Penjelasan Secara Umum Mesin CNC

mesin cnc abc power genset

Generator Set atau yang sering kita dengar dengan Genset memiliki 2 tipe. Tipe pertama adalah tipe Open yaitu genset terbuka. Genset Open disebut sebagai genset terbuka karena tipe genset ini tidak menggunakan tutup, sehingga mudah digunakan walaupun memang suara yang dihasilkan dari mesin ini cukup keras.  Kemudian tipe yang kedua adalah tipe Silent atau yang lebih dikenal dengan genset tipe tertutup. Disebut sebagai genset tertutup karena genset tipe ini menggunakan tutup atau box dari baja yang didalamnya dilengkapi dengan busa peredam. Sehingga suara yang dihaslkan oleh mesin tidak akan terlalu terdengar.

Tutup atau Box baja genset silent dirancang menggunakan mesin CNC. Lalu apa itu mesin CNC? Mesin CNC Router adalah Mesin Kerja yang dikontrol melalui Komputer yang menggunakan Bahasa Numerik (Angka dan Huruf). Pada tahun 1952 Mesin CNC diciptakan oleh John Pearseon dari Institut Teknologi Massachusetts. Pembuatan benda kerja khusus yang rumit adalah awal focus dari proyek yang diciptakan John Pearseon. Ketika Mesin CNC diperkenalkan, mesin tersebut memerlukan Volume Unit pengendali yang besar serta biaya yang cukup tinggi. Sehingga pada tahun 1973 masih sedikit perusahaan yang menggunakan Mesin CNC karena harganya yang sangat mahal.

Dalam dunia Industri menengah dan besar. Jenis mesin CNC terdapat 2 macam yaitu CNC Bubut dan Mesin CNC Milling. Cara kerja Mesin CNC sendiri adalah dengan melakukan pengaturan Program awal di Software CNC guna mengatur Gambar dan Alur Kerja Mesin yang disesuaikan dengan material bahan. Program CNC tersebut kemudian dikirim dan dieksekusi oleh prosesor pada Mesin CNC sehingga menghasilkan pengaturan motor servo pada Mesin CNC untuk menggerakan Perkakas dalam melakukan proses Kerja secara Otomatis sehingga menghasilkan produk yang sesuai Program.

Kelebihan dari Mesin CNC sendiri adalah kemudahannya dalam pengoperasian dan pemprogaman sesuai dengan kebutuhan. Mengatur proses automatisasinya cukup melalui software khusus. Pengerjaan yang detail dan rumit dapat dilakukan secara otomatis menggunakan CNC secara mudah dan dalam kuantitas yang banyak dan hasil yang sama persis secara efisien.

Perawatan mesin  harus dilakukan secara baik agar mampu bekerja secara optimal.  Perawatan mesin yang salah dapat mengakibatkan Mesin menjadi tidak akurat, serta Mesin  tidak boleh terkena sinar matahari secara langsung. Pengantian oli pelumas dan pemberian Oli juga harus diperhatikan dan dilakukan secara rutin. CNC juga tidak diperbolehkan terbentur benda keras. Setelah selesai menggunakan mesin atur mesin pada posisi netral dan mematikan sumber listriknya. Untuk Perawatannya dapat dilakukan berdasarkan buku manual, atau juga mengikuti anjuran Teknisi Mesin. Namun yang sangat penting diperhatikan adalah :

Mekanik System:

  • Oli Lubrikasi, karena Oli Lubrikasi pengaruhnya terhadap Umur dari part Mesin CNC
  • Levelling Mesin, Jika level CNC tidak benar, maka akan mengakibatkan
    part-part mekanik akan cepat rusak.

Elektrikal Sistem :

  • Mesin CNC harus dibersihkan di bagian Heatshink, sehingga panas yang dibangkitkan oleh control dapat dikeluarkan dengan baik.

CNC dalam dunia industry sangatlah bagus perkembangannya di masa depan untuk sebuah perusahaan karena proses pengerjaan otomatis sehingga semuanya tinggal diprogram. Faktor ekonomi dan jumlah Produk yang dihasilkan menjadi salah satu parameter dalam perkembangannya. Dengan perkembangan teknologi informasi sekarang ini,  CNC di masa datang memungkinkan input berasal dari gambar kerja manual yang dibaca melalui scan, kemudian pembacaan scan akan diolah oleh PC menjadi program simulasi berupa CAD dan sejenisnya. Selanjutnya dieksekusi menjadi program mesin CNC.

Berikut adalah informasi mengenai sejarah dan pengertian mesin CNC yang berperan dalam pembuatan mesin genset Open. ABC Power menyediakan banyak pilihan merek genset baik open maupun silent yang bisa Anda pilih mulai dari genset PerkinsCummins, MTU, Foton, Lovol, Doosan, Yanmar, Mitsubishi, Stamford, Leroy Somer dan masih banyak lagi dengan spare part yang ready stock dengan tenaga ahli yang handal dan tersertifikasi resmi. Bukan hanya bisa membeli, Anda juga bisa sewa genset dengan harga genset murah sesuai dengan kapasitas dan merek yang Anda butuhkan. Tanyakan secara lengkap dengan product specialist ABC Power yang akan berkonsultasi mengenai spesifikasi, instalansi, rekomendasi dan harga genset terbaik untuk Anda secara gratis dan tanpa komitmen apapun.  ABC Power memproduksi dan mendistribusikan diesel genset dengan garansi 150% money back jika produk terbukti tidak orisinil atau baru. Tunggu apalagi? Temukan genset kebutuhan Anda dengan menghubungi ke nomor telepon 021-2255-2501 atau melalui email ke sales@abcpowergenset.com sekarang juga.

 

Write a Reply or Comment