Pentingnya Filter Genset, Bersihkan Dengan Cara Ini

filter genset
ilustrasi

Anda yang menggunaakan genset selama ini mungkin tidak terlalu memperhatikan komponen yang ada di dalamnya. Wajar saja sebenarnya, sebab kebanyakan pengguna genset hanya mengisi bahan bakar dan tidak tahu menahu mengenai perawatannya. Padahal ada satu komponen dari genset yang sangat penting untuk dibersihkan yaitu filter. Filter ini sendiri berfungsi untuk menyaring udara yang masuk melalui karburator. Apabila genset ini sering digunakan, pada filter ini makin lama akan makin penuh dengan kotoran. Nah, jika kotoran ini tidak sering dibersihkan otomatis kinerja genset juga akan terganggu.

Namun untuk membersikan filter ini memang cukup rumit karena ada beberapa material yang berbeda. Yuk, simak setiap cara pembersihan genset dengan berbagai bahan berikut:

Filter bahan stainless steel

Untuk membersihkan filter dari bahan stainless steel ini tidak terlalu sulit. Cara untuk membersihkannya adalah dengan dicuci di bawah air yang mengalir. Anda bisa menggunakan sabun baik itu sabun cuci baju maupun sabun cuci piring untuk menghilangkan kotoran pada filter berbahan stainless steel. Gunakan sikt gigi bekas untuk membersihkan celah filter hingga kotoran benar-benar terhapus. Jangan lupa untuk melepas bagian atas dan bawah filter serta penutup saringan yang ada. Setiap elemen yang terpasang perlu dilepaskan dan disikat satu persatu. Jika sudah disikat sampai bersih, Anda bisa kembali mencucinya di bawah air mengalir. Setelah itu, pastikan untuk mengeringkan setiap komponen filter sebelum memasangnya kembali.

Filter bahan spoon

Untuk Anda yang memiliki genset dengan filter berbahan spoon, cara membersihkannya hampir sama dengan yang berbahan stainless steel. Cara membersihkannya adalah dengan melepas setiap komponen dan juga mencucinya di bawah air yang mengalir. Setelah itu, bersihkan filter dengan sabun maupun deterjen. Setelah itu, biasanya kotoran pada bahan spoon ini belum benar-benar bersih sehingga Anda harus merendamnya dengan bensin. Bensin ini akan membantu mengikis kotoran yang menimbulkan kerak setelah perendaman selama beberapa waktu lamanya. Setelah direndam beberapa lama, peras filter dengan baik sampai bensin menghilang. Setelah itu bilas sekali lagi menggunakan air mengalir. Kemudian, keringkan spoon dan pasang kembali pada genset.

Filter dengan bahan katun

Untuk filter dengan bahan ini, cara membersihkannya sedikit lebih rumit dibandingkan dengan yang lainnya. Untuk memberishkannya, pertama cuci di bawah air yang mengalir. Setelah itu, Anda harus menggunakan cairan khusus untuk membersihkan filter berbahan katun ini. Setelah dicuci dengan filter berbahan khusus, Anda harus menambahkan oli untuk membersihkannya. Jangan lupa untuk melepas penyangga pada bagian filter sehingga proses pembersihan bisa dilakukan dengan maksimal. Cara ini juga memastikan tidak ada kotoran dan debu yang tertinggal. Jika sudah, Anda bisa membilasnya dengan air bersih dan mengeringkannya sebelum memasangnya kembali.

Nah, ada berbagai jenis genset yang bisa Anda pilih untuk aktivitas sehari-hari. Misalnya saja genset Yanmar atau genset Lovol, keduanya bisa jadi piilihan terbaik untuk berbagai kebutuhan Anda. Saat membeli genset, pastikan juga Anda mencermati daya yang dimilikinya. Sebab setiap genset memiliki daya yang berbeda dan harus disesuaikan dengan kebutuhan. Jika daya yang Anda butuhkan besar, maka Anda juga harus mencari genset dengan daya yang besar pula. Sebaiknya memilih genset dengan daya di atas kebutuhan sehingga kinerjanya juga tidak terlalu berat dan membuat mesin cepat panas.

Tags:

Write a Reply or Comment