar di Asrama Haji Kota Madiun untuk formasi Kabupaten Ngawi, para peserta baru dapat memulai tes 30 menit setelahnya alias molor dari 08.00 WIB menjadi 08.30 WIB.

Molornya ujian CPNS tersebut dikarenakan adanya pemadaman listrik yang terjadi di sejumlah wilayah Madiun baik yang masuk daerah kabupaten ataupun kota. Dikarenakan hal itu, maka ujian yang menggunakan metode computer assisted test (CAT) sebagai salah satu sesi yang harus dilakukan, yaitu Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) menjadi terkendala.

Dan untuk melanjutkan tes yang sudah dijadwalkan tersebut maka panitia penyelenggara harus menggunakan genset sebagai penyedia sumber energi listrik alternatif. Dengan tersedianya pasokan energi listrik dari genset, maka semua perangkat elektronik termasuk komputer yang digunakan untuk pengujian dapat digunakan.

Genset yang dipakai tersebut memang sudah dipersiapkan sejak awal karena pihak panitia tidak ingin terlalu lama terkatung-katung ketika nantinya terjadi pemadaman listrik. Dan seperti yang diperkirakan sebelumnya, pemadaman mendadak terjadi sejak pagi hari atau pada pukul 05.00 WIB. Pemadaman tersebut juga sudah diketahui setelah pihak PLN wilayah Jawa Timur menginformasikannya.

Sedangkan ketika disinggung mengenai keterlambatan sampai 30 menit tersebut, pihak panitia menjelaskan bahwa hal itu terjadi bukan lantaran genset tidak tersedia secara langsung, melainkan karena ketersediaan bahan bakar solar untuk genset tersebut masih dalam proses persiapan serta pihak panitia masih mengatur hal-hal khusus agar jaringan internet dapat digunakan di setiap perangkat.

Sekretaris Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan, Kabupaten Ngawi, Sumarsono menjelaskan bahwa sampai dengan listrik dari PLN kembali normal, maka pihak BKN selaku panitia penyelenggara tes CPNS tersebut akan terus menggunakan genset sebagai sumber energi listrik alternatif utamanya, baik untuk sesi kedua ataupun ketiga.

Selain sebagai penggerak perangkat elektronik seperti komputer dan sejenisnya, energi listrik dari genset tersebut juga digunakan untuk menghidupkan Air Conditioner (AC) yang digunakan di ruangan ujian. Hal itu dirasa perlu dilakukan karena dengan banyaknya orang atau peserta ujian dalam satu ruangan, maka akan menimbulkan rasa gerah atau panas. Ditambah lagi, total peserta untuk ujian CPNS Kabupaten Ngawi itu berjumlah 3.782 orang. Oleh karenanya, dibutuhkan pendingin ruangan agar semuanya tetap berjalan sebagai mana mestinya.

Terkait dengan hal ini, pihak PLN wilayah Jawa Timur mengatakan bahwa pemadaman tersebut disebabkan terjadinya kerusakan pada jaringan transmisi 150 KV yang digunakan untuk Manisrejo (Madiun) dari wilayah Kediri tersambar petir dan membuat isolatornya pecah. Dengan pecahnya isolator tersebut, maka

Aliran listrik dari gardu induk 70 KV tidak dapat beroperasi secara optimal.

Dijelaskan pula bahwa yang terkena dampak dari kerusakan tersebut bukan hanya Madiun sampai Ngawi saja, melainkan banyak daerah lain seperti Caruban, Magetan, Trenggalek, Pacitan sampai dengan Ponorogo.

Dengan berkaca pada kejadian tersebut, maka dapat dikatakan bahwa memang genset merupakan salah satu perangkat penting yang harus dimiliki atau disediakan dalam acara-acara penting agar ketika terjadi pemadaman listrik, agenda utama tidak terkendala nantinya. Dan bagi yang ingin mengetahui harga genset Cummins sebelum memutuskan untuk membelinya dapat langsung mengunjungi website ABC Power. Hal itu dikarenakan ada banyak jenis genset yang tersedia di ABC Power dan salah satunya adalah genset Cummins itu sendiri.

Write a Reply or Comment