Pentingnya Genset Untuk Penerangan Di Palu Pasca Gempa

Pentingnya Genset Untuk Penerangan Di Palu Pasca Gempa

 

Bencana alam gempa bumi dan juga tsunami yang melanda Kabupaten Donggala, Provinsi Palu, Sulawesi Tengah pada tanggal 28 September 2018 lalu memang cukup mengejutkan. Gempa dengan kekuatan 7,7 Skala Richter tersebut juga memicu terjadinya tsunami dan juga likuifaksi pada tanah yang membuat jumlah korban makin bertambah. Hingga saat ini, diperkirakan 2000 orang lebih tewas dalam bencana yang terjadi pada pukul 18.04 WITA tersebut.

Apa yang terjadi di Palu sontak menarik perhatian seluruh penduduk Indonesia, bahkan dunia. Tak sedikit pula masyarakat yang tergerak untuk menyalurkan bantuan berupa makanan dan obat-obatan yang memang sangat dibutuhkan oleh pengungsi. Namun yang tak kalah pentingnya, para pengungsi di Palu juga membutuhkan penerangan yang cukup untuk bisa beraktivitas di malam hari. Maklum saja, listrik memang ikut terputus pada saat terjadinya gempa dan belum bisa dipulihkan kembali hingga hari ini.

Salah satu lembaga yang ikut menyalurkan bantuan ke Palu adalah Dompet Dhuafa. Dompet Dhuafa sendiri merupakan salah satu lembaga non komersil di Indonesia yang berfokus pada kesejahteraan kaum dhuafa. Selama ini, Dompet Dhuafa sangat aktif dalam membantu korban bencana di berbagai daerah di Indonesia. Bahkan untuk gempa Palu ini, bisa dibilang Dompet Dhuafa yang selalu mengawal setiap proses pemberian bantuan supaya semua korban bisa mendapatkannya.

Dalam gempa Palu kemarin, Donpet Dhuafa sudah menyalurkan 165 genset yang ditujukan untuk memberikan penerangan di daerah penampuan masyarakat yang menjadi korban dari gempa Palu. Jumlah 165 genset tersebut disebutkan memang belum bisa mencukupi kebutuhan seluruh masyarakat, namun sementara ini diusahakan dikirimkan ke titik-titik yang paling membutuhkan terlebih dahulu.

Genset tersebut memang sangat dibutuhkan karena di malam hari suasana benar-benar sangat gelap, padahal proses evakuasi juga terkadang masih dilanjutkan ketika hari sudah petang. Selain itu, banyaknya korban luka yang membutuhkan perawatan sepanjang hari juga membuat kebutuhan akan penerangan menjadi sangat penting. Belum lagi relawan yang membantu untuk memasak makanan dalam jumlah besar juga sangat membutuhkan penerangan di malam hari. Itulah mengapa kebutuhan genset merupakan salah satu hal yang sangat penting, meski sering tidak terpikirkan oleh kebanyakan masyarakat yang memberikan bantuan.

Dari sekian banyaknya merk genset yang ada di pasaran, genset Cummins merupakan pilihan terbaik untuk diletakkan di lokasi bencana. Hal ini dikarenakan genset Cummins merupakan genset dengan kualitas yang sangat terjamin dan cocok menangani pekerjaan heavy duty. Genset Cummins sendiri merpakan produk dari Amerika Serikat yang difabrikasi di India serta China dengan sistem kontrol kualitas super ketat. Meski buatan luar negeri, namun sparepart genset Cummins sudah bisa ditemukan dengan mudah di Indonesia. Selain genset Cummins, beberapa genset lain seperti genset Yanmar juga bisa dijadikan pilihan.

Selain bantuan berupa genset untuk penerangan, Dompet Dhuafa dan juga tim relawan lainnya memberikan layanan kesehatan kepada korban benca dengan mendirikan lebih dari 30 klinik di daerah penampungan. Selain itu, ada pula titik-titik bantuan psikis yang bertujuan untuk memberikan terapi healing dan mengobati trauma para korban bencana. Terlebih lagi untuk anak-anak yang terpisah dengan orang tuanya, para relawan sebisa mungkin memberikan dampingan sehingga anak-anak tersebut tidak merasa ketakutan dan juga bisa segera sembuh dari trauma yang berkepanjangan akibat terpisah dari orang tuanya.

 

 

Write a Reply or Comment